Wednesday, February 24, 2016

HAKIKAT AWLIYAULLAH

Kalian melihat Awliyaullah sebagai orang biasa, tetapi pada hakikatnya mereka bukan orang biasa. Mereka adalah orang yang sangat halus, transparan, mereka menyingkirkan bentuk mereka, ego mereka. Ketika kita menyingkirkan ego kita, barulah kita dapat melihat segala sesuatu dan mendengar segala sesuatu, kita dapat berbicara kepada setiap orang, kita dapat menjangkau setiap orang, sebagaimana Nabi s.a.w menyebutkannya dalam sebuah Hadits Qudsi,

عن  أبي هريرة  قال قال رسول الله  صلى الله عليه وسلم  إن الله قال  من عادى لي وليا فقد  آذنته  بالحرب وما تقرب إلي عبدي بشيء أحب إلي مما افترضت عليه وما يزال عبدي يتقرب إلي بالنوافل حتى أحبه فإذا أحببته كنت سمعه الذي يسمع به وبصره الذي يبصر به ويده التي يبطش بها ورجله التي يمشي بها وإن سألني لأعطينه ولئن استعاذني لأعيذنه وما ترددت عن شيء أنا فاعله ترددي عن نفس المؤمن يكره الموت وأنا أكره مساءته 
ولا يزال عبدي يتقرب إلي بالنوافل حتى أحبه، فإذا أحببته كنت سمعه الذي يسمع به وبصره
الذي يبصر به، ويده التي يبطش بها ورجله التي يمشي بها،

Hamba-Ku tidak akan berhenti mendekati-Ku dengan perbuatan-perbuatan sunnah hingga Aku mencintainya. Ketika Aku telah mencintainya, maka Aku yang akan menjadi telinganya yang digunakannya untuk mendengar, Aku akan menjadi matanya yang digunakannya untuk melihat, Aku akan menjadi tangannya yang digunakannya untuk berbuat, Aku akan menjadi kakinya yang digunakannya untuk berjalan. (dan dalam versi lainnya termasuk, “dan lidahnya yang digunakannya untuk bicara.”). (Hadits Qudsi, Bukhari). - Mawlana Shaykh Hisham Kabbani

No comments:

Post a Comment