Monday, February 24, 2014

FADHILAT KHUSUS AKHIR SURAT HASYR AYAT 21-24

1). Merupakan ubat dari segala macam penyakit kecuali mati. Rasulullah s.a.w bersabda kepada Abdullah bin Mas’ud r.a: “Letakkanlah tanganmu di atas kepalamu! Kerana sesungguhnya Jibril a.s pada waktu menurunkan ayat tersebut dia berkata kpdku: “Letakkanlah tanganmu di atas kepalamu! Krn sesungguh nya ayat ini adalah ubat dari segala macam penyakit kecuali kematian”. (HR Khatib Al Baghdadi).

2). Terlindungi dari ganguan jin. Dari Abu Ayyub Al Anshari r.a bahwasanya beliau mempunyai satu tempat pengeringan kurma di rumahnya, tiba-tiba beliau mendapatkan kurma2 yg ada di tempat pengeringan tersebut telah berkurang. Maka di saat malam tiba, beliaupun mengawasi kurma2nya. Tiba-tiba beliau mendengar suara kedatangan seseorg, maka beliaupun langsung bertanya kpdnya: “Siapa kamu?”, org itupun menjawab: “Saya adalah seorg laki-laki dari golongan jin. Kami dtg ke rumah ini krn kami telah kehabolehn bekal, maka akhirnya kami mengambil sebagian dari kurma2 kalian. Dan Allah Taala tidak akan mengurangi kurma kalian sedikitpun”. Kemudian Abu Ayyub r.a berkata kpd jin tersebut: “Kalau memang engkau jujur, cuba tunjukkan tanganmu kpdku!”. Maka jin itupun menunjukkan tangannya kpd Abu Ayyub r.a , ternyata tangan jin tersebut di penuhi dan bulu hampir mirip dgn kaki depannya anjing. Abu Ayyub r.a kemudian berkata kpdnya: “Kurma2 kami yg telah engkau ambil sudah kami halalkan. Skrg maukah kau beritahukan kpd kami (golongan manusia) mengenai doa yg paling utama dan paling ampuh utk melindungi diri kami dari gangguan jin?”, jin itupun menjawab: “Doa yg paling utama utk melindungi diri kalian dari gangguan kami adalah beberapa ayat yg terdapat dlm akhir surat Al Hasyr”. (HR Ibnu Marduwaih)

3). Jika meninggal maka Allah Taala akan menghapus seluruh kesalahan2 yang telah dia lakukan. Dari Anas r.a Rasulullah s.a.w bersabda: “Barangsiapa membaca akhir surat Al Hasyr, kemudian dia meninggal pada siang atau malam harinya, maka Allah Taala akan menghapus seluruh kesalahan2 yg telah dia lakukan”. (HR Ibnu Marduwaih)

4). Akan dihitung mati syahid. Dari Anas r.a bahwa Rasulullah s.a.w memerintahkan kpd seorg laki-laki setiap dia hendak berbaring di tempat tidurnya, untuk membaca akhir surat Al Hasyr. Kemudian beliau bersabda: “Apabila engkau mati, maka engkau mati sebagai syahid”. (HR Ibnu Sunni dan Ibnu Marduwaih)

5). Untuk memaqbulkan doa. Dari Muhammad bin Hanafiah rah.a sesungguhnya Barak bin Azib r.a telah berkata kepada Ali bin Abi Thalib r.a: “Saya minta kepada engkau atas nama Allah Taala agar engkau mengkhususkan aku dgn sebaik baik doa yg mana Rasulullah s.a.w telah mengkhususkan engkau dengan doa tersebut. Bahkan itu adalah doa yang telah di khususkan oleh malaikat Jibril untuk Baginda Nabi s.a.w dari sebagian yg telah di wahyukan oleh Allah Yang Maha Rahman kpd Nabi s.a.w. Ali r.a berkata: “Wahai Barak! Apabila engkau menginginkan untuk berdoa kepada Allah Taala dgn menggunakan Ismul Azam (Nama Allah Yang Paling Agung) maka bacalah 10 ayat pertama surat Al Hadid dan akhir surat Al Hasyr, kemudian ucapkan: “Wahai Zat yang memiliki sifat2 sebagaimana yg telah di sebutkan pada ayat di atas…,dan tidak ada seorangpun yang memiliki sifat2 seperti itu kecuali hanya Engkau. Aku memohon kepada-Mu agar Engkau menunaikan permohonanku”. Wahai Barak! Demi Allah, seandainya engkau berdoa keburukan untukku dengan doa ini, niscaya Allah akan menenggelamkan saya ke dalam bumi”.(HR. Abu Ali Abdurrohman bin Muhammad An-Naisaburi).

