Di dalam Kitab Maghnathisul Qabul Fil Wushul Ilaa Rukyati Sayyidinar Rasul saw (Maghnatis: Risalah Cara Berjumpa Rasulullah s.a.w) karya dari Sayyid Hasan Muhammad Syiddad ba Umar. Pengantar kitab ini adalah Habib Abdurrahman bin Syech Al-Atthas, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Masyhad, Sukabumi. Kitab yang sangat bagus kerana diberi sambutan/ rujukan oleh beberapa ulama besar.
Diantaranya: Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Asseqaf, Al-Habib Ahmad Masyhur Al-Haddad, Al-Habib Abu Bakar bin Ali Al-Masyhur, Al-Habib Hasyim Al-Idrus, Al-Habib Abdul Qadir Jilani bin Salim Al-Khird, As-Sayyid Abdur Rahman bin Ahmad Al-Kaff, As-Sayyid Ali bin Abdullah bin Husein Asseqqaf, As-Sayyid Muhammad bin said bin Al-Baidh, As-Syekh Husein Shaleh Al-Masibily, As-Syekh Abdur Rahiim Syekh Ali Musa, As-Syekh Abdullah Sirajuddin, As-Syekh Musa Abduh Yusuf, As-Syekh Shaleh Al-Syekh Al-Abbassy, As-Syekh Ahmad Al-Badawi bin Usman Al-Barawy.
Beliau2 diatas menyatakan bahwa Kitab ini adalah satu kitab yg terjamin ke shahihannya dan berdasarkan dalil yg kuat juga dari Ijazah yg bersambung secara berantai sanadnya. Merupakan pedoman bagi para Muhibbin yg bercita2 utk dpt bertemu dgn Rasulullah s.a.w. Perangkum kitab ini merangkumnya kedlm tiga bahasan pokok dlm merajut kecintaan dan menjalin keterpautan hati kpd Nabi s.a.w secara sistematis berdasarkan Al- Quran, Sunnah,dan wacana para salaf dan khalaf melalui pengamalan selawat. Perjumpaan yg dimaksud adalah dgn melalui mimpi dan diharapkan berlanjut ke alam nyata. Mimpi merupakan yg pertama nampak dari wahyu kenabian kpd Rasulullah s.a.w sebagaimana yg diterangkan dalam hadist yg diriwayatkan oleh Bukhari dlm shahihnya pada bahasan Tabir dan oleh Muslim pada bahasan Al-Imam. Kata RU’YAH digunakan utk mimpi yg disukai, sedangkan kata HULUM utk mimpi yg tidak disukai. Terkadang kata Ru’yah digunakan utk keduanya. Dlm Hadist yg diriwayatkan oleh Bukhari Muslim pada bahasan itu- dari Abu Qatadah bahwa Nabi s.a.w bersabda: “Ru’yah yg benar berasal dari Allah dan Hulum yg buruk berasal dari Syetan.”
Sayyid Allamah Abdullah bin Alwi Al-Haddad Ra pernah ditanya tentang Ru’yah dan beliau mengatakan, ”Mimpi adalah bagian dari kenabian dan memiliki alam tersendiri, malah mimpi merupakan dinding pemisah antara kasyf yang bersifat batin dengan kesadaran (yagdhah) yang bersifat zhohir”. Kewalian biasanya diawali dgn mimpi sebagaimana yg di awali oleh Rasulullah s.a.w pada awal kenabian. Namun tidak setiap mimpi yg diawali oleh seseorang bersifat demikian. Org yg suka mencampur adukkan yang haq dengan yang batil kecil kemungkinannya untuk mendapatkan mimpi yang benar (Shidig). Syarat bermimpi yang benar adalah bersikap jujur dan menjauhkan diri dari khayalan2 buruk.
