Tuesday, January 1, 2013

KISAH PERTEMUAN RAB’I BIN AMIR R.A DENGAN PANGLIMA PARSI

Sebelum terjadi peperangan Qadisiyah [1]antara tentara Muslimin pimpinan Sa’ad bin Abi Waqqash r.a dengan tentara Persia pimpinan Rustam, Sa’ad terlebih dulu mengirim utusan kepada Panglima Parsi bernama Rustam beberapa kali [2]. Di antara utusan tersebut adalah Rib’i bin ‘Amir Ats-Tsaqafi r.a.

Maka Rib’i pun segera masuk menemui Rustam sementara mereka telah menghiasi pertemuan itu dengan bantal-bantal yang dirajut dengan benang emas, serta permadani-permadani yang terbuat dari sutera. Mereka mempertontonkan kepadanya berbagai macam perhiasan berupa yaqut, permata-permata yang mahal, dan perhiasan lain yang menyilaukan mata, sementara Rustam memakai mahkota dan sedang duduk di atas ranjang yang terbut dari emas. 

Berbeda keadaannya dengan Rib’i. Beliau masuk dengan hanya mengenakan baju yang sangat sederhana, dengan pedang, perisai, dan kuda yang pendek. Rib’i masih tetap di atas kudanya hingga menginjak ujung permadani. Kemudian beliau turun serta mengikatkan kuda tersebut di sebagian bantal-bantal yang terhampar. Setelah itu beliau langsung masuk dengan senjata, baju besi dan penutup kepalanya.

Mereka berkata, “Letakkan senjatamu!” Beliau menjawab, “Aku tidak pernah berniat mendatangi kalian tetapi kalianlah yang mengundangku datang kemari. Jika kalian memerlukanku maka biarkan aku masuk dalam keadaan seperti ini. Jika tidak kalian izinkan, maka aku akan segera kembali.”

Rustam berkata, “Biarkan dia masuk.”

Maka Rib’i datang sambil bertongkat dengan tombaknya dalam keadaan posisi ujung tombak ke bawah sehingga bantal-bantal yang dilewatinya penuh dengan lubang-lubang bekas tombaknya.
Mereka bertanya,”Apa yang membuat kalian datang ke sini?”

Beliau menjawab -perhatikan baik-baik jawaban ini”

ﻪﻠﻟﺍ ﺎﻨﺜﻌﺘﺑﺍ ﺝﺮﺨﻨﻟ ﻦﻣ ﺀﺎﺷ ﻦﻣ ﺓﺩﺎﺒﻋ ﺩﺎﺒﻌﻟﺍ ﻰﻟﺇ ﺓﺩﺎﺒﻋ ،ﻪﻠﻟﺍ 

ﻦﻣﻭ ﻖﻴﺿ ﺎﻴﻧﺪﻟﺍ ﻰﻟﺇ ،ﺎﻬﺘﻌﺳ ﻦﻣﻭ ﺭﻮﺟ ﻥﺎﻳﺩﻻﺍ ﻰﻟﺇ ﻝﺪﻋ 

،ﻡﻼﺳﻻﺍ ﺎﻨﻠﺳﺭﺄﻓ ﻪﻨﻳﺪﺑ ﻰﻟﺇ ﻪﻘﻠﺧ ﻢﻫﻮﻋﺪﻨﻟ ،ﻪﻴﻟﺇ ﻦﻤﻓ ﻞﺒﻗ 

ﻚﻟﺫ ﺎﻨﻠﺒﻗ ﻪﻨﻣ ﺎﻨﻌﺟﺭﻭ ،ﻪﻨﻋ ﻦﻣﻭ ﻰﺑﺃ ﻩﺎﻨﻠﺗﺎﻗ ﺍﺪﺑﺃ ﻰﺘﺣ 

ﻲﻀﻔﻧ ﻰﻟﺇ ﺩﻮﻋﻮﻣ ﻪﻠﻟﺍ .

