Tuesday, February 3, 2015

ASAS DAKWAH WALI SONGO

Asas Dakwah Wali songo Dari KH Mukhlisun Payaman – Magelang Jawa tengah, Indonesia (mazab syafei, sunni, keturunan sunan kalijaga).

Wasiat Sunan Kalijaga dlm kitabnya: “Yen wis tibo titiwancine kali2 ilang kedunge, pasar ilang kumandange, wong wadon ilang wirange mangka enggal2a tapa lelana njlajah desa milang kori patang sasi aja ngasik balik yen during olih pituduh (hidayah) saka gusti Allah (Ertinya kurang lebih: jika sudah tiba zamannya dimana sungai2 hilang kedlmannya (bnyk org yg berilmu yg tdk amalkan ilmunya), pasar hilang gaungnya (pasar org beriman adalah masjid, jika masjid2 tak ada azan), wanita2 hilang malunya (tdk tutup aurat) maka cpt2lah kalian keluar 4 bln dari desa ke desa, dari pintu ke pintu (dari rumah ke rumah) jgnlah pulang seblm mendpt hidayah dr Allah swt)”. Kalau kita buat dakwah berpegang dgn asas dakwah ini maka dakwah kita akan mirip dgn dakwah nabi dan sahabat shg akan menjadi asbab hidayah keseluruh alam.

WALISONGO ADALAH JAMAAH YANG BERTABLIGH

1). TERTIB DAKWAH WALISONGO: 

Para Wali Songo yg dtg ke Tanah Jawa bukan sendiri2 dan tanpa program, beliau meninggalkan keluarga dan kampung halamannya utk mendakwahkan agama dgn harta dan diri mrk utk taat perintah Allah dan RasulNya. Hal ini bukan sekedar kebetulan, beliau berkumpul dgn sahabat2 yg lain. Para Dai dan Wali Allah yg masuk ke Tanah Jawa ini tidak hanya satu rombongan saja spt anggapan kebnykan org. Sesungguhnya semua ada 5 masa atau 5 rombongan. Dlm satu rombongan semuanya berjumlah 9 org dan setiap satu rombongan semuanya memiliki keistimewaan atau keahlian sendiri2 yg sgt munasib (kompeten), ada Ahli Tata Negara, Ahli Ilmu Dinniyah atau Agama, Ilmu Teknik, Ahli Seni, dll.

Jemaah Yg Pertama: 

Amir (pimpinan) rombongan adalah Syeikh Maulana Malik Ibrahim makamnya di Gresik. Makmumnya (ahli jemaah):

1. Syeikh Maulana Ibrahim As Samarqandi makamnya di Gresik Harja Tuban
2. Syeikh Maulana Ishak makamnya di Aceh
3. Syeikh Maulana Ibrahim Jamadil Qubra makamnya di Pamijahan Jabar
4. Syeikh Maulana Ahmad Jamadil Qubra makamnya di Trowulan Mojokerto.
5. Syeikh Maulana Subakir pulang ke Persia.
6. Syeikh Maulana Sulthon Hasanuddin makamnya di Banten Lama.
7. Syeikh Maulana Aliyuddin, adik Sulthon Hasanuddin makamnya di gunung Santri Cilegon.
8. Maaf kitabnya terkoyak krn terlalu usang, tulisan nama kurang jelas, ada keterangan beliau pulang ke Tigris, Irak.

Jemaah Yg Kedua: 

Selang 9 tahun Hijriah dtg lagi satu rombongan jemaah yg ke dua: Amir jemaah Syeikh Maulana Rahmat yg di kenal dgn julukan Raden Rachmatatau Sunan Ampel krn bertmpt di Desa Ampel Dento Surabaya. Ada pun makmumnya yg seramai 8 org itu kebnykan anggota yg lama disbbkan anggota yg lama sudah berkurang krn wafat, yakni Syeikh Maulana Ibrahim As Samarqandi iaitu ayah Sunan Ampel Syeikh Maulana Ibrahim Jamadil Qubra sdgkan Syeikh Subaqir pulang ke Parsu awal tahun ke8. 