Allah memuliakan para pecinta Nabinya dgn kemampuan melihat Rasulullah s.a.w ketika tidur sebagai perwujudan dari mengutamakan dan memuliakan baginda adalah pangkat yg paling agung yg didambakan dan diharapkan oleh setiap insan yg mencintai beliau. Sesuai dgn sabda Nabi s.a.w, “Tidak beriman (dgn sempurna) satu diantara kamu, sehingga aku lebih dicintainya dari pada dirinya sendiri, anaknya, org tuanya dan setiap manusia.” Setelah Allah menganugerahi para pecinta dgn kemampuan melihat Nabi-NYA s.a.w dikala tidur, kedudukan mereka menjadi tinggi dgn memperbanyak bacaan selawat dan salam sambil mengikuti jejak beliau yang sempurna, sehingga Allah Yang Maha Mulia memberi mereka keutamaan.
Mereka mampu melihat beliau dan berkumpul bersama beliau dalam keadaan terjaga. Itulah yang termasuk pangkat yang tinggi dan derajat yang agung. Sebagaimana sabda beliau s.a.w, ”Barangsiapa melihat aku diwaktu tidur maka dia benar-benar melihat aku, kerana sesungguhnya setan tidak mampu menyerupai aku”. (Sungguh benar Nabi shallallahu alaihi was salam yang benar dan dibenarkan). Setelah itu beliau memberi kabar gembira kepada kita: “Barangsiapa melihat aku diwaktu tidur, maka dia akan melihat aku di waktu terjaga atau (dia seakan2 melihat aku di waktu terjaga) setan tidak dapat menyerupai aku”. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi). Diantara syarat2 Mahabbah kepada Rasul s.a.w adalah Taqwa dan Istiqomah yang sempurna. Kerana merupakan azaz yang kokoh dalam semua amal ibadah disamping niat yang benar dengan ikhlas. Didalam mengikuti jejak rasul s.a.w ada 3 faedah yg besar dan agung:
* Dicintai Oleh Allah SWT.
* Taat kepada Rasulullah s.a.w.
* Diampuni dosa-dosanya.
Tersebut didalam kitab Mafatihul Mafatih: Barangsiapa boleh bermimpi melihat Rasulullah s.a.w dikala tidur, maka dia akan mendapatkan Husnul Khotimah dan syafaat beliau, mendapatkan surga dan Allah mengampuninya serta kedua orang tuanya- jika keduanya muslim. Dia termasuk yang mengkhatamkan Qur’an sebanyak 12 kali, sakaratul maut terasa ringan baginya, siksa kubur dihilangkan dari padanya, diselamatkan dari kesulitan da hari kiamat dan tercapai hajatnya didunia dan akhirat dengan kasih sayang dan karunia-Nya. Ketahuilah bahwasanya mimpi melihat baginda adalah Haq. Mimpi adalah suatu keterbukaan yg tidak boleh terjadi kecuali dgn hilangnya penutup / Hijab dari hati. Oleh kerana itu tidak boleh dipercaya kecuali mimpi seseorang laki-laki shaleh dan benar ucapannya. Adapun orang yang banyak kebohongannya, tidaklah benar mimpinya. Orang yang banyak kerusakan dan perbuatan maksiatnya akan gelap hatinya, sehingga apa yang dilihatnya adalah bunga2 tidur.
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya org yg diberi Taufiq oleh Allah s.w.t dan dimuliakan dgn melihat Nabi s.a.w, terkadang dia melihat beliau dlm bentuk2 yg banyak. Hal ini kembali kpd perilaku org yg melihat beliau, kerana perobahan tingkah lakunya, istiqomahnya, dan khaufnya kpd Allah, disertai cara2 menunaikan ibadah2 fardu dgn benar. Apabila amalan org yg melihat Rasul s.a.w baik, maka baik pula baginya bentuk dan rupa beliau. Terkadang beliau nampak dgn sifat2 yg dimilikinya, sekalipun demikian beliau diatas segala sifat2 itu dari kebagusan, kesempurnaan, kedermawanan, cahaya dan rahasia beliau yg merupakan sifat2 Mulia yg tidak diketahui kecuali Allah s.w.t. Orang yang berkeinginan untuk melihat Rasulullah s.a.w wajib menambah:
1. Sikap merendahkan diri kepada Allah swt.
2. Beradab bersama Rasulullah s.a.w.
3. Memandang sesuatu sesuai yg disenangi dan diredhai oleh Allah dan RasulNya.
4. Menjauhi semua tempat yang tidak di Ridhai oleh Allah dan Rasul-NYA.
Dan berikut ini adalah contoh beberapa faedah untuk tujuan yang dimaksud, maka bangun dan berjuanglah, ambillah dia untukmu dan semoga kita dapat menyaksikan Ke Maha Murahan dan Ke Maha Agungan Allah yang Maha Penolong dan pemberi Taufiq. Faedah beberapa surah di dalam Al-Qur’an untuk tujuan berjumpa (Mimpi) kepada Rasulullah s.a.w.
1. Surah Al-Kautsar: Baca dimalam hari 1000 kali, maka dia akan bermimpi melihat Nabi s.a.w.
2. Surah Al-Muzammil: Baca sebanyak 41 kali. Maka dia pasti akan melihat beliau s.a.w.
3. Surah Al-Qodr: Dibaca pd malam Jumaat 1000 kali maka dia tidak akan mati seblm melihat Nabi s.a.w.
4. Surah Al- Qurays: Dibaca malam jum’at 1000 kali, kemudian tidur dalam keadaan suci maka dia akan melihat Nabi s.a.w didalam tidurnya dan tercapai maksud serta tujuannya.
5. Surah Al-Ikhlas: Riwayat Ibnu Abbas: Dibaca malam hari 1000 kali, maka dia akan melihat Nabi s.a.w didalam tidurnya.
6. Dibahagian lain Ibnu Abbas menerangkan: “Barangsiapa yg melaksanakan solat 2 rakaat pada malam jumaat, pada setiap rakaatnya setelah fatehah membaca Surah Al-Ikhlas 25x stlh itu bada solat membaca selawat dgn sighat ini: Shollallaahu Alaa Sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil Ummi (1000x). Maka tidak akan sempurna jum’at yg akan dtg kecuali dia melihat Nabi s.a.w diwaktu tidurnya. Jika dia dpt melihat Nabi s.a.w maka Allah swt akan mengampuni dosa2nya. (kesemua cara di atas dpd Mujarab Sahih).
Faedah beberapa selawat pendek An-Nabi s.a.w:
1) Selawat Nur: Bismillahir rahmanir rahiim… Allaahumma innii as-aluka bi nuuril anwaaril ladzii huwa ‘ainuka laa ghoiruka an turiyanii wajha nabiyyika sayyidinaa Muhammadin sholallahu ‘alaihi wa aalihi wassallama kamaa Huwa ‘indaka. Sighat selawat tersebut dibaca 100 kali. (Ini Mujarab)
2) Selawat Ummi: Bismillahir rahmanir rahiim… Allaahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummi. (1000 kali). Caranya: Solat sunah dua rakaat pada malam jum’at. Dalam setiap rakaatnya membaca ba’da al-fatehah: Ayat Qursy.1x dan Surah Al-Ikhlas 15 kali. Setelah salam membaca selawat tersebut diatas 1.000 kali. (Mujarab)
3) Selawat Syekh Abbu Abbas Al-Mursy Ra.: Bismillahir rahmanir rahiim… Allaahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin ‘abdika wa nabiyyika wa rasuulikan nabiyyil ummi wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim. 500 kali. Berkata Syekh Abbu Abbas Al-Mursy Ra: “Barang siapa membaca secara rutin sighat selawat tersebut dalam sehari semalam sebanyak 500 x, maka dia tidak akan mati sebelum berkumpul bersama Nabi s.a.w dialam nyata (terjaga).” Syekh Yusuf An- Nabhani menambahkan dan menerangkan: Apabila selawat tersebut berfaedah untuk melihat Nabi s.a.w dialam nyata, tentunya selawat tersebut lebih berfaedah lagi untuk melihat beliau didalam tidur”. (Ini Mujarab)
4) Selawat Sayyid Jamaludin Abu Mawahib Asy-Syadzily Ra.: Beliau adalah termasuk org2 pilihan yang agung. Beliau berkata, ”Saya pernah melihat Rasulullah s.a.w didalam tidur, lalu baginda berkata kepadaku “Bacalah olehmu ketika hendak tidur…
Bismillahir rahmanir rahiim. 5x
A’udzubillahi minasy-syaithonnir rajiim. 5x
Allaahumma bihaqqi Muhammadin arinii wajha Muhammadin haalaan wa maalaan. 5x
Artinya: Yaa Allah dengan kebenaran Nabi Muhammad s.a.w. perlihatkanlah kepada saya wajah Nabi Muhammad s.a.w. sekarang dan nanti (diakhirat).
