Thursday, February 6, 2014

INILAH 7 TUJUH BUAH2AN YG DISEBUT DLM AL-QURAN

Terdpt bnyk hal di dlm Al-Quran yg kalau di kupas tuntas tidak akan ada habisnya, namun kali ini kami akan membahas mengenai nama beberapa buah yag disebutkan dlm Al-Quran, 7 buah tersebut adalah Buah Khuldi, Buah Anggur, Buah Tin, Buah Zaitun, Buah Pisang, Buah Delima dan Buah Kurma, Selengkapnya di bwh ini:

1. Buah Khuldi: 

Buah Khuldi adalah buah terlarang dari syurga yg telah menyebabkan Nabi Adam a.a dan Siti Hawa kita diturunkan dari syurga akibat memakan buah ini. Spt apa yg telah tertulis dlm Al-Quran. Allah berfirman :

فَدَلَّىٰهُمَا بِغُرُورٍ ۚ فَلَمَّا ذَاقَا ٱلشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْءَٰتُهُمَا 

وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِن وَرَقِ ٱلْجَنَّةِ ۖ 

وَنَادَىٰهُمَا رَبُّهُمَآ أَلَمْ أَنْهَكُمَا عَن تِلْكُمَا

ٱلشَّجَرَةِ وَأَقُل لَّكُمَآ إِنَّ ٱلشَّيْطَٰنَ لَكُمَا عَدُوٌّ مُّبِينٌ

“Maka syaitan membujuk keduanya dgn tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat2nya dan mulailah keduanya menutupinya dgn daun2 syurga. Kemudian Tuhan mrk menyeru mrk: “Bukankah Aku tlh melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kpdmu: “Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yg nyata bagi kamu berdua?” (QS Al-Araaf:22)

فَوَسْوَسَ إِلَيْهِ ٱلشَّيْطَٰنُ قَالَ يَٰٓـَٔادَمُ هَلْ أَدُلُّكَ عَلَىٰ شَجَرَةِ 
ٱلْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَّا يَبْلَىٰ

“Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kpdnya, dgn berkata: “Hai Adam, maukah saya tunjukkan kpd kamu pohon khuldi dan kerajaan yg tidak akan binasa?” (QS Thaha:120)

فَأَكَلَا مِنْهَا فَبَدَتْ لَهُمَا سَوْءَٰتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا 

مِن وَرَقِ ٱلْجَنَّةِ ۚ وَعَصَىٰٓ ءَادَمُ رَبَّهُۥ فَغَوَىٰ

“Maka keduanya memakan dari buah pohon itu, lalu nampaklah bagi keduanya aurat2nya dan mulailah keduanya menutupinya dgn daun2 syurga dan durhaka lah Adam kpd Tuhan dan sesatlah ia.” (QS Thaha:121). Kami tidak tahu persis buahnya spt apa. Namun, ada belasan buah yg dianggap sbg buah khuldi. Lima diantaranya adalah buah pohon fig/ara, anggur, tomat, apel dan gandum.

2. Buah Anggur: 

Anggur merupakan salah satu tanaman yg dikenal umat manusia sejak lama. Anggur sudah dikenal sejak masa Nabi Nuh as. Tanaman yg berbuah manis dan lazat itu tumbuh merambat ke atas, berlawanan arah dgn ujung kuncupnya dan searah dgn penopang anggur. Buah yg rasanya lazat itu, disebutkan dlm Al-Quran sebnyk 14 kali. Salah satunya adalah pada QS An-Nahl:11 yg berbunyi :

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن 

كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dia menumbuhkan bagi kamu dgn air hujan itu tanam2an: zaitun, kurma, anggur dan segala mcm buah2an. Sesungguhnya pada yg demikian itu benar2 ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yg memikirkan”.

