Friday, July 29, 2016

SUCIKAN HATIKU

Sucikan hatiku, bebaskan jiwaku dari kekeliruan
Jadikan air mata dan keinsyafan sebagai nasibku sehari-hari
Bimbing aku di jalanmu, supaya nafsuku terkendali
Fana akan membuatku senantiasa dekat pada-Mu!
Perselisihan antara aku dan dunia ini
Membuatku enggan pada dunia
Dari tujuan lain ku palingkan hatiku
Agar terhapus diriku oleh cinta pada-Mu
O Tuhan, bisakah Kau bebaskan daku
Dari genggam kesesatan agar ku saksikan kebesaran-Mu?
Orang ingkar telah Kau jadikan Muslim sejati
Mengapa tak Kau jadikan aku Muslim yang bijak?
Nafsuku atas dunia ini telah menjerumuskan aku
Beri aku mahkota kefakiran dan kemuliaan
Supaya aku menjadi zarrah dalam rahasia-Mu 
Palingkan wajahku dari jalan yang tiada menuju-Mu

(Syair Ibn ‘Arabi)

Alangkah buruknya 
Orang yang menyembah Allah
Lantaran mengharap surga
Dan ingin diselamatkan dari api neraka
Seandainya surga dan neraka tak ada
Apakah engkau tidak akan menyembah-Nya?
Aku menyembah Allah
Lantaran mengharap ridha-Nya
Nikmat dan anugerah yang diberikan-Nya
Sudah cukup menggerakkan hatiku
Untuk menyembah-Mu

(Rabiatul Adawiyah)

No comments:

Post a Comment