“Apabila engkau membacanya ketika hendak tidur, maka aku akan mendatangimu dan aku tidak akan meninggalkanmu sama sekali”. Lalu beliau menuturkan “alangkah indahnya bentuk bacaan ini dan juga artinya bagi org yg mempercayai nya, terlebih lagi jika engkau menambahinya dgn bacaan selawat dan salam kepada Nabi s.a.w”. (Ini Mujarab Shohih).
5) Selawat Rahmat.: Penulis kitab ini Sayyid Hasan Muhammad syiddad ba Umar mengatakan telah memperoleh ijazah dari Guru beliau Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Smith- dan beliau berkata: “Sesungguhnya Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy Ra berkata: “Barang siapa banyak membaca sighat selawat yang berkah ini maka dia akan melihat An-Nabi s.a.w”. Inilah sighat selawat yang dimaksud: Bismillahir rahmanir rahiim… Allaahumma sholli wa sallim ’alaa Sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa Muhammad miftaahi baabi rohmaatillah, ‘adada maafii ‘ilmillah, sholaatan wa salaaman daa-imaini bidawamii mulkillah”. Dan beliau- Sayyid Hasan Muhammad syiddad ba Umar mengatakan telah memperoleh sighat selawat yang sama dari Al-Habib Hasan bin Abdullah Asy-Syatthiri diawal perjumpaan beliau di Raudhah yang mulia di Masjid Madinah Al-Munawarrah.
6) Tambahan dari alfaqir: Barangsiapa membaca shalawat ruhi ini minimal 100x setiap harinya dan pada malam jum’at 1000x maka ia akan bermimpi ketemu Nabi Muhammad.
اللهم صل على روح سيدنا محمد فى الارواح, و على جسده فى الاجساد, و على قبره فى القبور
Allaahumma sholli ‘alaa ruuhi sayyidinaa muhammadin fil- arwaahi, wa ‘alaa jasadihi fil-ajsaadi, wa ‘alaa qobrihi fil- qubuuri. (Artinya: Ya Allah limpahkanlah shalawat kepada ruh sayyidina Muhammad di alam ruh, kepada jasadnya di alam jasad dan kepada kuburnya di alam kubur)
Imam Syarany berkata: “Nabi Muhammad telah bersabda: barangsiapa mengucapkan shalawat atasku dengan cara yang dikemukakan dalam selawat ini (selawat ruhi di atas), maka ia akan melihatku di dalam mimpi, barangsiapa melihatku didalam mimpinya maka ia akan melihatku di Hari Kiamat, barangsiapa melihatku di Hari Kiamat maka aku akan memberikan syafaat, dan barangsiapa yang aku beri syafaat niscaya ia akan meminum dari telagaku dan diharamkan Allah jasadnya dari neraka”.