Buah anggur ini sgt baik utk dimakan baik ketika masih segar ataupun sudah kering. Anggur merupakan buah yg mudah dicerna, dpt menggemukkan dan dpt membekalkan khasiat yg cukup. Anggur hijau maupun merah memiliki khasiat yg sama, keduanya boleh dimanfaatkan utk menjadi buah, makanan, minuman, maupun sbg ubat. Sbg ubat, anggur memiliki kandungan khasiat yg sgt tinggi. Tahlbah mengungkapkan, anggur diyakini boleh mengubati batuk, memurnikan darah, membersihkan usus, pencernaan, bahkan bermanfaat utk org2 yg terkena penyakit lambung. Tak hanya itu, anggur juga boleh dimanfaatkan bagi siapa saja yg hendak melakukan diet (mengatur pola makanan). 

Jus anggur, menurut nya, boleh membantu penyembuhan dari penyakit hemaroid (wasir), gangguan pencernaan, batu ginjal dan gangguan kantong empedu. Utk itu, para peneliti menganjurkan utk meminum segelas jus anggur, seblm sarapan dan seblm makan mlm. Bahkan meminum segelas anggur seblm tidur juga boleh membantu anda utk tidur nyenyak tanpa insomnia yg mtidak mahuggu. Jus anggur juga baik utk org2 yg keracunan, keletihan atau dlm masa penyembuhan atau terkena batu ginjal (kencing batu).

3. Buah Tin: 

Buah Tin Tiada di daerah Hijaz maupun Madinah. Al-Quran hanya menyebutkan sekali dan di satu tmpt saja, iaitu dlm QS. At-Tiin ayat 1. Buah Tin mengandung unsur gula yg sgt tinggi dan juga mengandung garam utama, spt kalsium, fosfor, besi dan sejumlah vitamin, sptivitamin A dan B. Selain itu, juga ada vitamin K yg masuk dlm proses pembekuan darah dan berfungsi menghentikan pendarahan. Manfaat dari buah tin adalah sbg berikut:

a) Utk mengubati susah buang air besar: Seduhlah 3 smpi 4 butir buah tin kering dlm gelas yg berisi air dingin pada ptg hari, lalu pada pagi harinya buah ini dimakan dan airnya diminum.

b) Utk mengubati penyakit usus atau lambung: Potong 6 smpi 7 buah tin kering, lalu tenggelamkan dlm minyak zaitun, dicampur beberapa potong jeruk nipis, lalu biarkan selama satu mlm penuh dan potongan-potongan buah tin ini boleh dimakan beserta airnya pada pagi hari.

c) Utk mengubati luka dan bisul: Balutkan buah tin yg kering yg telah dididihkan dgn susu utk memecah buah tin yg kering ini agar terbuka bhg dlmnya secara keseluruhan. Didihkan selama beberapa minit dgn susu biasa. Stlh dingin, tutuplah luka dgn ramuan ini dan letakan bhg dlm buah tin ini tepat diatas luka, lalu ikat dgn kain dan perbarui pembalutan ini 3 smpi 4 kali dlm sehari.

d) Utk mengubati haid yg tidak teratur: Didihkan 25-30 daun tin dlm satu liter air, lalu minum. Ramuan ini utk mengubati batuk juga gangguan haiddan melancarkan haid. Ramuan ini berfungsi juga utk ubat kumur dan menyembuhkan peradangan pada gusi.

e) Seduhan buah tin kering: Ramuan ini dpt membantu memperlancar kencing dan air susu ibu.

4. Buah Zaitun: 

Dlm QS. An-Nahl ayat 11, Allah berfirman:

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن 

كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dia menumbuhkan bagi kamu dgn air hujan itu tanam2an; zaitun, korma, anggur dan segala mcm buah2an. Sesungguhnya pada yg demikian itu benar2 ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yg memikirkan.” 

Manfaat buah zaitun tidak hanya terbatas pada asam linoleik. Misalnya, unsur klorin yg dikandungnya dpt meningkatkan fungsi liver lebih sempurna, sehingga dgn begitu memfasilitasi tubuh dlm mengeluarkan bahan buangan. Krn juga memberi sumbangan pada kerangka tubuh, buah zaitun dgn demikian membuat tubuh jadi kuat dan pjg usia. Unsur2 tersebut juga baik utk serabut arteri otak. Selain manfaat2 yg sudah disebutkan itu, minyak zaitun adalah sumber penting bagi gizi manusia. 

