Sunday, June 26, 2016

KISAH SYEIKH SUWAID AS-SINJARI

Syeikh Suwaid As-Sinjari; Wali Yang Bisa Membutakan dan Menyembuhkan Kebutaan. Al-Arif Al-Kabir Asy-Syeikh Suwaid As-Sinjari adalah seorang pemuka Wali di negeri Sinjar yang kini menjadi sebuah kota di provinsi Ninawa, Iraq. Beliau hidup sezaman dengan Sultan Aulya Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani dan termasuk Wali yang mendengar langsung ketika Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani menyatakan bahwa kakinya berada di atas pundak para Wali. Saat itu beliau berada di Sinjar, sedangkan Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani di Baghdad.

Diantara karamah Syeikh Suwaid adalah bisa membutakan dan menyembuhkan kebutaan seseorang atas izin Allah. Salah seorang sahabatnya, Syeikh Sholeh bin Asyur As-Sinjari menceritakan bahwa suatu hari ketika dirinya berjalan bersama Syeikh Suwaid, beliau melihat seorang pemuda yang tengah asik memandang wanita yang bukan mahramnya.

Syeikh Suwaid lalu menegur pemuda tersebut, namun ia mengabaikannya. Maka seketika itu juga mata pemuda tadi menjadi buta. Seminggu kemudian pemuda tersebut mendatangi Syeikh Suwaid dan berjanji akan bertaubat. Maka beliau berdo'a hingga mata pemuda itu kembali normal. Hal yang terus menjadi karamah beliau adalah bila si pemuda tersebut berniat melihat wanita yang bukan mahramnya, maka seketika matanya menjadi buta, dan bila ia mengurungkan niatnya, maka matanya kembali terbuka seperti sedia kala. (Sumber: Kitab Jami Karamatul Aulya hal. 381 karya Syeikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani).

No comments:

Post a Comment