Sunday, February 14, 2016

SIFAT ORANG YANG ZUHUD

Orang zuhud itu punya 3 sifat, yaitu:

1). Sedikit sekali menggemari dunia, sederhana dalam menggunakan segala miliknya, menerima apa yang ada, serta tidak merisaukan sesuatu yang sudah tidak ada, tetapi giat bekerja dikeranakan mencari rezeki adalah suatu kewajiban.

2). Pada pandangannya pujian dan celaan orang sama saja. ia tidak bergembira ketika mendapat pujian dan tidak susah hati ketika mendapat celaan.

3). Mendahulukan ridlo Allah daripada ridlo manusia, merasa tenang jiwanya hanyalah bersama Allah Azza wa Jalla.

Wahai hamba Allah, jika kamu memandang sesuatu dengan mata hatimu sampai batas keburukan dunia, tentu kamu mampu mengeluarkan dunia dan hatimu. Tetapi jika kamu memandang dunia dengan mata kepalamu tentu kamu terpedaya dan tertipu oleh warnawarni yang menghias keburukannya sehingga kamu pandang indah dan menyenangkan, dan sudah pasti kamu tidak akan pernah mampu mengusir rasa cinta dunia dan hati dan berzuhud didunia, padahal dunia itu membunuhmu seperti panah pembunuh. 

Apabila kamu merasa tentram, niscaya kamu akan mampu melihat keburukan dunia dan bahkan kamu mampu menerapkan hidup zuhud didunia. Ketenteramannya adalah kamu mampu menerima bisikan hati, berkait dengan batin dalam menahan dunia, bersifat qonaah dan menolak dunia.

No comments:

Post a Comment