Thursday, February 6, 2014

MANFAAT MENGHAFAL AL-QURAN

Menghafal Al Quran selama ini dianggap menjadi beban, padahal sebenarnya manfaat menghafal Al Quran sgt bnyk, salah satunya adalah boleh meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Apa korelasinya? Pada ertikel berikut Mizan mengumpulkan fakta menarik ttg manfaat menghafal Al Quran. Menghafal Al Quran atau lebih dikenal dgn istilah Tahfidz memiliki dua hal yg harus dipenuhi, yakni hafal dlm ingatan dan boleh mengucapkannya kembali di luar kepala tanpa membaca Al Quran atau catatan lain. Tak bnyk sekolah yg menerapkan pelajaran menghafal Al Quran sbg kurikulum, saat ini mungkin terbatas hanya di Sekolah Islam atau Pondok. 

Pendidikan formal dianggap lebih penting dpd menghafal Al Quran, parahnya siswa-siswi biasanya meng anggap hafalan Al Quran itu sendiri sbg beban layaknya mendpt tugas pelajaran formal. Tentu ini menjadi tugas berat bagi Org Tua dan Guru utk membiasakan anak didiknya ini utk menghafal Al Quran. Bnyk yg boleh digali dari proses menghafal Al Quran itu sendiri, mulai dari proses atau cara menghafal Al Quran yg kini boleh dipelajari dgn cara yg menyenangkan, hingga ke manfaat dari belajar dan menghafal Al Quran itu sendiri. Adapun manfaat menghafal Al Quran antara lain adalah:

1). Melatih daya konsentrasi.
2). Menstimulus otak dan tingkat kecerdasan.
3). Terhindar dari kepikunan
4). Menumbuhkan kedisiplinan
5). Paham Quran lebih mendlm
6). Keutamaan dunia dan akhirat
7). Untung dlm perdagangan
8). Mahkota Kemuliaan
9). Meningkatkan darjat
10). Syafaat di hari kiamat
11). Kemuliaan (tasyrif) dari Nabi Muhammad
12). Hubungan Menghafal Al Quran dgn Prestasi di Sekolah
13). dan masih bnyk rahsia lainnya

Lantas, apa pengaruhnya dgn prestasi belajar siswa di sekolah? Bukannya dgn menghafal Al Quran itu bererti mengurangi waktu belajar siswa? Anda jgn melihat dari sisi itu. Anak yg terbiasa dlm menghafal Al Quran, secara tidak langsung dia akan lebih boleh berdisiplin dan mengatur waktu. Anak akan belajar keseriusan dlm menjlni hidup. Menghafal Al Quran mempunyai pengaruh yg baik dlm pengembangan ketrampilan dasar para siswa sehingga boleh meningkatkan prestasi akademik mrk. 

Profesor psikologi di Universitas Imam Muhammad bin Su’ud al-Islamiyah di Riyadh, Dr. Abdullah Subaih ber pendpt bahawa dgn menghafal Al Quran bererti siswa terlatih utk berkon-sentrasi. Kita tahu bahawa pendidikan formal juga diperlukan konsentrasi yg tinggi utk mempelajarinya, dgn belajar menghafal Al Quran maka dia akan terlatih dgn konsentrasi yg tinggi. Konsentrasi yg tinggi ini dihubungkan dgn kinerja otak. Menurut M. Ngalim Poerwanto, dlm bukunya yg berjudul Psikologi Pendidikan. Jika sel-sel otak bekerja atau difungsikan terus dgn hal-hal positif dan aktif, maka akan menjadi lebih kuat.

Jika kita melihat contoh ulama zaman dahulu, spt Imam Syafie, beliau telah menghafal Al Quran sejak usianya blm baligh, yakni 10 tahun. Jadi kekuatan otak dlm menghafal Al Quran sebaiknya dimulai sejak usia dini. Ini diperkuat juga dgn pendpt dari Dr. Abdur Rahman Abdul Khalik yg menyatakan bahawa usia anak2 dari 5 tahun hingga 23 tahun adalah usia manusia dgn kekuatan hafalan yg sgt bagus. 

Fakta-fakta di atas diperkuat lagi dgn studi yg dilakukan oleh DR. Shaleh Bin Ibrahim Ashani, dosen dari Universitas Imam Muhammad Ibn Saud Riyadh. Dlm penelitiannya beliau melibatkan dua kelompok siswa-siswi Universitas Malik Abdul Aziz di Jeddah. Dlm studinya ini disimpulkan bahawa terdpt korelasi positif antara kuantitas hafalan AL Quran dan tingkat kesihatan mental dan psikologis siswa. 

Makin bnyk hafalan Al Quran, maka siswa tersebut cenderung memiliki tingkat kesihatan mental yg lebih baik dibanding mrk yg memiliki hafalan yg rendah. Kesihatan mental inilah yg berpengaruh pada pengembangan keterampilan siswa dan prestasi akademik di sekolah. Allah swt berfirman: “Sebenarnya, Al-Quran itu adalah ayat-ayat yg nyata di dlm dada org2 yg diberi ilmu. Dan Tiada yg mengingkari ayat2 Kami kecuali org2 yg zalim” (Al-Ankabut:49). Jadi masihkah Anda ragu ttg manfaat menghafal Al Quran ini? Yuk, mari kita menghafal Al Quran!

No comments:

Post a Comment