Tuesday, August 23, 2016

NASIHAT IMAM GHAZALI

Imam Al-Ghazali dalam Kitab 'Al-Mawaizh Al-Ahadis Al-Qudsiyyah' mengungkapkan sebuah Hadis Qudsi, Allah SWT berfirman: “Wahai anak Adam! Kerjakanlah seperti yg Ku-perintahkan dan hindarilah apa yg Ku-larang, niscaya Aku jadikan jejak hidupmu abadi. Aku adalah Zat Yang Maha Hidup tak akan pernah mati. 

Jika Aku berkata pada sesuatu, ‘Jadilah!’ maka ia pasti jadi. Wahai anak Adam! Jika perkataanmu manis sedangkan perbuatanmu buruk, engkau adalah pimpinan org2 munafik. Jika zahirmu baik sedangkan batinmu buruk, maka engkau termasuk golongan org2 yg celaka, yg menipu Allah padahal mereka menipu diri mereka sendiri, ‘Mereka hanyalah menipu diri mereka sendiri, tetapi mereka tidak merasa’ (QS Al-Baqarah: 9). 

Wahai anak Adam! Tidak akan masuk Syurga kecuali org yg merendahkan hatinya karena Keagungan-Ku, yg menghabiskan siangnya dgn berdzikir pada-Ku, serta menahan hawa nafsunya hanya karena Aku. Aku melindungi org yg terpinggir, melindungi org fakir, dan memuliakan anak yatim. Aku seperti seorg ayah yg penyayang baginya dan seperti suami yang setia-kasih dan pelindung para janda. Siapa yang mempunyai sifat2 tersebut, Aku akan memberikan balasan kepadanya. Jika ia meminta sesuatu kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan, dan jika memohon, akan Aku penuhi.”

No comments:

Post a Comment