“Allah telah mengutus kami untuk mengeluarkan siapa saja yang Dia kehendaki dari penghambaan terhadap sesama hamba kepada penghambaan kepada Allah, dari kesempitan dunia kepada keluasannya, dari kezhaliman agama-agama kepada keadilan Al-Islam. Maka Dia mengutus kami dengan agama-Nya untuk kami seru mereka kepadanya. Maka barangsiapa yang menerima hal tersebut, kami akan menerimanya dan pulang meninggalkannya. Tetapi barangsiapa yang enggan, kami akan memeranginya selama-lamanya hingga kami berhasil memperoleh apa yang dijanjikan Allah”

Mereka bertanya, “Apa yang dijanjikan Allah (kepada kalian)?”

Beliau menjawab, “Surga bagi siapa saja yang mati dalam memerangi orang-orang yang enggan dan kemenangan bagi yang hidup”.

Rustam pun berkata, “Sungguh aku telah mendengar perkataan-perkataan kalian. Tetapi maukah kalian memberi tangguh perkara ini sehingga kami mempetimbangkannya dan kalian pun mempertimbangkannya?”

Beliau menjawab, “Ya, berapa lama waktu yang kalian sukai? sehari atau dua hari?”

Rustam menjawab, “Tidak, tetapi hingga kami menulis surat kepada para petinggi kami dan para pemimpin kaum kami.”

Maka beliau pun menjawab, “Rasul kami tidak pernah mengajarkan kepada kami untuk menangguhkan peperangan semenjak bertemu musuh lebih dari tiga (hari). Maka pertimbangkanlah perkaramu dan mereka, dan pilihlah satu dari tiga pilihan apabila masa penangguhan telah berakhir.”

Rustam bertanya, “Apakah kamu pemimpin mereka?”

Beliau menjawab, “Tidak, tetapi kaum muslimin ibarat jasad yang satu. Yang paling rendah dari mereka dapat memberikan jaminan keamanan terhadap yang paling tinggi.”

Maka (akhirnya) Rustam mengumpulkan para petinggi kaumnya kemudian berkata, “Pernahkah kalian melihat (walau sekali) yang lebih mulia dan lebih benar dari perkataan lelaki ini?”

Mereka menjawab, “Kami minta perlindungan Allah dari (supaya engkau tidak) terpengaruh kepada sesuatu dari (ajakan) ini dan dari menyeru agamamu kepada (agama) anjing ini. Tidakkah engkau melihat kepada pakaiannya?”

Rustam menjawab, “Celaka kalian! Janganlah kalian melihat kepada pakaian. Akan tetapi lihatlah kepada pendapat, perkataan, dan jalan hidupnya! Sesungguhnya orang ‘Arab menganggap ringan masalah pakaian dan makanan. Tetapi mereka menjaga harga diri mereka.” [3]

[1] Peperangan Al-Qadisiyah terjadi pada masa kekhalifahan ‘Umar bin Al-Khattab r.a.

[2] Ketika dua pasukan saling berhadapan, maka Rustam mengirim seorang pasukannya kepada Sa’ad dan meminta mengirim padanya seorang yang piawai untuk diajak berdialog. Maka Sa’ad segera mengutus Al-Mughirah bin Syu’bah r.a. Namun mereka menolak tawarannya. Maka diutuslah Rib’i bin’Amir. Setelah Rib’i, mereka kembali meminta satu utusan kaum muslimin untuk datang. Maka Sa’ad mengutus Huzaifah bin Mihshan.

[3] Pada akhirnya mereka memilih untuk berperang, dan dengan idzin Allah, menanglah tentara kaum muslimin.

Maraji’:
[1] Al-Bidayah Wa An-Nihayah karya Ibnu Katsir versi Asy-Syamilah 7/46
[2] Al-Bidayah Wan Nihayah Masa Khulafa’ur Rasyidin 256-258 (terbitan Darul Haq).
[3] Tarikh At-Thabari versi Asy-Syamilah 3/33.

No comments:

Post a Comment