Friday, February 7, 2014

MENGENAL KOTA MEKKAH, MADINAH DAN FADHILATNYA

Mekkah, dari segi bahasa berasal dari kata: imtakka yg ertinya mendesak atau mendorong. Kota ini disebut Mekkah krn manusia berdesakan di sana (Mu’jam al-Buldan, kata: Mekah). Dlm Al-Quran Allah menyebutnya dgn Bakkah. Allah berfirman,

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ

“Sesungguhnya rumah yg pertama kali di dibangun (di bumi) utk (tmpt beribadah) manusia adalah Baitullah di Bakkah (Mekah) yg memiliki berkat dan petunjuk bagi seluruh alam.” (QS Ali Imran: 96). Kota Mekkah disebut Bakkah yg berasal dari kata Bakka, Yabukku yg ertinya menekan. Krn Mekkah menekan leher2 org yg sombong (Tafsir Jalalain utk QS Ali Imran: 96). Selain itu Mekkah juga memiliki nama lain, diantaranya:

1). Ummul Qura (pusat kota), Allah berfirman,

وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لِتُنْذِرَ أُمَّ الْقُرَى وَمَنْ حَوْلَهَا

“Demikianlah Kami wahyukan kpdmu Al Quran dlm bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kpd ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri2) sekelilingnya.” (QS As-Syura:7). Kota Mekkah disebut Ummul Qura krn menjadi kota yg paling padat kegiatannya.

2). Al-Balad al-Amin (kota yg aman), Allah berfirman,

وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِينِ

“Demi al-Balad al-Amin ini (Mekkah).” (QS At-Tin:3)

3). Ma’ad (tmpt kembali), Allah berfirman,

إِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادٍ

“Sesungguhnya Zat yg mewajibkan atasmu Al-Quran, benar2 akan mengembali kan kamu ke tmpt kembali.” (QS Al-Qashas:85). Beberapa ahli tafsir mengata kan, yg dimaksud tmpt kembali adalah Mekkah. (Tafsir Jalalain utk QS Al-Qashas:85)

4). Al-Baitul Haram, Allah berfirman,

وَإِذْ بَوَّأْنَا لِإِبْرَاهِيمَ مَكَانَ الْبَيْتِ أَنْ لَا تُشْرِكْ بِي شَيْئًا 

وَطَهِّرْ بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْقَائِمِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

“(ingatlah), ketika Kami memberikan tmpt kpd Ibrahim di tmpt Baitullah (dgn mengatakan): “Jgnlah kamu menyengutukan sesuatupun dgn Aku dan sucikan lah rumahKu ini bagi org2 yg tawaf…” (QS. Al Haj:26). Sebhg ahli tafsir menjelaskan bahawa Baitullah adalah Mekkah (Mekkah fil Quran wa as-Sunat)

Posisi Geografis: 

Secara geografis, Kota Mekah terletak sekitar 600 km sebelah selatan kota Madinah, kurang lebih 200 km sebelah Timur Laut kota Jeddah. Kota ini merupakan lembah sempit yg dikelilingi gunung2 dgn bangunan Kaabah sbg pusatnya. Ada 2 gunung yg mengelilingi kota Mekah, gunung Abu Qubais dan gunung Qaqaan.

Keutamaan Kota Mekah: 

Ada beberapa hadis yg menyebutkan keutamaan atau fadhilat kota Mekah, diantaranya adalah:

1. Allah telah memilihnya utk dijadikan tmpt Kaabah, Allah berfirman:

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ

“Sesungguhnya rumah yg pertama kali dibangun utk (tmpt beribadat) manusia, ialah Baitullah yg di Bakkah (Mekah)…” (QS. Ali Imran: 96)

2. Mekkah adalah negeri yg terbaik dan paling dicintai Allah. Nabi saw ber sabda, menghadapkan wajahnya ke Mekah, ketika hendak hijrah ke Madinah:

والله إني لأعلم أنك أحب بلد الله إلي وأنك أحب أرض الله الى الله عز و جل وانك خير بقعة على وجه الأرض وأحبها الى الله تعالى ولولا أن أهلك أخرجوني منك ما خرجت

“Demi Allah, saya sgt sedar bahawa engkau adalah negeri Allah yg paling aku cintai dan negeri yg paling dicintai Allah. Engkau adalah tmpt yg paling baik di muka bumi dan yg paling dicintai Allah. Andaikan bukan krn pendudukmu yg mengusirku, aku tidak akan keluar.” (Fadhail Mekah)

