Wednesday, January 8, 2014

SOLAT BERJAMAAH - MEMBANTU SOLAT DI AWAL WAKTU

SHALAT merupakan tiang agama. Ketika tiang itu tak sempurna atau tak ada satu saja, maka yang terjadi adalah bangunan tersebut akan roboh. Sama halnya dengan agama. Ketika shalatnya tak sempurna, maka agamanya pun mungkin masih dipertanyakan.

Shalat akan lebih sempurna dan mendapatkan pahala yang lebih apabila kita lakukan secara berjamaah. Shalat berjamaah adalah di antara sebab yang menjadikan seseorang melakukan shalat pada awal waktunya atau minimal tepat pada waktunya. Dan ini adalah termasuk amalan yang paling utama di sisi Allah.

Abu Dawud dan at-Tirmidzi meriwayatkan dari Ummi Farwah, ia berkata, Rasulullah Saw pernah ditanya, “Amalan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Shalat pada awal waktunya.” Dan dalam riwayat milik muslim disebutkan, “Amal yang paling utama yaitu shalat pada waktunya dan berbakti pada ibu bapak.”

Begitu juga dengan shalat berjamaah dapat melindungi orang muslim dari meremehkan shalat atau lupa melaksanakannya, atau menundanya hingga habis waktu. bahkan banyak orang-orang yang meninggalkan shalat, mulanya adalah bahwa mereka meninggalkan shalat jamaah. Dan karena rahmat Allah Swt kepada kita, Dia mensyariatkan pada kita melaksanakan shalat lima waktu secara berjamaah.

Lebih dari itu, Allah telah mengancam orang-orang yang lalai dari shalat dan menunda-nunda hingga habis waktunya, dengan Firman-Nya, “Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dalam shalatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan (menolong) dengan barang berguna.” (QS. Al-Ma’un : 4-7). 

No comments:

Post a Comment