Sunday, January 3, 2016

JANGAN TERGODA GEMERLAP DUNIA

Syekh Abdul-Qadir Al-Jailani qaddasAllahu sirrahu mengatakan: “Waspadalah jika engkau melihat dunia berada di tangan pemiliknya dengan segala perhiasan, kebatilan, tipu daya dan tempat pencariannya kotor. Jika engkau melihat racunnya yang sangat mematikan, disertai dengan lembutnya sentuhan lahirnya, tersembunyi batinnya, cepatnya dalam merusak sesuatu, cepatnya dalam membunuh orang yang mencuba untuk menyentuhnya, lalu engkau juga melihat orang tersebut tertipu dan terlalaikan dengan dunia tersebut dari Sang Maha Pemiliknya dan merosak janjinya, maka jadilah engkau itu seperti orang yang melihat aurat orang lain yang sedang membuang hajatnya di padang dan mencium baunya yang busuk.

Tentunya, engkau akan menundukkan pandanganmu dari auratnya dan menutup hidungmu agar tidak mencium baunya yang busuk. Seperti itulah seharusnya engkau bersikap ketika melihat dunia ini. Apabila engkau melihat dunia, tundukkan pandanganmu dari segala bentuk perhiasannya dan tutuplah hidungmu dari bau segala bentuk kesenangan dan kenikmatannya, agar kamu selamat darinya dan dari segala bentuk kejahatannya. Kamu akan didatangi bahagian dari dunia dengan sendirinya, sedangkan kamu tetap merasa tenang dan nyaman.”

Allah SWT berfirman kepada Nabi Muhammad SAW, "Dan janganlah tujukan kedua matamu kepada apa yang telah kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk kami cubai mereka dengannya. Dan kurnia Tuhan kamu itu lebih baik dan lebih kekal.” (Thaha: 131)

(Syeikh Abdul Qadir AlJilani - Futuhul Ghaib).

No comments:

Post a Comment