Thursday, August 18, 2016

MUSYAHADAH

Tercapainya musyahadah ini adalah dgn adanya mujahadah dlm beramal. Terjadinya keadaan yg demikian ini apabila seseorg sudah berada dlm maqam fana, yakni penglihatannya hanya ditujukan kpd Allah semata-mata. Karena pada hakikatnya wujud hakiki yg kekal hanyalah Allah, sedang wujud lain tiada lagi. 

KETENTUAN ALLAH DAN KEHIDUPAN MANUSIA

Dalam Kalam Hikmah kedua Imam Ibnu Athaillah Askandary menyatakan: “Kehendak anda kepada tajrid di samping Allah swt mendirikan (meletakkan) anda di dalam asbaab (causes) adalah merupakan syahwat yang tidak nampak dilihat. Kehendak anda kepada asbab disamping Allah mendirikan anda didalam tajrid bererti turun dari himmah (determination) Yang Maha Tinggi”. 

SULUK DALAM TASAWWUF

SULUK berarti memperbaiki akhlak, mensucikan amal, dan menjernihkan pengetahuan. Suluk merupakan aktiviti rutin dalam memakmurkan lahir dan batin. Segenap kesibukan hamba hanya ditujukan kpd Rabb. Bahkan ia selalu disibukkan dgn usaha2 menjernihkan hati sbg persiapan utk sampai kepada-Nya (wusul). 

MENGENAL ALLAH SWT

AWALUDIN MA’RIFATULLAH (Artinya : Awal agama mengenal Allah).

LAYASUL SHALAT ILLA BIN MA’RIFAT (Artinya: Tidak sah shalat tanpa mengenal Allah).

MAN ARAFA NAFSAHU FAKAT ARAFA RABBAHU (Artinya: Brgsiapa mengenal dirinya dia mengenal Tuhannya).

ALASTU BIRAB BIKUM QOLU BALA SYAHIDNA (Artinya: Bukankah aku ini Tuhanmu? Betul engkau Tuhan kami, kami menjadi saksi (QS.AL-ARAF 7:172).

AL INSANNU SIRRI WA ANNA SIRRUHU (Artinya: Manusia itu RahasiaKu dan akulah Rahasianya).

WAFI AMFUSIKUM AFALA TUBSIRUUN (Artinya: Di dalam dirimu mengapa kamu tidak melihat).

ANAHNU AKRABI MIN HABIL WARIZ (Artinya: Aku lebih dekat dari urat nadi lehermu).

LAA TAK BUDU RABBANA LAM YARAH (Artinya: Aku tidak akan menyembah Allah apabila aku tidak melihatnya terlebih dahulu).

BERLARILAH KEMBALI PADA ALLAH

Terkadang kita bertemu dgn org2 yg terus-menerus melakukan dosa. Mereka bagaikan tidak dapat berhenti dari dosa itu. Mereka seperti itu karena hati mereka telah menjadi keras. Mereka telah menyesatkan diri sendiri dan tidak menyadarinya. Karena Allah berfirman dalam Surah Al-Hasyr ayat 19: “Dan janganlah kamu seperti org2 yg lupa kpd Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah org2 yg fasik”. Allah telah menjadikan mereka lupa terhadap diri sendiri. 

ERTI SULUK DAN TASAWUF

SULUK berarti memperbaiki akhlak, mensucikan amal, dan menjernihkan pengetahuan. Suluk merupakan aktivitas rutin memakmurkan lahir dan batin. Segenap kesibukan hamba hanya ditujukan kepada Sang Rabb, bahkan ia selalu disibukkan dengan usaha2 menjernihkan hati sebagai persiapan untuk sampai kepada-Nya (wusul). 

DOKTRIN HAKIKAT MUHAMMAD

Menurut Sufisma Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi, ada satu doktrin yg bergelar  Doktrin Hakikat Muhammad. Banyak org2 Sufi mempercayai doktrin ini. Mrk mendasarkan doktrin ini atas satu Hadis yg bermaksud: “Aku adalah Nabi tatkala Adam masih lagi antara tanah liat dan air”. Hakikat Muhammad, sekiranya dikira sebagai sumber semua ilmu batin, digelar oleh org2 Sufi sebagai “Misykat khatamul-rasul" (obor penutup segala Rasul). Ianya berada dlm batin yg paling dlm (sirr) di hati setiap Sufi. Mereka juga mendasarkan pendapat mrk itu pada ayat Al-Qur'an yg bermaksud: ”Ku tiupkan kepadanya (Adam) roh-Ku.” (Syaad:72)

MATA HATI

MATA HATI ialah mata bagi hati atau boleh juga dikatakan kebolehan mengenal yang dimiliki oleh hati yang dipanggil batin dalam keadaan ghaib atau dipanggil kalbu atau hati. Hati yg dimaksudkan bukanlah seketul daging yang berada di dalam tubuh. Ia merupakan HATI ROHANI atau HATI SENI. Ia termasuk di dalam perkara2 ghaib yang diistilahkan sebagai LATIFAH RABBANIAH atau hal yang menjadi Rahsia Ketuhanan. 

KONSEP ZIKIR OLEH SYEIKH ABUL HASAN ASY-SYADZILY

Zikir itu ada 4 jenis:

1) Zikir, di mana kamu mengingat zikir;
2) Zikir kamu diingatkan melalui zikir;
3) Zikir yang mengingatkan dirimu; dan
4) Zikir yang kamu sendiri yang diingat oleh Allah swt (Zikir bersama Allah swt).

Yang pertama adalah zikirnya kalangan awam, yaitu zikir untuk mengingatkan kealpaan atau mengingatkan dari kekawatiran akan kealpaan.

TAUHID DAN MAKRIFATULLAH DAN MAKRIFAT SEBAGAI MAKAM TERTINGGI

Menurut Syeikh Ibnu Athaillah As-Sakandari, siapapun yang merenung secara mendalam akan menyedari bahwa semua makhluk sebenarnya mentauhidkan Allah swt lewat tarikan nafas yang halus. Jika tidak, pasti mereka akan mendapat siksa. Pada setiap zarah, mulai dari ukuran sub-atomis (kuantum) sampai atomis, yang terdapat di alam semesta terdapat rahasia nama-nama Allah swt. Dengan rahasia tersebut, semuanya memahami dan mengakui keesaan Allah swt. Allah SWT telah berfirman: "Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri atau pun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari." (QS. 13:15)