Berbeza dgn mentega padat, minyak zaitun tidak meninggikan tingkat kolesterol di dlm darah; sebaliknya minyak ini ttp mengendalikannya. Krn itu, para doktor sgt menganjurkan pemakaian zaitun dlm hal masak-memasak. S'mtara itu, apakah dlm keadaan panas atau dingin, minyak zaitun mengurangi jumlah asam pencernaan dan dgn demikian me-lindungi perut dari penyakit2 radang usus dan sakit mag. Minyak zaitun juga mem buat teraturnya gerakan kantong empedu. Penelitian juga telah meng ungkapkan bahawa minyak zaitun memiliki kemampuan tertentu utk mencegah timbulnya penyakit urat darah koroner melalui pengurangan level LDL, sejenis kolesterol yg mtidak mahuggu kesihatan, s'mtara meninggikan tingkat kolesterol yg bermanfaat utk kesihatan HDL di dlm darah.

Vitamin E, A, Ddan K dlm darah sgt penting utk pertumbuhan tulang dan kadar mineral dlm tubuh anak2 dan org dewasa. Ia memperkuat tulang-belulang dgn cara menstabilkan kalsium. Minyak zaitun merupakan unsur vital dlm membangun organisme2 tubuh. Unsur2 antioksidan semcm ini dan asam2 lemak spt asam linoleik, yg sgt penting bagi manusia, memperbnyk hormon dan sintesis membran sel-sel biologis. Krn vitamin2 ini memperbaharui sel, mrk juga digunakan utk mengatasi keluhan2 yg terkait dgn usia seseorg dan perawatan kulit.

5. Buah Pisang: 

Buah Pisang adalah buah yg disebut dlm Al-Quran sbg salah satu buah2an syurga. Spt dlm QS. Al-Waqiah ayat 29. Dlm surah tersebut Allah berfirman:

وَطَلْحٍ مَّنضُودٍ

“Dan pohon pisang yg bersusun2 (buahnya),” (QS. Al-Waqiah:29)

Spt semua kurnia lainnya, buah pisang yg dinikmati para penghuni syurga tentu akan jauh lebih sempurna dari pisang yg dpt dibaygkan kini tersedia di dunia. Betapapun, pisang2 yg tersedia di syurga tidak pernah jadi busuk dan akan memiliki rasa dan wangi yg tidak mungkin kita baygkan skrg. Namun, di dunia ini pun Allah sudah menciptakan sejenis buah yg sgt mirip dgn yg ada di syurga dan telah menyediakannya utk kita. 

Buah Pisang adalah buah yg sgt berkhasiat, terdiri atas air (75%), protein (1.3%) dan lemak (0.6%). Tiap buah pisang juga mengandung karbohidrat dan potassium dlm jumlah cukup. Di samping menolong menyembuhkan bnyk penyakit, pisang sgt dianjurkan utk penyembuhan demam, gangguan sistem kerja pencernaan, kejang2dan terkilir. Tingginya jumlah potassium yg dikandungnya (0.24%) memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh.

6. Buah Delima: 

Dlm QS Al-Anaam ayat 141, Allah berfirman:

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَ جَنَّٰتٍ مَّعْرُوشَٰتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَٰتٍ 

وَٱلنَّخْلَ وَٱلزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُۥ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ 

مُتَشَٰبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۚ كُلُوا۟ مِن ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَءَاتُوا۟ 

حَقَّهُۥ يَوْمَ حَصَادِهِۦ ۖ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ 

ٱلْمُسْرِفِينَ

“Dan Dialah yg menjadikan kebun2 yg berjunjung dan yg tidak berjunjung, pohon kurma, tanam2an yg bermcm2 buahnya, zaitun dan delima yg serupa dan tidak sama. Makanlah dari buahnya bila dia berbuahdan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya dan jgnlah kamu berlebih2an. Sesungguh nya Allah tidak menyukai org yg berlebih2han.” (QS Al-Anaam:141)

