Thursday, February 4, 2016

EMPAT ANASIR

1. API 2. UDARA 3. AIR 4. TANAH

Empat Anasir didalam Syahadat Tauhid.

API itu LAA..
ANGIN itu ILAHA..
AIR itu ILLA..
TANAH itu Allah..

Empat Sifat Anasir.

1) API itu lurus Berdiri: Api selalu mengambil posisi berdiri condong kearah atas, tidak ada api menyala kearah bawah atau kesamping. Jika nyala api diarahkan kesamping atau kebawah ujung api tersebut akan berusaha pada posisi berdiri keatas. Nafsunya Ammarah.

2) ANGIN itu Condong: Angin bergerak tidak tentu arahnya, terkadang ke arah utara, selatan, timur, barat, keatas dll. Bergeraknya angin biasanya tergantung oleh musim atau tekanan angin. Nafsunya Sufiyah.

3) AIR itu meleleh ke Bawah: Air selalu mencari posisi tempat yang paling rendah. Dan Air selalu mengambil bentuk dari wadah yang ditempatinya. Nafsunya Aluwamah.

4). TANAH itu Diam: Sifat-sifat dari tanah antara lain adalah selalu memberi manfaat. Lihatlah Tanah sering di injak-injak, dicangkuli, diambil isi perutnya (diambil hasil tambangnya) digunduli rambutnya (ditebangi pohon-pohonnya), dirubah bentuknya (diratakan gunung-gunungnya) dan lain sbgnya, namun tanah tetap memberi manfaat. Nafsunya Mutmainnah.

Empat Anasir didalam Gerakan Solat membentuk kata AHMAD:

Alif: Berdiri didalam solat melambangkan unsur Api yaitu Alif.
Ha: Ruku Condong didalam solat melambangkan unsur Udara yaitu Lam Awal.
Mim: Sujud Kebawah didalam solat melambangkan unsur Air yaitu Lam Akhir.
Dal: Duduk Diam didalam solat melambangkan unsur Tanah yaitu Ha.

Empat Anasir didalam Lafad Allah. ALIF LAM LAM HA:

Alif - letaknya diatas melambangkan API.
Lam - Awal letaknya dikanan melambangkan UDARA.
Lam - Akhir letaknya dikiri melambangkan AIR.
HA - letaknya dibawah Melambangkan TANAH.
TITIK - letaknya ditengah melambangkan CAHAYA.

Empat Anasir Didalam diri ADAM:

1. Adapun API itu terbitnya daripada yang Batin berhuruf ALIF bernama DZAT menjadi RAHASIA berhurufkan DARAH pada Adam.

2. Adapun ANGIN itu terbitnya daripada yang Batin berhuruf LAM AWAL bernama SIFAT menjadi NYAWA berhurufkan NAFAS pada Adam.

3. Adapun AIR itu terbitnya daripada yang Batin berhuruf LAM AKHIR bernama ASMA menjadi HATI berhurufkan MANI pada Adam. 

4. Adapun Tanah itu terbitnya daripada yang bahtin berhuruf HA bernama AF'AL menjadi KELAKUAN berhurufkan TUBUH pada Adam.

Terhimpun semuanya didalam kalimat ALHAMDU:

Alif  - Adapun waktu Subuh itu keluar dari huruf Alif. Solatnya Nabi Adam 2 Rakaat sebab Tajalli dari Dzat dan Sifat. Cahayanya Putih, Cahaya Ruh Nabi Muhammad.

Lam - Adapun waktu Dzuhur itu keluar dari huruf Lam. Solatnya Nabi Nuh 4 Rakaat sebab Tajalli dari Tanah, Air, Api, Angin. Cahayanya Kuning, Cahaya Ruh Sayyidina Abu Bakar.

Ha - Adapun waktu Ashar itu keluar dari huruf Ha. Solatnya Nabi Ibrahim 4 Rakaat sebab Tajalli dari Wujud, Ilmu, Nur, Syuhud. Cahayanya merah, Cahaya Ruh Sayyidina Umar.

Mim - Adapun waktu Maghrib itu keluar dari huruf Mim. Solatnya Nabi Musa 3 Rakaat sebab Tajalli dari Ahadiyat, Wahdat, Wahidiat. Cahayanya Biru, Cahaya Ruh Sayyidina Utsman.

