Monday, February 16, 2015

SEKADAR JAWAPAN

Ini sekedar jawaban Hamba Alloh yg sangat mencintai Maulana M Saad bin Maulana Harun bin Maulana Yusuf bin M Moh. Ilyas bin M Ismail (Daamat Barokaatuhum) walaupun hamba belum bisa sepenuhnya menunaikan takaza2 beliau. Tadi ada seseorang yg menanyakan perihal tuduhan sesat kpd M Saad di dikarenakan beliau pernah bayan bahwa tdk sah sholat org yg bawa hp dan org yg baca al quran di Hp sama kayak baca al quran di toilet.

Maka saya jawab:

1. Maulana Saad itu di India masyhurnya bukan sebagai seorang Mufti Fiqih (walaupun beliau sendiri sangat-sangat alim juga dalam masalah fiqih Hanafy). Tetapi beliau seorang Da'i, wali Alloh, ulama sufy, org yg sangat2 alim, Pimpinan jamaah tabligh, ahli qurban utk agama dn lahir dari keluarga yg ahli qurban pula dan… Sedangkan di IPB org yg layak berfatwa dan menjadi rujukan fatwa adlh cuma MUFTI. Maka Maqolah dan Wejangan M Saad di atas jangan di difahami sebagai fatwa fiqih dhohir, tetapi fahamilah dgn pandangan fiqih yg lebih tinggi lagi, yaitu fiqh ruhani/fiqih akbar. Fahamilah Maqolah diatas sebagai nasehat seorang Da'i dan wali Alloh yg sedang risau terhadap kondisi ummat yg sdh banyak dibuat lalai oleh HP, sehingga sholat pun tdk bisa tawajuh dn tdk khusyu' 

Sedangkan diantara maksud sholat adlh menarik nusrotulloh ghoibiyyah, dan itu hanya didapatkan kalau sholat kita ini betul-betul khusyu, yg ada dlm hati cuma Alloh saja  Dan ini sangat sulit di dapatkan ktk HP ada di kantong baju kita apalagi posisi on.  Coba kalian rasakan dari hati nurani yg jernih akan SANGAT TERASA BEDA sholat dgn mengkantongi HP di saku dgn sholat tanpa bawa hp sama sekali (yakni hp di tinggal dirumah). Jadi maksud M Saad: Sholat seseorang dgn bw Hp sehingga dia tdk bisa khusyu itu tdk akan mendatangkan apa yg di maksud dari sholat tsb yaitu nusrotulloh ghoibiyyah, mk seolah olah batal sholatnya.

Dan Nasehat yg semacam ini sdh ada dalam kitab kitab ulama terdahulu, contoh:

1). Cerita Imam Ghozali dikala beliau masih muda. Suatu hari beliau jadi imam sholat di masjidnya dan salah satu makmumnya adlh saudara kandung beliau yg bernama Ahmad. Mereka di tengah-tengah sholat tiba2 Syeh Ahmad ini mufaroqoh dari jamaah dan sholat sendiri. Maka usai sholat Imam Ghozali (yg kala itu masih muda dlm tahap belajar) bertanya kpdnya: knp kamu memisahkan diri dari sholat jamaah?

Maka saudaranya td menjawab: Krn sholat kamu batal.
Imam Ghozali seraya kaget bertanya lagi: Laa sebabnya apa kok batal ?
Krn kamu telah membawa darah di tengah-tengah sholat, jawabnya.
Mk imam ghozali mengelak: mana darahnya, Ini semua pakaianku bersih.
Saudaranya menjelaskan: bhw ktk kamu sholat tadi fikiranmu sedang memikirkannya bab masail HAID. Mk batal sholat kamu.

Coba lihat cerita diatas, apakah imam ghozali menyalahkan saudaranya dan menghukumi sesat?
Tidak, justru beliau kagum kpd saudaranya lalu bertanya: dr mana anda belajar ilmu seperti ini? Dia jawab: dari tukang sol sepatu di pinggir jalan anu. Maka akhirnya imam ghozali pun belajar dari guru sufy yg ditunjukkan oleh saudaranya tadi dan beliau merasakan perubahan yg luar biasa pada ruhaniyahnya. (Seingat saya dari kitab Syarah bidayatul hidayah)

2). Cerita Imam Ahmad bin Hambal. Suatu hari beliau bertanya salah gurunya yg ahli Sufy yg bekerja sebagai penggembala kambing (saya lupa namanya) : Syeh bagaimana hukumnya org sholat lalu lupa bilangan rokaatnya? Maka spontan org tua tadi membentak Imam Ahmad dgn suara yg keras dn marah: Sholat menghadap Alloh kok lupa!!  Maka spontan Imam Ahmad pun pingsan krn takutnya kpd Alloh swt.

Apakah imam ahmad menilai gurunya tadi sesat?  Sama sekali tdk, malah beliau ambil pelajaran bhw org yg sholat, sdg menghadap Alloh swt, merasakan keagungan Alloh, memang sangat tdk pantas kok dia bisa lupa dari Alloh swt. Terkadang apa yg difahami ulama ahli sufi itu jauh diatas pemahaman fiqih dhohir. (Sumber dari Al Mafhum Romo Kyai mengenai Fiqhul Akbar).

3). Begitu pula mengenai bc al quran di HP. Secara hukum fiqih memang tdk salah. Tetapi coba kita rasakan sama2, apakah ta'dzim kita dgn al quran yg ada di Hp sama seperti ta'dzim kita kpd mushaf? Tentu berbeda. Bagaimana rasa hati kita jkt kita membaca alquran dari layar yg sama yg biasa kita gunakan utk browsing internet membaca macam2 gambar yg tak jelas bahkan sebagian gambar MAKSIAT.

Maulana Saad (Daamat Haromain) tdk ingin ta'dzim kita kpd Al Quran Kalamulloh berkurang berkurang gara2 kita membacanya lewat Hp. Itulah sifat yg beliau warisi dari kakek beliau yg mulia: Maka saya sendiri sebetulnya sangat tdk setuju kalau ada ustadz mengajar dgn membawa laptop walaupun saya sendiri juga masih menggunakan laptop. Krn jelas ta'dzim dgn ilmu akan berkurang. Semoga Alloh swt membimbing kita semua ke jalan yg di ridhoiNya. Hamba Alloh Al Muhajir.

No comments:

Post a Comment