Jemaah Yg Ketiga: 

Amir adalah putra tunggal dari Syeikh Maulana Ishaq wafat di Aceh pada saat mendirikan sebuah Masjid di Banda Aceh. Adapun menurut Kitab Tarihul Auliya, Syeikh Maulana Ainulyaqin adalah pengamal fiqih Al Hanafiyah yg sgt istiqamah spt ayahnya. Makmum jemaah yg ke 3 ini ialah:

1. Syeikh Maulana Rahmatullah iaitu Sunan Ampel, fiqihnya Hanafiyah.
2. Syeikh Maulana Maghdum Ibrahim atau Sunan Bonang fiqihnya As Syafieyah.
3. Syeikh Maulana Qosim Syarifuddin atau Sunan Drajat Al Hanafiyah.
4. Syeikh Maulana Jaafar Shodiq atau Sunan Kudus Al Malikiyah.
5. Syeikh Maulana Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati Al Hanafiyah.
6. Syeikh Maulana Fatahillah Al Hanafiyah.
7. Syeikh Maulana Muhammad Said atau Sunan Kali Jaga ptidak mahuti Syeikh Siti Jennar yg kena hukum kisas krn melanggar tertib Dakwah pada saat itu.
8. Syeikh Maulana Ainur Rahmat atau Sunan Sendang, makamnya 9 km di sebelah barat dari Makam Sunan Drajat di desa Sendang satu kecamatan dgn Sunan Drajat.

Jemaah Yg Keempat: 

Amir rombongannya adalah Syeikh Maulana Sulthan Fatahillah yg di kenal sbg Raden Patah cucu dari Raja Brawijaya iaitu Raja Majapahit sendiri. Makmumnya kebnykan org lama iaitu:

1. Sunan Giri.
2. Sunan Bonang.
3. Sunan Drajat.
4. Sunan Sendang.
5. Sunan Gunung Jati
6. Sunan Muria yg ber-usia 19th.
7. Sunan Kudus. 
8. Syeikh Maulana Taufiqur Rahman yg nama Tiong Hwoa-nya K. Cheng Hoo As Syafieyah.

Jemaah Yg Kelima: 

Amir rombongan adalah Syeikh Maulana Umar Syahid atau Sunan Muria As Syafieyah putra Sunan Kali Jaga yg pada saat itu berusia 25th. Makmum jemaah ke 5 adalah:

1. Sunan Giri.
2. Sunan Bonang.
3. Sunan Sendang.
4. Sunan Tembayat.
5. Sunan Geseng.
5. Sunan Kudus.
7. Phai Lie Bang (dari namanya terhasil nama bandar Palembang)
8. Syeih Maulana Taufiqur Rahman nama Tiong Hwoa-nya K. Cheng Hoo.

Perlu diketahui dlm kitab Tarihul Aulya bahawa ke lima jemaah ini mulai dari yg pertama smpi yg ke lima semuanya diberi BAYAN HIDAYAH di Masjid Nabawi Madinatul Munawwarah, sdgkan rombongan yg seterusnya sudah tidak di Bayan Hidayah di Masjid Nabawi lagi. Di Kerajaan Demak sudah di dirikan Masjid yg menjadi Markaz beliau dan sudah sering di dtgkan melalui Negeri Gugerat (India skrg). Krn tekanan dari misionaris dari Belanda, Portugis dan Inggris yg menjajah Asia sehingga sgt bnyk Ulama yg dibunuh oleh mrk. Utk menyiasati kejahatan org2 kristian pada saat itu, para Dai kita utk keluar di jln Allah yg skrg di sebut Khuruj Fii Sabilillah tidak di batasi sebnyk  sembilan org lagi dlm satu rombongan, namun program dan tertib dakwah ttp di jlnkan dgn Istiqamah. 

Spt nisab, route perjlnan, program silaturrahim, wilayah yg menjadi tujuan, Mesyuarat, Taklim, ttp di jlnkan spt bolehnya seolah2 tak pernah terjadi suatu apapun dan ttp TAWAJJUH kpd Allah dan tidak terkesan dgn keadaan di luar lingkungan, ttp taat pada keputusan mesyuarat. Sasaran utamanya adalah dakwah, jadi siapapun manusianya diajak taat kpd Allah swt dan beramal soleh. Diajak utk bersama2 mengamalkan agama, menghidupkan amal2 agama dan juga amal2 masjid sbgmn Masjid Madinah AlMunawarah. ternyata tertib dakwah mrk sama dgn tertib dakwah yg dilakukan oleh Jamaah Tabligh, pergerakan dakwah yg semakin berkembang saat ini. (Sumber kitab TARIKHUL AULIA’ karangan Syeikh Maulana Muradi bin Abdullah bin Husain Al-Asy’ari).

