Monday, February 16, 2015

MAULANA IFTIKHAR HASAN AL KHANDAHLAWI AL HINDI

Madzhab Fiqih: Hanafi. Tareqat: Al Qadiriyah. Beliau lahir pada tahun 1340 di Khandahla, Desa Mudhaffar Nagar. Belajar ilmu dasar di kampungnya sendiri yaitu Mudhaffar Nagar, kemudian melanjutkan pelajaran ke Madrasah Madhahirul Ulum Saharanpur, Menyelesaikan program belajar pada tahun 1363 H ketika berusia 23 tahun.

Membaca setengah dari Shahih Bukhari Kepada Maulana Muhammad Zakariya Al Khandahlawi dan setengah sisanya kepada Maulana Abdullatif Burqadhuwi. Membaca Sempurna Shahih Muslim dan Muwatha kepada Asadullah Al Ramphury. Membaca sempurna Sunan Abu Dawud keapad Maulana Zakariya Khandahlawi. Membaca sempurna Sunan Tirmidzi , Symail, Syarh Maaniyal Atsar kepada Maulana Abdurrahman Kamilpury. Membaca sempurna Sunan Nasai , Ibn Majah , Muwatha Muhammad kepada Maulana Abdusyakur Kamilpury. Membaca sempurna Misykat kepada Maulana Said Ahmad Al Ajrarawi.

Membaca Fiqih Hanafi Al Hidayah dan Wiqayah kepada Maulana Abdusyakur Kamilpury. Membaca Tafsir jalalin dan Tafsir Baidhawy kepada Maulana Zakariya Ganggohi. Meriwayatkan dengan sanad yang tinggi secara ijazah kitab Hishnul Hashin dari Maulana Alaauddin Falty yang mana beliau membaca kitab tsb kepada Fadhlurrhman Murad Abadi dan juga sy falty memberikan ijazah kutub sittah. Juga beliau meriwayatkan dari Maulana Saadat Khan yang meriwayatkan dari Abdurrahman Bani baty.

Dan juga beliau mendapatkan ijazah Hisnul Hashin dari Maulana Ilyas Al Khandahlawi (jamaah tabligh) yang mana di antara guru Maulana Ilyas adalah Mahmud Hasan Deobandy dan Rasyid Ahmad Ganggohi. Kemudian beliau Mengajar di Madrsah Nusratul Islam di Khandahla yang di asas oleh Maulana Rasyid Ahmad Ganggohi, beliau mengajar fiqh Hanafi dan Shahih Al Bukhary. Maulana Iftikhar Hsan tidak banyak mengajar hadits , tapi lebih cenderung ke tafsir, beliau selama 50 tahun mengajar tafsir.

Sekarang ini beliau tinggal di Khandahla dan semua orang khandahla mengenal beliau, beliau tinggal di kawasan ulama ulama besar lahir di sana, bersebelahan dengan rumah Maulana Ilyas Al Khandahlawi, Maulana Yusuf Al Khandahlawi, Maulana Zakariya Al Khandahlawi, Maulana In'amul Hasan Al Khandahlawi.

No comments:

Post a Comment