Thursday, June 9, 2016

DARI KOSONG KEMBALI KE KOSONG

Wahai,  dalam penantian menuju kesempurnaanmu maka akan dimulai dengan Ilmu. Dalam Ilmu (pengetahuan pun) tidak akan memberikan Manfa’at (sia-sia) jika tanpa di dasari Kesadaran dalam Niat yang tulus. Taukah Diri, “Sesungguhnya Manusia itu Mati kecuali mereka2 yang berpengetahuan, dan mereka2 yang berpengetahuan banyak yang tertidur kecuali mereka2 yang mengamalkan, dan mereka2 yang mengamalkan banyak yang tertipu kecuali mereka2 yang Tulus Ikhlas.

Ketahuilah Diri, Ketika Lautan Hikmah dari segala Ilmu terselami maka terlihat lah. Mutiara2 Indah yang sangat berkilauan, keindahan itu tak seindah 72 BIDADARI SURGA, JANDA BOHAY DI DUNIA., dan banyak di antara para Salik yang mengambil Mutiara2 itu, karena saking Takjub dan terpananya melihat keindahan Mutiara2 tsb. Ketahuilah Diri, ketika rasa Takjub itu datang merasuk kedalam Qolb’ maka pada saat itu. Nyanyian ke EGO an menyertai dan mengakibatkan diri hanyut dan tenggelam dalam RASA/Zauq. Ketahuilah Diri pada satu sisi, RASA/Zauq itu adalah “Jalan/Thariqat” menuju SANG SEJATI akan tetapi apabila terlena dan hanyut dalam RASA/Zauq itu dan lupa akan “sang pemilik” RASA, maka semakin banyak duri2 yang akan tumbuh pada diri.

Lihatlah Diridisekeli­ling, berapa banyak yang Asyik Masyuk dalam RASA berenang dalam Nikmatnya RASA, lalu meRASA kosong, lalu meraba dalam Kosong dan mengata tidak ada apa apa dan menyatakan bahwa inilah SEJATI, inilah PUNCAK, inilah AKHIR dari segalanya, inilah IA. Maka ketika hal itu telah tertanam, maka itulah Akar dari pada duri2 yang akan menyelimuti diri dan tanpa sadar, telah ber TUHAN kan kekosongan, ber TUHAN kan ke HAMPA an, ber TUHAN kan ketiadaan. Ingatlah Diri, sesungguhnya RASA/­Zauq itu, masih di dalam sifat Jamal-NYA, dan bukan itulah Akhir perjalanan, namun itu barulah Awal perjalanan untuk Melangkah di “ARSY TUHAN” dan Akhirnya “MENENGOK RAHASIA KALAM”.

Wahai Diri, apakah Mutiara2 Indah yang sangat berkilauan itu? Itulah ZIKIR/­ZIKRULLAH. Semakin banyak ber ZIKIR/ZIKRULLAH dengan bermacam2 ZIKIR (mutiara2), maka semakin terhijab, jika masih terpandang Ma Siwa Allah (Sesuatu), masih terpandang akan diri: “Aku ini berzikir”, Aku ini beramal”, Aku ini berThariqat”, “Aku ini ber mursyid”, “Aku ini berma’rifat”, dll. Maka akan timbul suatu penekanan akan sesuatu. Jika penekanan “akan sesuatu” itu telah menjadi pandangan Batinnya maka Hijab telah menutupi Qolb’ dari NurNya yangNyata. Ia melihat akan Nur, tetapi yang terlihat bukanlah Nuryang sesungguhnya melainkan hanyalah bayangan dari pada Nur. Maka bayangan tetaplah bayangan, sampai kapanpun tetaplah bayangan dan bayanganbukan lah yang punya bayang2. Bulan Nyata terlihat, tetapi tiada di ketahui karena yang di ketahui hanya kenyataan Bulan di atas Danau dan Batin lalai bahwa sesungguhnya yang ada di danau itu bukan Bulan, melainkan hanya bayang2 dari sang bulan. Maka Diri. Lihatlah Bulan yang terang dan cahayanya sangat menyejukkan itu dan mendamaikan Qolb itu Sangat Nyata dan Indah, bukan dimana2 tetapi ada di mana2.

Maka Diri untuk masuk ke jalan itu, Lepaskan tubuhmu. Lepaskan hatimu. Lepaskan jiwamu. Lepaskan ruhmu. Lepaskan Akumu. Hingga engkau tak bertubuh jasad lagi, tidak berhati lagi, tidak berjiwa lagi, tidak ber Ruh lagi dan tidak ber Aku lagi. Pandanglah yang memandang dan rasakan yang merasakan maka engkau tidak ada, maka engkau kosong, maka engkau hampa. Bukan Al-Haq yang tidak ada, bukan Al-Haq yang kosong itu, bukan Al-Haq yang hampa itu melainkan dirimulah yang tiada, dirimulah yang kosong itu, dirimulah yang hampa dan sunyi itu.Dan ingatlahDiri, tidak boleh dua, tiga, empat atau banyak yang mengisi kekosongan itu melainkan hanyaSATU yang ber hak untuk mengisi kekosongan itu yaitu “Al-Haq”.

Dirimu bukan lah dirimu karena dirimu kosong dan Al-haq lah yang ada pada ke kosongan itu. Jika dirimu sudah kosong karenamemang kosong, jika dirimu sudah tidak ada karena memang tidak ada. Maka yang manakah yang di sebut EGO?, maka yang manakah yang di sebut Nafsu?, maka yang manakah yang di sebut Aku? Maka semuanya pun tidak ada/kosong karna memang kosong/tidak ada. Maka jika ada bantah membantah, maka jika ada sanggah menyanggah, maka jikaada hujat menghujat, selama itu engkau masih belum kosong dari kedirianmu. Maka itulah Hijab/Tirai yang sangat tipis bak sehelai rambut di belah tujuh. Nyata ketiadaan itu menunjukkan Nyatannya yang ADA (Al-Haq). maka matilah sebelum engkau mati, maka siapakah yang ada setelah kematianmu?

Wahai Diri, jika engkau sudah mati maka engkau sudah tidak ada, maka siapakah yang ada setelah kematianmu/­ketiadaanmu? Ana (Al-Haq) yang ada. Jika hanya Al-Haq yang ada, maka selain itu adalah Fatamorangana, bayangan, semu, tidak ada dan nyatalah, Ana (Al-Haq) meliputi pada kekosongan dan ketiadaan dirimu. Dan kekosongan diri/ketiadaan diri itulah Singgasana/Kerajaan TUHAN dan di situlah Al-Haq bersemayam (Arsy’). Bukan di tubuh, bukan pula di hati, bukan pula di jiwa dan juga bukan di Ruh. Maka “DIAM” = “MATI” = “KOSONG” = “TIDAK ADA” = “Laa Hawla Wa Laa Quwwata ”dari kosong maka akan kembali kosong” “Dari tidak ada maka akan kembali tidak ada”.

No comments:

Post a Comment