2). USAHA DAKWAH WALISONGO DALAM KITAB2: 

Ternyata tidak hanya Kitab Tarikhul Auliya Syeikh Maulana Muradi bin Husain bin Ibrahim al Asyari saja yg menceritakan ttg perjlnan usaha dakwah para walisongo di Nusantara ini. Abu Abdullah Muhammad bin Battutah atau lebih dikenal dgn sebutan Ibnu Batutah telah menuliskan laporan perjlnannya keliling dunia dlm Kitab Kanzul Ulum. Di Gresik (daerah Leran) ditemukan batu bertahun 1082 Masehi berhuruf Arab yg menceritakan bahawa telah meninggal seorg perempuan bernama Fatimah binti Maimun yg beragama Islam. 

Lalu disekitar tahun 1350 saat memuncaknya kebesaran Majapahit, di pelabuhan Tuban dan Gresik bnyk kedatgn para pedagang Islam dari India dan dari Kerajaan Samudra (Aceh Utara) yg juga awalnya merupakan bahagian dari Majapahit, disamping para pedagang Majapahit yg berdagang ke Kerajaan Samudra. Juga menurut cerita, ada seorg putri Islam berjuluk Putri Cempa dan Putri Cina yg menjadi isteri salah satu raja Majapahit. 

Sgt toleransinya Majapahit terhadap Islam terlihat dari bnyknya makam Islam di desa Tralaya, dlm kota kerajaan, dgn angka tertua di batu nisan adalah tahun 1369 (saat Hayam Wuruk memerintah). Yg menarik, walau kuburan Islam ttp bentuk batu nisannya spt kurawal yg mengingatkan kalamakara, berangka tahun huruf Kawi, yg bererti bahawa di abad XIV Islam walau agama baru bagi Majapahit ttp sbg unsur kebudayaan telah diterima masyarakat. Diketahui pula bahawa para pendtg dari barat maupun org2 Tionghoa ternyata sebhg besar beragama Islam, yg terus berkembang dan mencapai puncaknya di abad XVI saat Kerajaan Demak. 

Mrk yg dianggap sbg pendakwah yg sgt giat menyebarkan agama Islam diberi julukan Waliullah dan di Jawa dikenal sbg Wali Songo (9), yg merupakan dewan Dakwah/Mubaligh. Kelebihan mrk dibanding kepercayaan/agama penduduk lama adalah ttg kekuatan batin yg lebih, ilmu yg tinggi dan tenaga ghaib. Sehingga mrk selalu dihubung kan dgn tasawwuf serta sgt kurang dlm pengajaran fiqh ataupun qalam. Mrk tidak hanya berkuasa dlm agama, tapi juga dlm hal pemerintahan dan politik. Menurut Kitab Kanzul Ulum Ibnu Batutah, Wali Songo berganti susunan orgnya sebnyk 5 (lima) kali iaitu:

Dewan 1 tahun 1404M:

1). Syeikh Maulana Malik Ibrahim, asal Turki, ahli mengatur negara, dakwah di Jawa Timur, wafat di Gresik tahun 1419.

2). Maulana Ishaq, asal Samarkand, Rusia, ahli pengubatan, dakwah di Jawa lalu pindah dan wafat di Pasai (Singapura).

3). Maulana Ahmad Jumadil Kubra, asal Mesir, dakwah keliling, makam di Troloyo, Triwulan Mojokerto.

4). Maulana Muhammad Al Maghrabi, asal Maghrib, Moroko, dakwah keliling, makamnya di Jatinom Klaten tahun 1465.

5). Maulana Malik Israil, asal Turki, ahli mengatur negara, dimakamkan di Gunung Santri antara Serang Merak di tahun 1435.

6). Maulana Muhammad Ali Akbar, asal Parsi, ahli pengubatan, dimakamkan di Gunung Santri tahun 1435.

7). Maulana Hasanuddin, asal Palestina, dakwah keliling, dimakamkan tahun 1462 di samping masjid Banten Lama.

8). Maulana Aliyuddin, asal Palestina, dakwah keliling, dimakamkan tahun 1462 di samping masjid Banten Lama.

