Wednesday, June 22, 2016

HABIB ALI BATU PAHAT SEORANG ULAMA ZUHUD

Di antara ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang kekasih Allah adalah menjauhkan diri dari sifat yang namanya Hubbud-Dunya (cinta akan dunia) dan ar-Rahmah bil-Muslimin (Kasih sayang/perhatian terhadap kaum Muslimin). Dan itu semua terdapat dalam pribadi Habib Ali bin Jakfar Alaydrus. Habib Ali bin Jakfar Alaydrus ini adalah seseorang yang tidak memiliki banyak materi duniawi. Padahal beliau ini banyak didatangi oleh tamu dan rata-rata tamunya ini membawa mobil yang mewah-mewah. Rumahnya hanya "gedek" itu pun masih menyewa. Pintu yang ada dikamarnya memakai selambu, airnya mengambil dari tetangga.

Pernah suatu ketika ada seorang yang mengatakan kepada beliau, "Ya Habib, maukah saya bangunkan rumah yang bagus?". Kata Habib Ali, "Untuk siapa?" Orang itu pun berkata, "Untuk habib?!" Beliau justru mengatakan: "Habib bentar lagi tempatnya dikuburan, bukan dirumah ini." Masya Allah, keadaan beliau yang seperti itu dilakukan selama 40 tahun lamanya, hidup sendiri dan hanya dibantu oleh salah seorang daripada cucunya. Inilah contoh seseorang yang benar-benar dapat menjauhkan diri dari sifat hubbud-dunya!

Sering kali diceritakan oleh orang yang pernah berkunjung kesana, sebelum para tamu meminta doa kepadanya, Habib Ali bin Jakfar akan berkata terlebih dahulu: "Doakan saya, doakan saya." Jika ada tamu, biasanya beliau sendirilah yang melayani tamunya tersebut. Beliau tidak mau dilayani oleh tamunya, bahkan beliau langsung yang memberikan makanan dan berbagai macam suguhan untuk tamunya. Bahkan beliau sendiri yang menuangkan minuman untuk tamunya.

Dalam kisah yang lain, diceritakan bahwa suatu kali Habib Nauval bin Muhammad Alaydrus datang kesana, lalu beliau memberikan nasehat ; "Ingatkan kepada ummat untuk birrul walidain. Terjadi fitnah ada dimana-mana sebabnya kerana telah banyak orang yang meninggalkan birrul walidain." Semoga bermanfaat. Amiin Yaa Robbal Alamin.

No comments:

Post a Comment