Friday, July 22, 2016

NASIHAT UNTUK PARA PENCINTA ILLAHI

Pencinta Ilahi adalah, org mencintai Allah swt, seluruh hidupnya hanya ditujukan pada Allah swt. Sheikh Abdul Qadir Al Jiilani mengatakan: “Jika seorg Pencinta telah sampai kpd kekasihnya, maka apakah masih ada kelelahan yg tersisa? Kelelahan akan berubah menjadi ketenteraman, jarak yg jauh akan menjadi dekat, yg ghaib akan berada di depan mata,dan semua khabar gembira akan menjadi nyata. Dia akan mampu melihat segala rahasiaNya, dgn begitu dia bisa mengelilingi negeriNya. Dia akan membuka seluruh gudang hartaNya, serta akan membuka keluasan taman indahNya. Bukankah kalian akan melakukan ini dan Dia telah membuat berbagai permisalan utk kalian, wahai manusia. Maka, org yg mengenal isyarat Ilahi hanya ahli isyarat.

Wahai hamba, jika engkau melakukan zikir tanpa menggunakan kalbumu, hal itu sama seperti seekor unta yang kedua matanya ditutup ketika sedang menumbuk tepung. Unta itu menyangka telah menempuh jarak berkilo-kilometer yang panjang, padahal ia tidak bergerak dari putaran tempatnya. Celakalah dirimu, engkau berdiri dan duduk dalam shalatmu, serta lapar dan haus dalam puasamu, namun tanpa ada sebiji pun keikhlasan dan tauhid. Jadi, manfaat apa yang akan engkau dapatkan, selain kelelahan? Engkau mengerjakan shalat, namun kalbumu melihat rumah2 org, harta benda orang dan piring2 tempat makan mereka. Engkau menunggu mereka memberimu hadiah, kemudian engkau memperlihatkan ibadahmu kepada mereka, serta menceritakan puasa dan mujahadahmu.

Wahai org yg mempersekutukan Allah dgn makhluk-Nya, kamu bukanlah apa-apa! Maka, bertaubatlah dari kesyirikanmu, baik yang halus ataupun kasar! Wahai orang munafik, wahai orang yang selalu riya, wahai orang yang selalu berpaling dari barisan orang shiddiq, ahli ruhiyah dan ahli rabbani, apakah engaku tidak mengetahui peringatan Allah dan Rasulullah?” (Sheikh Abdul Qadir Al Jilani dalam Kitab Jala’ Al-Khathir).

No comments:

Post a Comment