Saturday, June 18, 2016

IBADAH HAMBA TIDAK AKAN PERNAH BISA MENGANTARKANMU PADA KEMA’RIFATAN HAQ

Secara lahiriyah Seorang hamba wajib memulai terlebih dahulu untuk wushul kepada tuhannya. Mereka harus mendaki ke atas, dengan ibadah lahir untuk mengembarakan ruhaniyah. Namun demikian ibadah lahir itu hanya sebagai perwujudan pengabdian yang hakiki kepada-Nya. Dengan melaksanakan mujahadah dan riyadhoh di jalan Allah. Mereka mensucikan diri baik lahir maupun batin dari segala kotoran basyariyah (sifat” kemanusiaan) yang menjadikannya terhalang wushul kepada Allah Rabbul Alamiin. Dengan mujahadah tersebut, seperti orang melaksanakan khulwah menyendirikan diri dari khalayak ramai tanpa meninggalkan keramaian itu, mereka berusaha mengembalikan seluruh kehendak perkara yang bersifat hudust (baru) secara manusiawi untuk dipertemukan kepada kehendak Allah yang azaliyah.

Ini adalah kelemahan kita. Ungkapan ini adalah ungkapan kelalaian yang sangatlah halus dan keluar dari REL dalam wilayah UBUDIYAH dan itu yang di wajibkan oleh allah swt .

ﻟِﻤَﻦْ ﺷَﺎﺀَ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﺃَﻥْ ﻳَﺴْﺘَﻘِﻴﻢَ

“(Allah menghendaki) bagi siapa di antara kamu, yang mau menempuh jalan yang lurus.”

ﻭَﻣَﺎ ﺗَﺸَﺎﺀُﻭﻥَ ﺇِﻻ ﺃَﻥْ ﻳَﺸَﺎﺀَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺭَﺏُّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴﻦَ

“Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu), kecuali apabila dikehendaki Allah, Rabb semesta alam.”Jika usaha seorang hamba dibiarkan saja tanpa ada fasilitas HAIYUN (hidup) bisa manusia, dan penerimaan diri dari kesadaran diri akan keutamaan dan RahmatNya sebagai karunia Allah semata niscaya itu fana’ muthlaq itu takkan bisa di capainya.

ﻧُﻮﺭٌ ﻋَﻠَﻰ ﻧُﻮﺭٍ ﻳَﻬْﺪِﻱ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟِﻨُﻮﺭِﻩِ ﻣَﻦْ ﻳَﺸَﺎﺀُ ﻭَﻳَﻀْﺮِﺏُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻷﻣْﺜَﺎﻝَ ﻟِﻠﻨَّﺎﺱِ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﺑِﻜُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻋَﻠِﻴﻢٌ

Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya, siapa yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS.24:35)

Jika ada manusia / mahluk yang bisa Washil kepada allah dengan usahanya sendiri Maka tertolaklah pengakuannya itu dan lalai jika usahanya itu telah menyerupai usahanya allah yang maha berkehendak dan menggerakkan . dan dia itu tidak sadar dengan kesyirikan murni … jika diri ini bisa menyembah atau beribadah kepadaNya apakah kita tidak sadar jika yang kita akui atu menyerupai keADAanNya .

ﻭﺻﻮﻟﻚ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺻﻮﻟﻚ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﻪ ﻭﺇﻻّ ﻓﺠﻞّ ﺭﺑﻨﺎ ﺃﻥ ﻳﺘﺼﻞ ﺑﻪ ﺷﻴﺊ ﺃﻭ ﺍﻥ ﻳﺘﺼﻞ ﻫﻮ ﺑﺸﺊ

“Tersambungnya dirimu kepada Allah, berarti sampainya dirimu kepada kemampuan untuk mengerti Allah secara Hakiki. Jika bukan seperti itu, maka. Maha Agung Allah terhadap sesuatu yang tersambung dengan-Nya dan menyambungkan Dzat-Nya kepada sebuah pekara.” Dengan itu mereka harus membersihkan segala pengakuan nafsu dan keresahan-keresahan hatinya, maka selamanya mereka tidak akan dapat wushul kepada tuhannya. Apabila di dalam perjalanan itu Allah berkehendak membuka pintu hati hamba-Nya, maka kehendak-Nya yang azali itu akan diturunkan ke bawah sehingga dua kehendak yang berbeda itu bertemu di tengah jalan. Kehendak yang satu mendaki dan yang satunya menurun.

ﻟَﻮْﺍَﻧَّﻚَ ﻟَﺎﺗَﺼِﻞُ ﺍِﻟَﻴْﻪِ ﺍِﻟَّﺎ ﺑَﻌْﺪَ ﻓَﻨَﺎﺀِ ﻣَﺴَﺎﻭِﻳْﻚَ ﻭَﻣَﺤْﻮِ ﺩَﻋَﺎﻭِﻳْﻚَ ﻟَﻢْ ﺗَﺼِﻞُ ﺍِﻟَﻴْﻪِ ﺍَﺑَﺪًﺍ ﻭَﻟَﻜِﻦْ ﺍِﺫَﺍ ﺍَﺭَﺍﺩَ ﺍَﻥْ ﻳُﻮَﺻِّﻠَﻚَ ﺍِﻟَﻴْﻪِ ﻏَﻄَّﻰ ﻭَﺻْﻔَﻚَ ﺑِﻮَﺻْﻔِﻪِ ﻭَﻧَﻌْﺘَﻚَ ﺑِﻨَﻌْﺘِﻪِ ﻓَﻮَﺻَّﻠَﻚَ ﺍِﻟَﻴْﻪِ ﺑِﻤَﺎ ﻣِﻨْﻪُ ﺍِﻟَﻴْﻚَ ﻟَﺎﺑِﻤَﺎ ﻣِﻨْﻚَ ﺍِﻟَﻴْﻪِ .

Jika sekiranya engkau tidak dapat wushul kepada Allah kecuali setelah fana’nya diri semua keinginan syahwat dan bersihnya sifat pengakuanmu, maka engkau tidak akan dapat wushul selama-lamanya. Akan tetapi jika Allah berkehendak mewushulkanmu kepada-Nya, maka Allah menutup sifatmu dengan sifat-Nya dan kebiasaanmu dengan kebiasaan-Nya.

Allah mewushulkanmu kepada-Nya dengan sesuatu dari-Nya kepadamu bukan dengan sesuatu darimu kepada-Nya. Dengan demikian, yang menjadikan sebab wushulnya hamba itu bukan kehendak dan Buah dari amal ibadah seorang hamba / usaha kerasnya seorang hamba, tetapi karena kehendak dan amal ibadah itu sejatinya hanya terbit dari kehendak Allah yang azali.

ﺳﺒﺢ ﻳﺴﺒﺢ ﻋﻠﻲ ﻧﻔﺴﻪ

dan maha suci allah swt yang akan mensucikan pada diriNya sendiri, suci dan mensucikan pada diriNya. kesucianNya bukan karena di puja / pun dari ketaatan mahluk. Tanda-tandanya, ketika seorang hamba telah masuk pada ketiadaan dirinya dan alam semesta ini yang ada hanyalah hanyalah yang maha ADA kehendaknya yang yang baru (hudust) kepada kehendak Allah yang qodim dalam kesatuan amal yang dilakukan itu tidak ada mungkin, berarti jelas jika amal yg dilakukan oleh seorang hamba yang akalnya di bumi dengan menggunakan konsep bumi sedangkan hatinya di langit dengan menggunakan konsep langit. Itulah tanda-tanda manusia yang sempurna.

No comments:

Post a Comment