Friday, June 3, 2016

TUJUH MAHLIGAI

Dalam pengetahuan Tasawuf, MANUSIA ini juga disebut sebagai `alam SAGHIR` atau `alam KECIL` karena semua yang ada di alam ini juga ada di manusia. Dalam kitab “Hakekat Marifat”, bahkan disebuntukan, setiap unsur yang ada di alam BESAR atau alam KABIR, juga ada di alam kecil, manusia ini. 

Baik H, Li, Na, K, Rb, Cs, Fr, dst….dst… maupun yang lainnya, semua ada di manusia. Ada 3 analog besar di sini yaitu Alam KABIR atau JAGAT RAYA ini secara keseluruhan, analog dengan MANUSIA (alam SAGHIR) secara keseluruhan, analog lsin dengan adanya AL QUR’AN. Di alam ini ada `BULAN` yang menerima cahaya dari MATAHARI. Di manusia ada `AKAL`, Di Al Quran ada `Do`a-doa` ( “Ad do`au mukhul ibadah”  `do`a itu otaknya ibadah`). Di alam ada `MATAHARI` (jantungnya alam) . Di analog-kan di manusia ada `HATI` atau `QALB` atau `JANTUNG`.. NYAWA. Di Al Quran juga ada JANTUNGnya yaitu Surat YASIN (Qolbun Quran). Inti dari surat Yasin yaitu, “Salamun qaulan mirrobirrohim”. 

Di sinilah muncul satu perlambang bahwa hatinya orang-orang yang beriman haruslah di arahkan pada hati yang `SALAMUN` atau SELAMAT atau `QOLBUN SALIM`… Yaitu hati yang terkena goncangan bagaimanapun beratnya, yang terkena ujian bagaimanapun beratnya tetap hati yang ingat dan bersyukur pada Tuhannya.  Hati yang terkena kesenangan bagaimanapun, tetap ingat dan syukur pada Tuhannya.  Dalam keadaan apa saja, dalam situasi apa saja, dimana saja, kapan saja, selalu ingat dan syukur pada Tuhannya. 

Inilah hati yang selamat, `QOLBUN SALIM`… Tidak berkeluh kesah, tidak kecewa, tidak sedih, tidak menggerutu, dll. MATAHARI didalam tubuh kita yaitu NYAWA kita.  BULAN didalam tubuh kita yaitu AKAL kita. BINTANG didalam tubuh kita yaitu ILMU kita..  ada yang banyak dan ada pula yang sedikit: SYURGA didalam tubuh kita yaitu AMAL SHALEH kita. NERAKA didalam tubuh kita yaitu DOSA-DOSA kita.

LAUT didalam tubuh kita ada 2 (dua) yaitu :
1. LAUT ASIN didalam tubuh kita yaitu AIR MATA kita.
2. LAUT TAWAR didalam tubuh kita yaitu AIR LUDAH kita.

MAHLIGAI didalam tubuh kita ada 7 (tujuh) pula yaitu :
1. DADA. 
2. QALBUN. 
3. BUDI. 
4. QORIN. 
5. NYAWA. 
6.RASA.
7.RAHASIA.

Didalam DADA itu ada QALBUN 
didalam QALBUN itu ada BUDI 
didalam BUDI itu ada QORIN 
didalam QORIN itu ada NYAWA 
didalam NYAWA itu ada RASA
didalam RASA itu ada RAHASIA (SIR). 

Maka perilaku harus wafiq, 
Pegangan perlu tahqiq, lafazh & niat bertemu, 
Qoshad, takrad & takyin ketemu..
Sholat fe’elun, dzikrun, khoosyiun & dhaimun diketahui. . . .
Kepada pintu negeri yang Fana (yang tinggal hanya Allah) sujudlah aku. 
Ku belah kepalaku, maka tiada lah Aku tiadalah Engkau.

No comments:

Post a Comment