7) Juga dikatakan barangsiapa membaca syair burdah pada bait ke 8 ini:
والحب يعترض اللذات بالالم نعم سرى طيف من اهوى
فارقني
فارقني
Na’am saroo’ thoifu man ahwaa’ fa-arroqonii * wal-hubbu ya’taridhul-ladzaati bil-alami. (Artinya: “Memang terlintas dirinya dlm mimpi hingga kuterjaga. Tak hentinya cinta merindangi kenikmatan dgn derita). Diamalkan setelah habis solat isya sebanyak2nya dengan penuh kerinduan dengan Nabi Muhammad s.a.w dan sampai ia tertidur maka Insya Allah ia akan bermimpi ketemu Nabi Muhammad s.a.w.
8) Amalan ini saya dapat dari Al-Habib Ahmad bin Novel Bin Jindan untuk dapat bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad s.a.w, amalan ini dibaca 300x sebelum tidur. Ini amalannya:
ليته خصني برؤية وجه زال عن كل من رآه الشقاء
Laitahu khoshshinii biru’yati wajhin zaala ‘an kulli man ro- aahusy-syaqoo’u. 300 kali.
9) Amalan shalawat ini juga dikatakan boleh untuk bermimpi ketemu Nabi s.a.w. bila dibacanya, shalawat ini dibaca 100x yang sebelumnya mengerjakan solat sunnah 2 roka’at. Ini shalawatnya:
يا نور النور يا مدبر الامور بلغ عني روح سيدنا محمد و
ارواح آل سيدنا محمد تحية و سلاما
ارواح آل سيدنا محمد تحية و سلاما
Yaa nuuran-nuuri yaa mudabbirol-umuuri balligh ‘annii ruuha sayyidinaa muhammadin wa arwaaha aali sayyidinaa muhammadin tahiyyatan wa salaaman. (Artinya: “Ya Allah sumber pancaran nur, Ya Allah Tuhan yang mengatur semua perkara, semoga Engkau sampaikan daripadaku salam dan tahiyat kepada Ruh Nabi Muhammad s.a.w dan ruh keluarga Nabi Muhammad s.a.w). 100 kali.
Hadits-hadits berkenaan dengan mimpi ketemu Nabi Muhammad s.a.w.
حَدََّثَنَا عَبْدَانُ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ عَنْ يُونُسَ عَنْ الزُّهْرِيِّ حَدَّثَنِي
أَبُو سَلَمَةَ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
أَبُو سَلَمَةَ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
يَقُولُ مَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَسَيَرَانِي فِي الْيَقَظَةِ وَلَا يَتَمَثَّلُ
الشَّيْطَانُ بِي قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ قَالَ ابْنُ سِيرِينَ إِذَا رَآهُ فِي
صُورَتِهِ
الشَّيْطَانُ بِي قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ قَالَ ابْنُ سِيرِينَ إِذَا رَآهُ فِي
صُورَتِهِ
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdan telah mengabarkan kepada kami Abdullah dari Yunus dari Az Zuhri telah menceritakan kpdku Abu Salamah, bahwasanya Abu Hurairah mengatakan, aku mendengar Nabi s.a.w bersabda: “Barangsiapa melihatku dalam tidur, maka (seakan-akan) ia melihatku ketika terjaga, (kerana) setan tidak boleh menyerupaiku.” Abu Abdullah mengatakan, Ibnu Sirin mengatakan; ‘Maksudnya jika melihat beliau dengan bentuk (asli) beliau.’ (HR. Bukhori No. 6478, Ibnu Majah No.3895)
حَدَّثَنَا مُعَلَّى بْنُ أَسَدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُخْتَارٍ حَدَّثَنَا
ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ
ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ مَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِي فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَخَيَّلُ
بِي وَرُؤْيَا الْمُؤْمِنِ جُزْءٌ مِنْ سِتَّةٍ وَأَرْبَعِينَ جُزْءًا مِنْ النُّبُوَّةِ
بِي وَرُؤْيَا الْمُؤْمِنِ جُزْءٌ مِنْ سِتَّةٍ وَأَرْبَعِينَ جُزْءًا مِنْ النُّبُوَّةِ
