Thursday, May 5, 2016

KISAH HAFIZH IBNU HAJAR AL ASQALANI (SI ANAK BATU DARI ASQALAN)

Masih ingat dengan IBNU HAJAR ASQALANI? Seorang Ulama yang telah menulis lebih dari 270 Kitab dalam hidupnya. Nama asli beliau adalah Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar Al-Kannani Al-Qabilah. Lahir 22 Sya'ban 773 H di Al-Asqalan, sebuah kota di Palestina, pinggiran sungai Nil.

Karena Kisah Hidupnya, beliaupun lebih dikenal dengan nama "Anak Batu dari Asqalan”. Saat kecil beliau diasuh oleh kakaknya, karena ayah Ibunya wafat ketika beliau masih balita. Walaupun ia dikenal sebagai murid Madrasah yang rajin, namun bodoh, karena sering lupa dengan pelajaran-pelajaran yang di ajarkan gurunya. Karena malu, diapun patah semangat dan memutuskan pulang meninggalkan sekolah.  Di tengah perjalanan turunlah hujan lebat, yang memaksanya berteduh di sebuah gua. Di dalam gua itu ia melihat sebuah BATU BERLUBANG karena TETESAN AIR.

Beliau merenung. Kalau batu yang keras saja bisa berlubang karena tetesan air yang terus menerus. Apalagi kepalanya yang tak sekeras batu, bila tekun dan sabar pasti akan bisa menyerap ilmu. Sejak saat itu semangatnya pun tumbuh kembali. Beliau kembali ke sekolah menemui Gurunya, dan menceritakan peristiwa yang dialaminya. Melihat semangat yang terpancar dijiwa beliau, gurunya pun berkenan menerimanya kembali. Sejak saat itu perubahan pun terjadi. Beliau manjadi HAFIZH AL QUR'AN yang cerdas melebihi teman-temannya.

Untuk menambah Ilmunya, beliau menjelajahi berbagai negeri: Dua Tanah Haram, yaitu Makkah dan Madinah, Damaskus (Suriah), Baitul Maqdis (Palestina), Dan Yaman. Hingga beliau mempunyai banyak Guru dan Ulama-ulama besar Termasyhur. Dan berhasil menulis Kitab Terkenal, seperti Fathul Baari, Syarh Shahih Bukhari, Bulughul Maram dan ratusan Kitab lainnya. Tetap semangat niat dan doa serta ikhtiar secara Istiqomah untuk segala perubahan kehidupan semakin baik dalam urusan dunia maupun akhirat. Allahumma Aamiinyarobal'alamin.

No comments:

Post a Comment