9). Syeh Subakir, asal Persia, ahli menumbali tanah angker yg dihuni jin jahat, beberapa waktu di Jawa lalu kembali dan wafat di Persia tahun 1462.

Dewan 2 tahun 1436M:

1). Raden Rahmad Ali Rahmatullah berasal dari Cempa, Mwangthai Selatan, dtg tahun 1421 dan dikenal sbg Sunan Ampel (Surabaya) mtidak mahutikan Malik Ibrahim yg wafat.

2). Sayyid Ja’far Shodiq, asal Palestina, dtg tahun 1436 dan tinggal di Kudus sehingga dikenal sbg Sunan Kudus, mtidak mahutikan Malik Israil.

3). Syarif Hidayatullah, asal Palestina, dtg tahun 1436 mtidak mahutikan Ali Akbar yg wafat.

Dewan 3 tahun 1463M:

1). Raden Paku/Syeikh Maulana Ainul Yaqin ptidak mahuti ayahnya yg pulang ke Pasai, kelahiran Blambangan, putra dari Syeh Maulana Ishak, berjuluk Sunan Giri dan makamnya di Gresik.

2). Raden Said atau Sunan Kalijaga, putra adipati Tuban bernama Wilatikta, yg kembali ke Parsi.

3). Raden Makdum Ibrahim atau Sunan Bonang kelahiran Ampel, putra Sunan Ampel yg wafat.

4). Raden Qasim atau Sunan Drajad kelahiran Ampel, putra Sunan Ampel yg Aliyyuddin yg wafat.

Dewan 4 tahun 1466M:

1). Raden Patah putra raja Brawijaya Majapahit (tahun 1462 sbg adipati Bintoro, tahun 1465 membangun masjid Demak dan menjadi raja tahun 1468) murid Sunan Ampel, mtidak mahutikan Ahmad Jumadil Kubra yg wafat.

2). Fathullah Khan, putra Sunan Gunung jati, ganti Al Maghrabi yg wafat.

Dewan 5:

1). Raden Umar Said atau Sunan Muria, putra Sunan Kalijaga, yg telah wafat.

2). Syeikh Siti Jenar adalah wali serba kontraversial, dari mulai asal muasal yg muncul dgn berbagai versi, ajarannya yg dianggap menyimpang dari agama Islam tapi smpi saat ini masih dibahas di berbagai lapisan masyarakat, masih ada pengikutnya, smpi dgn kematiannya yg masih dipertanyakan caranya termasuk dimana ia wafat dan dimakamkan.

3). Sunan Tembayat atau adipati Pandanarang ganti Syeikh Siti Jenar.

3). SEMBOYAN WALISONGO: 

Para Walisoongo mempunyai semboyan terakam hingga saat ini adalah:

1). Ngluruk Tanpo Wadyo Bolo/Tanpa pasukan tentera: Berdakwah dan berkeliling kedaerah lain tanpa membawa pasukan. Jgn yakin dgn bnyknya jumlah kita, yakin dgn pertolongan Allah swt.

2). Mabur Tanpo Lar/Terbang tanpa Sayap: Kita bergerak jumpa umat dari org ke org jumpa ke rumah2 mrk. Pergi kedaerah nan jauh walaupun tanpa asbab/sbb yg nampak.

3). Mletik Tanpo Sutang/Meloncat Tanpa Kaki: Pergi kedaerah yg sulit dijangkau spt gunung2 juga tanpa sbb yg kelihatan. Niat utk dakwah keseluruh alam, Allah swt yg berangkatkan kita bukan asbab2 dunia spt harta dsb.

4). Senjoto Kalimosodo: Kemana2 hanya membawa kebesaran Allah swt selalu mendakwahkan kalimat iman, mengajak umat pada iman dan amal soleh. (Kalimosodo: Kalimat Sahadat).

5). Digdoyo Tanpo Aji: Walaupun dimarahi, diusir, dicaci maki bahkan dilukai fisik, perasaan dan mentalnya namun mrk seakan2 spt org yg tidak mempan diterjang bermcm2 senjata. Kita dakwah, Allah swt akan bantu (jika kalian bantu agama Allah, maka pasti Allah akan tolong kalian dan Allah akan menangkan kalian).

