Monday, January 13, 2014

HAL-HAL MAKRUH KETIKA WUDUK

SEDIKIT orang yang tahu mengenai hal-hal dalam berwudhu, termasuk hal-hal yang dimakruhkan ketika berwudhu. Berikut ini ada beberapa hal yang dimakruhkan ketika berwudhu, yaitu:

1). Berwudhu di tempat-tempat yang mengandung unsur najis. Karena dikhawatirkan najis yang terdapat ditempat tersebut mengenai orang yang sedang berwudhu tersebut.

2). Membasuh dan mengusap anggota tubuh lebih dari tiga kali. Karena Rasulullah membasuh dan mengusap tubuh sebanyak tiga kali. Kemudian beliau bersabda, “Inilah wudhuku dan wudhu para Rasul sebelumku.” (HR. Ibnu Majah)

3). Boros di dalam menggunakan air. Karena rasulullah cukup wudhu dengan menggunakan satu mud air (HR. Tirmidzi). Juga karena Rasulullah pernah melintas di hadapan Sa’ad yang sedang berwudhu. Lalu beliau berkata kepadanya, “Janganlah engkau boros dalam menggunakan air ketika wudhu! Saad bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah dalam menggunakan air ini juga terdapat pemborosan? Rasulullah menjawab, “Benar, walaupun engkau berada di tengah sungai yang mengalir airnya.” (HR. Ibnu Majah)

4). Berwudhu dari sisa air wudhu wanita, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini : “Rasulullah melarang wudhu seorang muslim yang berwudhu dengan menggunakan air sisa bersuci dari seorang wanita.” (HR. at-Tirmidzi)

No comments:

Post a Comment