Telah menceritakan kepada kami Mu’allaa bin Asad telah menceritakan kepada kami ‘Abdul ‘Aziz bin Mukhtar telah menceritakan kepada kami Tsabit Al Bunani dari Anas r.a mengatakan, Nabi s.a.w bersabda: “Siapa melihatku dalam mimpi, berarti ia telah melihatku, sebab setan tidak boleh menjelma sepertiku, dan mimpi seorang mukmin adalah sebagian dari 46 bagian kenabian.” (HR. Bukhori No.6479)
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ حَدَّثَنِي ابْنُ الْهَادِ
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ خَبَّابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى
اللَّهُ
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ خَبَّابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى
اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَآنِي فَقَدْ رَأَى الْحَقَّ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا
يَتَكَوَّنُنِي
يَتَكَوَّنُنِي
Telah menceritakan kpd kami Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kpd kami Al Laits telah menceritakan kepadaku Ibnul Al Had dari Abdullah bin Khabbab dari Abu Sa’id Al Khudzri, ia mendengar Nabi s.a.w bersabda: “Barangsiapa melihatku, berarti ia telah melihat yang sebenarnya, sebab setan tak boleh menjelma sepertiku.” (HR. Bukhori No.6482)
حَدََّثَنَا أَبُو الرَّبِيعِ سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الْعَتَكِيُّ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ
يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ وَهِشَامٌ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
قَالَ قَالَ
يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ وَهِشَامٌ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
قَالَ قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَقَدْ
رَآنِي فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ بِي
رَآنِي فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ بِي
Telah menceritakan kpd kami Abu Ar Rabi’ Sulaiman bin Dawud Al ‘Ataki; Telah menceritakan kepada kami Hammad yaitu Ibnu Zaid; Telah menceritakan kpd kami Ayyub dan Hisyam dari Muhammad dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah s.a.w bersabda: “Brg siapa bermimpi melihatku dlm tidurnya, maka sesungguhnya dia benar2 melihatku; kerana syaitan itu tidak dpt menyerupai bentukku.” (HR. Muslim)
حَدََّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ حَدَّثَنَا عَاصِمُ بْنُ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ
رَآنِي
أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ
رَآنِي
فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِي فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ بِي وَقَالَ ابْنُ
فُضَيْلٍ مَرَّةً يَتَخَيَّلُ بِي فَإِنَّ رُؤْيَا الْعَبْدِ الْمُؤْمِنِ الصَّادِقَةَ
الصَّالِحَةَ
فُضَيْلٍ مَرَّةً يَتَخَيَّلُ بِي فَإِنَّ رُؤْيَا الْعَبْدِ الْمُؤْمِنِ الصَّادِقَةَ
الصَّالِحَةَ
جُزْءٌ مِنْ سَبْعِينَ جُزْءًا مِنْ النُّبُوَّةِ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudlail telah menceritakan kepada kami ‘Ashim bin Kulaib dari bapaknya dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah s.a.w bersabda: “Barangsiapa melihatku di dalam mimpi sungguh dia telah melihatku (yang sebenarnya), kerana sesungguhnya setan tidak boleh menyerupai aku” -Ibnu fidloil berkata: “menghayalkan aku-, Sesungguhnya mimpi seorang mukmin yang benar adalah satu bagian dari 70 bagian kenabian.” (HR. Ahmad No.6871, At-Tirmidzi No.2202)
Dan masih banyak dalil-dalil lainnya tentang kebenaran seseorang dapat bermimpi ketemu Nabi Muhammad s.a.w. Alfaqir ijazahkan amalan2 ini bagi siapa saja yang mau mengamalkan amalan2 ini.
No comments:
Post a Comment