Tuesday, May 31, 2016

KARAMAH SYEIKH ABDUL QADIR AL-JAILANI: BERTEMU NABI KHIDIR A.S

Taqiyuddin Muhammad al-Waidz al-Lubnani dalam kitabnya Al-Mausum bi Raudhah al-Abrar wa Mahasin al-Akhyar meriwayatkan ketika Syaikh Abdul qodir diusia 18 tahun hendak memasuki kota baghdad, beliau menjumpai Nabi Khidir as berdiri didepan pintu, menghalanginya masuk dan berkata, “Aku tidak memiliki perintah yang memperbolehkanmu memasuki baghdad hingga 7 tahun ke depan”. Syaikh Abdul Qodir akhirnya bermukim ditepian baghdad dan hidup dari sisa-sisa makanan selama 7 tahun.

Hingga pd suatu malam ditengah hujan deras, sebuah suara berkata kepadanya, “Abdul Qodir, masuklah ke baghdad”. Beliau pun memasuki baghdad dan menuju ke musholla Syaikh Hamad bin Muslim ad-Dabbas. Sebelum beliau tiba syaikh Hamad memerintahkan murid2nya untuk mematikan lampu dan menutup semua pintu.

Ketika tiba dan mendapati pintu tertutup serta lampu sudah dimatikan, Syaikh Abdul Qodir duduk didepan pintu dan tertidur lalu bermimpi basah. Bangun dari tidurnya beliau langsung mandi besar lalu kembali tidur dan kembali bermimpi. Beliau kemudian bangun dan mandi besar. Hal tsb terus terulang sebanyak 17 kali.

Saat shubuh tiba, pintu dibuka dan masuklah Syaikh Abdul Qodir. Syaikh Hamad bangkit menyambutnya, memeluknya dan menangis sambil berkata, “Anakku Abdul Qodir, saat ini negeri ini milik kami dan besok akan menjadi milikmu. Apabila engkau berkuasa kelak, berlaku adillah terhadap orang tua ini”. (Mahkota Para Aulia, 2005)

4). Andai kalian sulit untuk membezakan antara orang soleh dan orang munafik maka dirikanlah solat dua rakaat pada waktu malam  dan berdoa lah kalian: “Wahai Tuhanku, tunjukkanlah kepadaku orang2 soleh , pertemukanlah aku dengan orang yang menunjukkan aku ke jalanMu serta memberiku makanan dan minumanMu, bahkan menghiasi mataku dengan cahaya kedekatan denganMu dan ia boleh menceritakan kepadaku yang nyata ia lihat, bukan sekadar cerita” (Syeikh Abdul Qadir al Jailani).

No comments:

Post a Comment