Thursday, July 14, 2016

TAAT ADALAH TAUFIK DARI ALLAH

“Jangan merasa gembira atas perbuatan taat kerana engkat merasa telah dapat melaksanakannya, tetapi bergembiralah atas perbuatan taat itu kerana ia sbg kurnia, taufik dan hidayah dari Allah swt kepadamu, “katakanlah, dgn merasa mendapatkan kurnia dan rahmat Allah, maka dgn itu hendaknya meraka bergembira. Itulah lebih baik dari apa yg dapat mereka kumpulkan” (Surah Yunus: 58). Gembira atas perbuatan taat itu jika karena merasa mendapat kehormatan karunia dan rahmat Allah sehingga dapat melakukan taat, maka itu lebih baik. 

Sebaliknya jika gembira karena merasa diri sudah kuat dan sanggup melaksanakan taat, maka ini menimbulkan ujub, sombong dan kebanggaan, padahal yg demikian itulah yg akan membinasakan amal taat. Allah s.w.t telah memperingatkan hambanya yg sombong dan ujub (mengagungkan diri) dgn firmannya dlm hadits Qudsi, Rasulullah s.a.w bersabda: “Allah berfirman, 'Kesombongan adalah selendangKu dan keagungan adalah sarungKu. Barangsiapa yg mengambil salah satu dari kedua hal tersebut dariKu, maka Aku akan melemparkannya ke dlm neraka'."

"Allah telah memutuskan org2 yang berjalan menuju kepada-Nya, dan yang telah sampai kepada-Nya, dari pada melihat/mengagumi amal (ibadah) dan keadaan diri mereka. Adapun orang yang masih sedang berjalan, karena mereka dalam amal perbuatan ibadah itu belum dapat melaksanakan dengan ikhlas menurut apa yang diperintahkan. Adapun org2 yg telah sampai, maka karena mereka telah sibuk melihat kepada Allah, sehingga lupa pada amal perbuatan sendiri.” 


Sehingga apabila ada amal perbuatan diri sendiri, maka itu hanya karunia, taufik dan rahmat Allah subhanahu wata'ala semata-mata. Tanda bahwa Allah telah memberi taufik dan hidayah pada seorang hamba, apabila disibukkan hamba itu dengan amal perbuatan taat, tetapi diputuskan dari pada ujub dan sombong dengan amal perbuatan itu, karena merasa belum tepat mengerjakannya, atau karena merasa bahwa perbuatan itu semata karunia Allah, sedang ia sendiri merasa tiada berdaya untuk melaksanakan andaikan tiada karunia dan rahmat Allah Ta'ala.

No comments:

Post a Comment