Monday, January 13, 2014

SOLAT BERJEMAAH, MEMBIASAKAN DIRI MEMPERBAIKI PENAMPILAN

SEPERTI yang telah kita ketahui bahwa manfaat dari shalat berjamaah sangatlah banyak. Selain mendapatkan pahal 27 derajat, shalat berjamaah ini bisa menjalin silaturahmi kita dengan masyarakat luas. Bagaimana tidak? Ketika shalat berjamaah, kita akan berdiri bersama banyak orang yang mungkin kita kenal atau pun tidak. Bersama-sama memenuhi panggilan Yang Maha Mulia.

Ketika bertemu dengan banyak orang itulah tentunya kita akan lebih memperhatikan penampilan kita. Kita akan mencoba berpenampilan yang bersih dan rapi karena akan bertemu dengan saudara-saudara kita, terlebih bertemu dengan Rabb Sang Pencipta kita.

Inilah salah satu manfaat shalat berjamaah yang pada umumnya membuat seorang muslim memperhatikan diri dan penampilannya, kebersihan pakaian, dan harumannya. Yang demikian itu karena ia berkumpul dengan saudara-saudaranya dan bertemu dengan mereka sepanjang siang dan malam hari.

Berbeda dengan orang yang shalat sendirian, kebanyakan mereka meremehkan masalah-masalah ini dan menyalahi Firman Allah,

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Asy-Syaukani berkata, “Perintah ini ditunjukan kepada segenap anak Adam meskipun ayat tersebut diturunkan karena sebab khusus. Yang dipandang adalah keumuman lafazh, bukan khususnya sebab. Dan kata dalam ayat tersebut maknanya adalah pakaian yang dijadikan perhiasan oleh manusia. Mereka diperintahkan untuk berpakaian indah ketika pergi ke masjid-masjid untuk shalat atau thawaf.

No comments:

Post a Comment