Dal - Adapun waktu isya itu keluar dari huruf Dal. Solatnya Nabi isa 4 Rakaat sebab Tajalli dari Mada, Wadi, Mani, Manikam, dan Nafas, Tanafas, Nufus, Anfas. Cahayanya Hitam, cahaya Ruh Sayyidina Ali.

Ada yang berkata empat anasir itu tidak ada didalam ajaran islam, tidak ditemui dalil hadits yang jelas, juga ayat didalam alqur'an.

Jawab: memang tidak ada didalam ajaran islam tentang empat anasir, tapi ajaran itu tidak ada hanya di ajaran islam syariat. Namun ajaran islam khususnya sufisme ada ajaran empat anasir, empat anasir yang dimaksud bukan empat nafsu, namun benar-benar empat unsur alam.

Ajaran empat anasir atau empat unsur alam ini sudah ada sejak jaman dahulu kala diseluruh penjuru dunia, empat unsur alam ini biasa disebut empat elemen, tanah, air, api udara, beserta turunannya.

Ajaran empat elemen ini yang ada didunia berasal dari babylonia, yunani, india (hindu), china, tibet, jepang, jawa, dll..

Apakah itu berarti ajaran sufi meniru ajaran agama lain? Atau ajaran sufi menambahkan ajaran agama lain lalu dimasukkan kedalam ajaran agama islam khususnya ajaran sufisme?

Tidak!! Ajaran sufi tidak meniru ajaran agama lain, tetapi ajaran sufi langsung mengambilnya dari Ilmu Allah dari kitab suci Alqur'an diayat yang tersirat.

4 UNSUR DALAM DIRI MANUSIA

Jasad manusia memiliki 4 anasir atau 4 unsur yaitu: 

1. Api
2. Udara
3. Air
4. Tanah

1. UNSUR API. QS. Al Baqarah (2):24. “Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang "BAHAN BAKARNYA" manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir(tertutup hatinya)”.

2. UNSUR UDARA/ANGIN. QS.Shaad (38):71-72 “(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah.". Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan "KUTIUPKAN" kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya”.

3. UNSUR AIR. QS.Al Furqaan (25):54. “Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari "AIR" lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa”.

4. UNSUR TANAH. QS.Shaad (38):71-72 “(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari TANAH.". Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya."

Dan juga ajaran empat anasir ini juga sejalan dengan ilmu pengetahuan alam (Science). Jika engkau pernah belajar kimia unsur ketika sekolah dulu engkau akan menemukan kebenaran dari empat anasir ini, dan saya yakin hampir semua orang pernah mempelajari kimia unsur, walaupun dalam taraf yang berbeza pemahamannya. Saya tidak akan membahas berbagai rumus yang rumit berkenaan dengan kimia Tetapi saya hanya membahas beberapa hal yang saya temukan dalam perenungan saya. Bahwa manusia, atau lebih tepatnya jasad manusia itu memang terdiri dari 4 unsur utama.

Unsur utama penyusun jasad manusia ada 4 yaitu:

1. Air
2. Api
3. Udara
4. Tanah

Secara kimiawi unsur itu adalah (H)idrogen (Air), (O)ksigen (Api), (N)itrogen (Udara) dan (C)arbon (Tanah). Hidrogen adalah unsur terbesar dari air, Oksigen adalah zat yang memungkinkan terjadi pembakaran. Nitrogen adalah unsur terbanyak dalam atmosfer, Sedangkan Carbon adalah zat tanah, Barang yang terbakar dan meninggalkan sisa berupa arang/abu mengandung unsur carbon.

Perpaduan 4 unsur ini (C,H,O,N) merupakan unsur utama penyusun protein, dimana empat unsur ini adalah cikal bakal seluruh sel makhluk hidup. DNA (Deoxiribo Nukleat Acid) yang tersusun atas berbagai senyawa protein dalam berbagai variasinya. DNA ini kemudian diduplikasi melalui RNA duta dan akhirnya berkembang sedemikian rupa hingga menjadi kita (dan semua makhluk hidup) saat ini, jika tiada empat unsur atau empat anasir itu sudah pasti makhluk hidup itu akan mati. Wallahu a’lam.

No comments:

Post a Comment