Sunday, January 10, 2016

NABI KHIDIR

Salah seorang sosok penting dalam dunia tasawwuf adalah Nabi Khidir yang kisahnya tertulis dalam Surah Al-Kahfi ayat 66-82. Khidir dijelaskan dalam Al-Qur'an sebagai hamba Allah yang shaleh serta memiliki kebijaksanaan agung atau pengetahuan mistik.

Nabi Khidir memiliki pengetahuan ruhani yang langsung berasal dari Allah. meskipun tubuhnya hidup di dunia namun jiwanya membumbung tinggi hingga ke alam malakut. Bahkan Nabi Musa diperintah oleh Allah untuk belajar kepadanya meskipun kemudian akhirnya Nabi Musa ternyata tidak sanggup untuk mempelajari ilmu darinya. Nabi Khidir memiliki ilmu Ladunni (ilmu yang bukan berasal dari dunia ini) dan mengetahui berbagai rahasia alam semesta dan alam ghaib serta memiliki keistimewaan berupa umur yang panjang dan hidup sampai akhir zaman. Nabi Khidir adalah sosok Nabi misterius dan pengembara. Dan dia termasuk dalam Rijalul ghaib (manusia misteri)

Dalam dunia tasawwuf (Sufism) Nabi Khidir memiliki posisi penting kerana beliau dianggap sebagai mata rantai dalam ilmu tasawwuf yang bisa menerima pencahayaan ilmu dari Allah secara langsung. Nabi Khidir adalah pemberi bai’at bagi orang-orang yang berjalan di jalan spiritual menuju Tuhan. Nabi Khidir dianggap sebagai lambang dari pengetahuan misteri itu sendiri (Sufi Mysticism). Nabi Khidir juga dianggap sebagai guru bagi kaum sufi sekaligus pemimpin spiritual bagi para wali. WAllahu a'lam

(Arrya Sufi).

No comments:

Post a Comment