3. Allah melindungi Mekkah dari serangan luar. Nabi saw bersabda:

إِنَّ اللَّهَ حَبَسَ عَنْ مَكَّةَ الفِيلَ، وَسَلَّطَ عَلَيْهِمْ رَسُولَ اللَّهِ 

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالمُؤْمِنِينَ

“Sesungguhnya Allah melindungi Mekah dari serangan gajah dan Dia jadikan Rasul-Nya dan org mukmin menguasainya…” (Hr Bukhari)

4. Dajjal tidak boleh masuk Mekah. Nabi saw bersabda (HR Bukhari):

لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلَّا سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ، إِلَّا مَكَّةَ، وَالمَدِينَةَ، لَيْسَ 

لَهُ مِنْ نِقَابِهَا نَقْبٌ، إِلَّا عَلَيْهِ المَلاَئِكَةُ صَافِّينَ يَحْرُسُونَهَا

“Tiada satupun negeri kecuali akan diinjak Dajjal kecuali Mekah dan Madinah. Tidak satupun lorong menuju kota tersebut, kecuali di sana terdpt para Malaikat yg berbaris, menjaga kota tersebut.”

5. Tanah Haram: Haram (Arab: حرم) ertinya mulia. Disebut tanah haram, krn kota Mekkah memiliki aturan khusus yg Tiada pada daerah lain. Di antara nya, tidak boleh memburu binatangnya, mematah kan rantingnya, sbgmn disebutkan adalah hadis berikut: Nabi saw bersabda (HR Bukhari):

وَلاَ يُعْضَدُ شَجَرُهَا، وَلاَ يُنَفَّرُ صَيْدُهَا، وَلاَ يُلْتَقَطُ لُقْطَتُهَا 

إِلَّا لِمُعَرِّفٍ

“…tidak boleh mematahkan rantingnya, tidak boleh memburu haiwan liarnya, tidak halal mengambil brg hilang, kecuali bagi org yg hendak mengumumkan nya…”

Beberapa Hukum Terkait Kota Mekkah

1. Dibolehkan memasuki kota Mekah dlm keadaan tidak ihram, selama tidak berniat utk melaksanakan haji atau umrah. Dalilnya: Nabi saw ketika fathu Mekah, beliau memasuki kota Mekah tanpa memakai pakaian ihram.

2. Bagi org yg hendak haji, wajib berihram ketika hendak memasuki batas tanah haram (Mekah).

3. Dibolehkan melakukan perjlnan jauh yg menghabiskan bnyk biaya dlm rangka berziarah ke Masjidil Haram (MH). Nabi saw bersabda (HR Bukhari):

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلَّا إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ: المَسْجِدِ الحَرَامِ، 

وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَمَسْجِدِ الأَقْصَى

“Tidak boleh mengadakan perjlnan jauh dlm rangka mengunjungi tmpt ibadah selain 3 masjid: MH, Masjid an-Nabawidan Masjid al-Aqsa.”

4. Maksiat yg dilakukan di tanah haram, dosanya dilipatkan menjadi lebih besar dpd maksiat yg dilakukan di luar tanah haram. Allah berfirman,

وَمَنْ يُرِدْ فِيهِ بِإِلْحَادٍ بِظُلْمٍ نُذِقْهُ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ

“Brgsiapa yg ingin melakukan penyimpangan dgn kezaliman di Mekah, maka Kami akan siksa dia dgn siksaan yg menyakitkan.” (QS Al-Haj:25)

5. Solat di Masjidil Haram pahalanya sama dgn 100,000 kali solat. Nabi Muhammad saw bersabda:

صَلاَةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ، 

إِلَّا المَسْجِدَ الحَرَامَ

“Solat di Masjid Nabawi lebih utama dpd 1000 kali solat di selain Masjid Nabawi, kecuali Masjidil Haram (MH).” (HR Bukhari dan Muslim). S'mtara solat di MH lebih utama dibandingkan 100,000 kali solat di selain MH.

6. Dibolehkan utk melaksanakan solat dan tawaf di MH bila2 saja, meskipun bertepatan dgn waktu terlarang utk solat. Nabi saw berpesan: “Jgnlah kalian melarang seorgpun utk melakukan tawaf dan solat di Baitullah bila2 saja, baik siang maupun mlm.” (HR Nasai dan Ahmad).

