Friday, January 4, 2013

KARAMAH SYYAIDINA ALI BIN ABI THALIB

Dimuliakan Allah Karena Mengorbankan Waktu Shalat Demi Adab Kepada Seorang Nasrani. Sayyidina Ali bin Abu Thalib pernah hampir ketinggalan shalat Shubuh jama'ah bersama Rasulullah s.a.w hanya karena ada seorang kakek tua yang berjalan lambat di depannya, dan Sayyidina Ali segan untuk mendahuluinya sebab rasa hormat kepada orangtua. Namun saat mereka berdua sampai di muka masjid, orangtua tersebut tidak masuk masjid.

Kala itu Sayyidina Ali mendapati Rasulullah sedang dalam keadaan ruku yang panjang, sehingga Sayyidina Ali dapat mengikuti rukunya. Selesai shalat Sayyidina Ali bertanya kepada Rasulullah tentang rukunya tersebut. Rasulullah menjawab, "Ketika aku ruku dan hendak bangun, tiba-tiba Jibril datang dan menahan pundaku selama beberapa waktu, dan aku baru bisa berdiri setelah ia melepaskan tangannya."

"Mengapa Jibril melakukan demikian?" Tanya Sayyidina Ali. Namun belum sempat Rasulullah menjawab, tiba-tiba datang Malaikat Jibril dan berkata, “Sesungguhnya Ali telat shalat jama'ah karena tertahan oleh seorang kakek tua yang berjalan lambat di depannya, padahal kakek tersebut adalah seorang Nasrani. Namun karena sikap adabnya yang tak mau mendahului kakek tersebut, maka Allah memerintahkanku untuk menahan rukumu agar ia bisa mengikuti jama'ah shalatmu." Kitab Mawaidz Ushfuriyah fas. 3 hal 13. (Imam Muhammad bin Abu Bakar Al-Ushfuri). 

No comments:

Post a Comment