Wednesday, February 17, 2016

MAKRIFAT: MENGENAL DAN BERKENALAN DENGAN TUHAN


عرفت ربى بربى ولو لا ربى لما عرفت ربى

(Aku mengenal Tuhan melalui Tuhan sendiri. Kalaulah bukan kerana Tuhan, aku tidak mengenal Tuhan)

Ungkapan di atas dikemukakan oleh Dzu al-Nun al-Mishri yang menggambarkan maqam ma’rifahnya. Lalu, bagaimanakah tingkat mengenal Tuhan ini jika dihubungkan dengan tingkat keyakinan?

1) Tingkat 'awam, yaitu orang yang kenal dengan Tuhan melalui syahadat. Dan, syahadat itu ia peroleh secara taqlid dari seorang guru. Dari guru ke guru ke guru dan seterusnya. Ia berhenti sampai di situ saja dan tidak berupaya untuk menggali lagi setelah itu.

2) Tingkat khawas, yaitu itu 'alim 'ulama (dalam pengertian luas), yaitu mereka yang dapat menemukan bukti tentang wujud Tuhan, baik secara ratio, maupun ilmu pengetahuan lainnya.

3) Tingkat khawash al-khawash, yaitu para sufi yang sampai ke ujung perjalanan spiritual sehingga memperoleh pengalaman berkenalan langsung dengan Tuhan, bukan melalui taqlid, bukan melalui pengetahuan, bukan diberitahukan oleh seseorang, atau sebuah kitab atau melalui apapun juga selain Diri-Nya. Itulah yang dikatakan oleh Dzu al-Nun sebagai "Mengenal Tuhan melalui Tuhan sendiri". Mungkin bisa diistilahkan secara sederhana dengan "Berkenalan dengan Tuhan". Dan, makna terakhir itulah makna "Ma'rifah" dalam istilah yang dipakai dalam ilmu tasawuf.

No comments:

Post a Comment