7. Tidak boleh memburu binatang yg hidup di Mekkah. Siapa yg memburu binatang maka dia wajib membayar denda gantinya. Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْتُلُوا الصَّيْدَ وَأَنْتُمْ حُرُمٌ وَمَنْ قَتَلَهُ 

مِنْكُمْ مُتَعَمِّدًا فَجَزَاءٌ مِثْلُ مَا قَتَلَ مِنَ النَّعَمِ

“Hai org2 yg beriman, jgnlah kamu membunuh binatang buruan, ketika kamu sdg ihram. Brgsiapa di antara kamu membunuhnya dgn sengaja, maka denda nya ialah mtidak mahuti dgn binatang ternak seimbang dgn buruan yg dibunuhnya.” (QS Al-Maidah:95).

Keutamaan2 Madinah AlMunawwarah

Kota Madinah merupakan kota suci kedua stlh kota Mekkah. Krn itu, kota ini memiliki beberapa keutamaan sbgmn kota Mekkah juga memilikinya. Di antara keutamaan kota Madinah yg penuh berkat ini adalah sbg berikut:

1). Kota Suci: Madinah oleh Rasulullah saw dijadikan sbg kota suci. Di sinilah Islam tumbuh, berkembang dan menyebar luas, sehingga semesta alam yg pada waktu itu tertutup oleh kegelapan jahiliyah menjadi terang benderang oleh cahaya Islam. Rasulullah saw bersabda,

إِنَّ إِبْرَاهِيمَ حَرَّمَ مَكَّةَ وَدَعَا لِأَهْلِهَا وَإِنِّي حَرَّمْتُ الْمَدِينَةَ 

كَمَا حَرَّمَ إِبْرَاهِيمُ مَكَّةَ وَإِنِّي دَعَوْتُ فِي صَاعِهَا وَمُدِّهَا 

بِمِثْلَيْ مَا دَعَا بِهِ إِبْرَاهِيمُ لِأَهْلِ مَكَّةَ

“Sesungguhnya Ibrahim telah menjadikan Kota Mekah sbg tmpt suci dan berdoa utk kebaikan penduduknya dan sesungguhnya aku menjadikan Madinah sbg Kota Suci sbgmn Ibrahim menjadikan Mekah sbg tmpt suci. Dan sesungguhnya aku berdoa utk kebaikan sha’nya dan mudnya sbgmn yg didoakan Ibrahim utk kebaikan penduduk Mekah.” (HR Muslim)

2). Jaminan Syafaat Bagi Org yg Menanggung Kesusahan di Madinah: Sebuah kehormatan bagi penduduk Madinah krn mrk akan mendptkan syafaat atau persaksian dari Nabi saw. Hal ini berlaku bagi mrk yg mau menanggung kesusahan utk ttp tinggal di Madinah. Dan, ini tidak lain krn kemulian dari kota Madinah yg terkenal dgn Madinatur Rasul (Madinah tmpt tinggal Rasulullah). Rasulullah saw bersabda: 

الْمَدِينَةُ خَيْرٌ لَهُمْ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ لَا يَدَعُهَا أَحَدٌ رَغْبَةً

 عَنْهَا إِلَّا أَبْدَلَ اللَّهُ فِيهَا مَنْ هُوَ خَيْرٌ مِنْهُ وَلَا 

يَثْبُتُ أَحَدٌ عَلَى لَأْوَائِهَا وَجَهْدِهَا إِلَّا كُنْتُ لَهُ شَفِيعًا أَوْ 

شَهِيدًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Kota Madinah ini lebih baik bagi mrk sekiranya mrk mengetahui. Tidaklah seseorg meninggalkan Madinah melainkan Allah akan mtidak mahuti dgn seseorg yg lebih baik lagidan tidaklah seseorg ttp bersabar atas kesulitan (kelaparan) dan kesusahan Madinah melainkan aku akan menjadi penolong dan saksinya pada hari Kiamat.” (Hr Muslim). Menafsiri sabda Rasulullah tersebut, Imam An-Nawawi berkata, “Adapun syafaat yg diberikan kpd penduduk Madinah adalah dgn bertambahnya darjat atau ringannya Hisab (perhitungan amal di Hari Kiamat)atau dgn kelebihan lainnya sbgmn yg dikehendaki Allah atau dgn memuliakan mrk para penduduk Madinah dgn aneka kemuliaan spt mendptkan naungan Arasy, berada di atas Mimbar, segera masuk ke syurgaataupun kemuliaan lainnya.