Buah Delima adalah sejenis buah lain yg disebutkan di dlm Al-Quran, mengandung potassium yg besar volumenya, selain dari mineral-mineral lain spt fosfor, kalsium, besidan sodiumdan vitaman-vitamin A, B1, B2, B3dan C. Bereaksi bersama sodium, potassium mengatur ekuilibrium air tubuh dan menjaga detak jantung agar ttp normal. Dgn memelihara keseimbangan kadar potassium-sodium, buah ini juga menunjang kepekaan saraf dan otot agar berfungsi secara teratur, mencegah edemadan mengurangi kadar gula yg beredar di dlm darah. Buah Delima menghilangkan rasa letih otot dan memungkinkannya bergerak dgn mudahdan juga menguatkan jantung.

7. Buah Kurma: 

Buah Kurma, buah-buahan yg disebut dlm surah Maryam, pohonnya tumbuh di padang gersang bersuhu panas dan bnyk manfaatnya. Allah mengindentifikasikan khasiat penyembuhan dari buah ini dgn menceritakan pada Maryam, yg sdg menghadapi persalinan, supaya makan daging buah kurma. “Maka Jibril menyerunya dari tmpt yg rendah: ‘Jgnlah kamu bersedih hati, sesungguh nya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bwhmu. Dan goyglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, nescaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yg masak kpdmu, maka makan, minumdan bersenang hatilah….” (QS Maryam:24-26)

Allah mempunyai maksud tertentu dgn menyeru kita utk memperhatikan buah kurma. Dgn meneliti isi kandungan buah ini akan membuat kita lebih paham ttg maksud Ilahi itu. Kurma, dgn kandungan 50% gula, sungguh sgt bergizi krn daging buahnya terdiri atas fruktosa dan glukosa yg keduanya berkalori tinggidan mudah serta cpt dicerna. Kandungan gulanya menenangkan saraf yg gelisah serta memberikan rasa aman pada kejiwaan. Sudah pasti tiap persalinan selalu mengeluarkan bnyk darah, yg dgn sendirinya jumlah gula darah yg tertumpah krnnya cukup bnyk. 

Krn gula yg lenyap itu harus diganti, keterlibatan kurma, spt pada persalinan Maryam, nyata benar manfaatnya sbg tambahan. Kurma juga mengurangi tekanan darah. Meskipun daging sgt besar manfaatnya, tapi tidaklah sebanding dgn lebih besarnya manfaat kurma segar dlm segala hal. Mengonsumsi terlalu bnyk daging, yg tak terbantahkan men gandung bnyk protein, tidaklah mustahil pada saat yg sama dpt mengakibatkan keracunan. 

Jadi, makanan2 ringan spt sayur2an, buah2an, yg tentu saja mudah dicerna, hendaknya lebih menjadi pilihan. Di saat yg sama, kurma segar mem berikan manfaat besar kpd otak. Buah Kurma, dgn kandungan 2.2% protein, juga berisi bnyk jenis vitamin A, B1dan B2. Protein2 ini melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi, menunjang sel-sel tubuh memperbaharui diridan menyeimbangkan cairan2 tubuh. 

Vitamin A meningkatkan kemampuan pan-dangan mata dan kekuatan badan, juga kekuatan tulang dan gigi. Vitamin B1 memfasilitasi jaringan saraf berfungsi sihat sempurna, menunjang tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi, mengatur selera makan dan pen-cernaan, serta memberdayakan metabolisme berasal dari protein dan lemak. Vitamin B2 memfasilitasi pembakaran protein2 yg disebutkan tadi, karbohidrat dan lemak yg diperlukan utk penyedian energi dan pembaharuan sel.  Itulah 7 buah yg disebutkan dlm Al-Quran!

No comments:

Post a Comment