6). Allah akan mengirimkan 70,000 malaikat kepadanya untuk mengusir syaitan baik dari golongan jin maupun manusia  darinya. Dari Abu Umamah r.a Rasulullah s.a.w bersabda: “Barangsiapa yg minta perlindungan kepada Allah Taala dari gangguan syaitan (ya’ni dengan membaca A’UDZUBILLAHI MINASSYAITHONIRROJIM) sebanyak 3 kali, kemudian dia membaca akhir surat dari surat Al Hasyr, niscaya Allah Taala akan mengirim 70,000 malaikat kepadanya untuk mengusir syaitan baik dari golongan jin maupun manusia darinya. Apabila dia membacanya di waktu malam maka dia akan di jaga sampai pagi dan apabila dia membacanya di waktu pagi, maka dia akan di jaga sampai ptg hari”. (HR Ibnu Marduwaih)

7). Dapat jaminan masuk syurga. Dari Abu Umamah r.a Rasulullah s.a.w  bersabda: “Brgsiapa membaca penutup surat Al Hasyr pada waktu malam atau siang, kemudian dia mati pada waktu malam atau siang harinya, maka wajib baginya masuk syurga”. (HR Ibnu Addi, Ibnu Marduwaih, Khatib dan Baihaqi).

8). Allah akan menugaskan 1000 malaikat yg akan  memohonkan pengampunan untuknya. Dari Ma’qil bin Yassar r.a bahwasanya Nabi s.a.w bersabda: “Barangsiapa yg pada waktu pagi membaca:”A’UDZU BILLAAHI SAMI’IL ‘ALIIM MINASSYAITHONIRROJIM sebanyak 10 kali, maka Allah akan menugaskan 1000 malaikat kepadanya yang akan selalu memohonkan pengampunan untuknya sampai ptg hari. Dan apabila dia mati pada hari itu, maka dia mati sebagai syahid. Dan barangsiapa membaca doa dan ayat tersebut pada waktu ptg, maka dia akan mendapatkan keutamaan/fadhilah sebagaimana ketika dia membacanya di waktu pagi. (HR Ahmad, Darimi, Tirmizi)

9). Dapat mengejar/menambal amalan-amalan dia yang terlewatkan pada malam harinya.

10). Akan mendapatkan penjagaan dari Allah. Dari Utbah r.a beliau berkata: “Para sahabat Nabi s.a.w r.anhum telah menceritakan kepada kami bahwa barangsiapa yg membaca penutup surat Al Hasyr pada waktu pagi, maka berarti dia telah mengejar (menambal) amalan2 dia yang terlewatkan pada malam harinya. Dan dia akan dijaga oleh Allah Taala sampai ptg hari. Dan barangsiapa membacanya pada waktu ptg, maka berarti dia telah mengejar (menambal) amalan2 dia yang telah terlewatkan pada waktu siang hari. Dan dia akan dijaga oleh Allah Taala sampai pagi hari. Dan apabila dia mati, maka wajib baginya masuk syurga. (HR Ibnu Dharis)

11). Termasuk Ismul Azam (yg dapat memaqbulkan doa). Dari Ibnu Abbas r.a Rasulullah s.a.w bersabda: “Ismul Azam terdapat dalam 6 ayat terakhir dari surat Al Hasyr”. (HR Ad Dailami).

No comments:

Post a Comment