6). Perang Tanpo Tanding: Dlm memerangi nafsunya sendiri dan mengajak org lain supaya memerangi nafsunya. Tidak pernah berdebat atau bertengkar. Dakwah dgn hikmah, kata2 yg sopan, ahlak yg mulia dan doa menangis2 pada Allah agar umat yg kita jumpai dan umat seluruh alam dpt hidayah, bukan dgn kekerasan. Nabi saw bersabda yg maknanya kurang lebih: ‘Haram memerangi suatu kaum seblm kalian berdakwah (berdakwah dgn hikmah) kpd mrk”

7). Menang Tanpo Ngesorake/Merendahkan: Mrk ini walaupun dgn org yg senang, membenci, mencibirdll akan ttp mengajak dan akhirnya yg diajak boleh mengikuti usaha agama dan tidak merendahkan, mengkritik dan membanding2kan, mencela org lain bahkan ttp melihat kebaikannya.

8). Mulyo Tanpo Punggowo: Kemuliaan hanya dlm Iman dan Amalan agama bukan dgn bnyknya pengikut. Dimuliakan, disambut, dihargai, diberi hadiah, diperhatikan, walaupun mrk seblmnya bukan org alim ulama, bukan pejabat, bukan sarjana ahli ttp krn menjadi Dai yg menjadikan dakwah maksud dan tujuan hidup, maka Allah swt muliakan mrk.

9). Sugih Tanpo Bondo: Mrk akan merasa kaya dlm hatinya. Keinginan boleh kesmpian terutama keinginan menghidupkan sunat Nabi, boleh terbang kesana kemari dan keliling dunia melebihi org terkaya didunia. Jgn yakin pada harta, kebahagiaan dlm agama, dakwah jgn bergantung dgn harta.

10). Kuncara Tanpo Woro2: Menyebar, terkenal tanpa gembar2, propaganda, iklan2 dsb ertinya bergerak terus jumpa umat, kerja utk umat, kerja utk Agama dgn ikhlas krn mengharap Ridho Allah swt, tidak perlu disiar2kan atau di umum2kan. Allah sajalah yg menilai perjuangan kita.

4). PESAN WALISONGO SUNAN KALIJOGO

1. Yen kali ilang kedunge: Jika sungai sudah mulai kering, jika sumber air sudah mulai kering, maksudnya jika para alim ulama sumber ilmu sudah mulai wafat satu persatu, maka ini alamat bahawa dunia mau dikiamatkan Allah swt. Ulama ditamsilkan spt air yg menghidupkan hati2 manusia yg gelap tanpa hidayah.

2. Yen pasar ilang kumandange: Jika pasar sudah mulai diam, maksudnya jika perdagangan sudah tidak dgn tawar-menawar krn bnyknya mall dan pasar swalayan yg berdiri. Kata org2 tua kita dahulu nya semua pasar memakai sistem tawar menawar sehingga suaranya begitu keras terdgr dari kejauhan spt suara lebah yg mendengung. Ini kalo aku boleh beri istilah adalah adanya kehangatan dlm social relationship dlm masyarakat, tapi skrg sudah hilang, biarpun kita sering ke plasa atau ke supermarket ratusan kali kita tidak kenal para pelayan dan cashier di tmpt itu.

3. Yen wong wadon ilang wirange: Jika wanita sudah tidak punya rasa malu. Tidak menutup auratnya, dsb

4. Enggal-enggal topo lelono njajah deso milangkori ojo bali sakdurunge patang sasi, enthuk wisik soko Hyg Widi: Bermujahadah, susah payah berkelana dlm perjlnan ruhani guna memperbaiki diri atau perjlnan fisabilillah menjelajahi desa2/negara2, menghitung pintu (bersilaturahim) jgn pulang2 seblm selesai program 4 (empat) bln, cari petunjuk, hidayah dan kepahaman agama dari Zat yg Maha Kuasa.

Prof. DR. KH Imam Bukhari Muslim, LC telah memberikan ertikel ttg usaha dakwah para walisongo di nusantara yg diambil dari sumber kitab TARIKHUL AULIA’ iaitu dari kakek buyutnya sendiri Syeikh Maulana Murodi bin Abdulloh bin Husain bin Ibrohim Al-Asy’ari, sekitar 421 tahun yg lalu.

No comments:

Post a Comment