Saturday, February 22, 2014

FADHILAT SURAT AT-TAUBAH AYAT: 128-129

Salah satu fadhilah keutamaan Surah At Taubah ayat 128-129: 

Laqod jaa akum rosuulum min anfusikum azii zun alai himma anit tum harii shun alaikum bil mu’miniina ro uufur rohiim.fa in tawal law faqul hasbiyallaahu, laa ilaaha illa huwa alaihi tawak kaltu wa huwa robbul arsyil a zhiim (7x baca)

Artinya : “Telah datang kepadamu seorang Rasul dari kalanganmu sendiri, ia tak senang kamu memikul hal hal yang memberatkanmu, ia sangat mengharap ke sentosaanmu, ia sangat penghiba dan penyayang terhadap semua orang mu’min. jika meraka berpaling, maka katakanlah: Allah cukuplah bagiku, tak ada Tuhan selain dari pada Nya kepada Nya aku bertawakal dan dialah Tuhan yg mempunyai Arasy yg besar”.

Penjelasan: Menurut Ibnu Sunny ra, Rasulullah Saw pernah bersabda: ” Barang siapa membaca ayat 129 surah At Taubah setiap pagi dan petang hari sebanyak 7 kali, niscaya Allah akan memenuhi keperluannya baik untuk urusan dunia maupun urusan akhirat”.

Syeikh As Sayyid Muhammad Haqqi An Nazili ra di dalam kitab Khazinatul Ashar menerangkan keistimewaan ayat ini, bahwa barangsiapa yang setiap hari membaca ayat ini sebanyak 7 kali sesudah solat fardu, maka:

~ jika seseorang yang lemah, dia akan menjadi kuat.
~ jika dia seorang yang hina, dia akan menjadi mulia.
~ jika dia seorang yang kalah, maka akan segera mendapatkan pertolongan.
~ jika seorang yang berkesempitan, maka dia akan mendapatkan kelapangan.
~ jika dia seorang yang berhutang, maka akan segera dapat membayar.
~ jika dia seorang yang dalam kesusahan, maka akan hilang kesusahannya.
~ jika dia seorang yang sulit dalam kehidupan, maka akan segera mendapatkan lapangan kehidupan.

1). Untuk mengubati patah tulang. Dari Muhammad bin Ka’ab r.a beliau bercerita: “Ada sebuah pasukan perang telah di kirim menuju arah Romawi. Tiba-tiba salah seorang dari mereka telah terjatuh dari kuda nya sehingga menyebabkan tulang pahanya patah. Kerana pasukan merasa tidak mampu utk membawa laki-laki tersebut (akhirnya mereka meninggalkannya), kemudian menambatkan kuda miliknya di dekatnya dgn meninggalkan sedikit perbekalan berupa makanan dan minuman untuknya. Ketika mereka telah pergi meninggalkannya sendirian, tiba-tiba datanglah seseorang menuju ke arahnya, kemudian dia bertanya: “Mengapa kamu di sini?” Maka laki-laki itupun menjawab: “Tulang pahaku patah, akhirnya aku di tinggal kan sendirian oleh teman2ku”. Maka orang tadi berkata lagi: “Letakkanlah tanganmu di tempat di mana kamu merasakan sakit ! Kemudian ucapkanlah doa ini: (surat At-Taubah ayat:129)”. Maka diapun meletakkan tangannya, lantas membaca ayat tersebut dan ternyata dia langsung sembuh di tempat itu juga dan langsung mengendarai kudanya dan akhirnya diapun boleh mengejar teman2nya( HR Abu Syaikh)

2). Tidak akan di timpa kesusahan, aman dari perompakan dan di selamatkan dari terhanyut di dalam air. Dari Hasan Basri rah.a berkata: “Barangsiapa pada waktu pagi hari membaca (surat At-Taubah ayat:129) sebanyak 7 kali, maka pada hari itu sekaligus malam harinya, dia tidak akan di timpa kesusahan, perompakan dan hanyut (tenggelam) dalam air. (HR Ibnu Najjar).

3). Allah Taala akan menyelesaikan seluruh permasalahan yang menyusahkannya baik urusan dunia maupun urusan akhirat. Dari Abu Darda r.a Rasulullah s.a.w bersabda: “Barangsiapa pada waktu pagi hari dan petang hari membaca: (surat At-Taubah ayat:129) sebanyak 7 kali, maka Allah Taala akan menyelesai kan seluruh permasalahan yang menyusahkannya (ya’ni baik urusan dunia maupun akhirat). Sama saja dia mengucapkan kalimat tersebut dengan sungguh2 ataupun tanpa ada kesungguhan”. (HR Abu Daud)

4). Di selamatkan dari mati tertimpa bangunan, tenggelam, terbakar dan pukulan besi. Dari Muhammad bin Bakkar rah.a, beliau berkata: “Barangsiapa selalu membaca ayat: (At-Taubah ayat:128-129), maka dia tidak akan mati dalam keadaan tertimpa bangunan, tenggelam, terbakar dan pukulan besi”. (Kitab Ihya-Takhrij Syekh Iraqi).

No comments:

Post a Comment