3). Keimanan Meluncur Dari Madinah: Islam dtg dlm keadaan asing dan akan kembali asing sbgmn semula. Demikianlah, mendkti Hari Kiamat nanti bnyk sekali org yg pada siang harinya beriman dan di ptg harinya ingkar, begitu pula sebaliknya. Maka, pada hari akhir nanti, keimanan akan meluncur dari Madinah, sbgmn sabda Rasulullah saw,

إِنَّ الْإِيمَانَ لَيَأْرِزُ إِلَى الْمَدِينَةِ كَمَا تَأْرِزُ الْحَيَّةُ إِلَى جُحْرِهَا

“Sesungguhnya keimanan meluncur ke Madinah sbgmn ular yg meluncur ke lubangnya.” (Muttafaq Alaih)

4- Rasulullah Mendoakan Keberkatan Padanya: Ketika Rasulullah dan para sahabat hijrah dari Mekah ke Madinah, ada sebhg dari para sahabat yg blm dpt membiasakan diri terhadap cuaca dan lingkungan di Madinah. Sehingga salah seorg sahabat bernama Bilal bin Rabah terkena demam. Melihat hal ini Rasulullah saw berdoa,

اللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا الْمَدِينَةَ كَحُبِّنَا مَكَّةَ أَوْ أَشَدَّ اللَّهُمَّ 

وَصَحِّحْهَا وَبَارِكْ لَنَا فِي مُدِّهَا وَصَاعِهَا وَانْقُلْ حُمَّاهَا 

فَاجْعَلْهَا بِالْجُحْفَةِ

“Ya Allah, jadikanlah Madinah kota yg kami cintai sbgmn kami mencintai Mekkah atau melebihinya dan berilah keselamatan di Madinah dan berkatilah timbangan dan takarannya dan pindahlah panasnya Madinah ke tanah Juhfah.” (Muttafaq Alaih). Berkat doa Nabi inilah, smpi skrg Madinah menjadi kota yg subur dgn hasil pertaniannya terutama kormanya yg sgt terkenal. Bah kan korma Ajwah (korma terbaik di Madinah) boleh menolak sihir dan racun.

5- Kota yg Memakan Kota Lainnya: Madinah menjadi saksi kebesaran Islam sehingga pengaruhnya menyebar ke seluruh penjuru dunia. Madinah dipilih utk menjadi tmpt hijrah tiada lain oleh krn perintah dari Allah swt sbgmn sabda Rasulullah saw,

أُمِرْتُ بِقَرْيَةٍ تَأْكُلُ الْقُرَى يَقُولُونَ يَثْرِبُ وَهِيَ الْمَدِينَةُ 

تَنْفِي النَّاسَ كَمَا يَنْفِي الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ

“Aku diperintahkan utk menuju kota yg memakan kota2 lain. Mrk menyebutnya dgn sebutan Yatsrib, iaitu Madinah.” (HR Al-Bukhari). Dlm menafsiri hadis ini, Imam An-Nawawi mengatakan, bahawa maksud dari memakan kota2 lainnya adalah Madinah menjadi pusat pertama keberadaan prajurit Islam dan, kota inilah (Madinah yg berhasil membuka kota2 lainnya sehingga ghanimah, harta dan tawanannya diserahkan ke kota ini. Ada pula yg berpendpt bahawa maksud nya adalah makanan dan hasil pangan kota Madinah berasal dari kota2 yg ditaklukkan olehnya.

6- Rasulullah Menggelarinya Thayyibah: Seblm dinamakan oleh Nabi dgn Madinah kota ini dinamakan dgn Yatsrib. Namun nama Yatsrib tidak baik krn maknanya adalah tercela atau kerosakkan. Nabi lalu mtidak mahuti namanya dgn Thaba atau Thayyibah dari asal kata At-Thib yg ertinya wewangian yg harum baunya. Adapula yg mengatakan berasal dari kata Ath-Thayyib yg ertinya adalah suci, krn Madinah dibersihkan dari kemusyrikan.

7- Bebas dari Taun dan Dajjal: Merupakan salah satu keutamaan Madinah lainnya adalah kota ini dijaga oleh para malaikat sehingga taun (iaitu wabak penyakit menular yg boleh memusnahkan semua penduduk suatu negeri) dan Dajjal tidak boleh memasukinya. Rasulullah saw bersabda,

عَلَى أَنْقَابِ الْمَدِينَةِ مَلَائِكَةٌ لَا يَدْخُلُهَا الطَّاعُونُ وَلَا الدَّجَّالُ

“Di pintu2 masuk Madinah terdpt para malaikat sehingga wabah taun dan Dajjal tidak boleh memasuki nya.” (Muttafaq Alaih).

No comments:

Post a Comment