Friday, February 12, 2016

TANGISAN NABI DAUD A.S

Ihya Ulumuddin: Diriwayatkan bahwa Nabi Daud as sudah lama menangis hingga melampaui batas, maka dadanya terasa sempit dan diselubungi oleh kesedihan yang mendalam. Beliau berkata: “Wahai Tuhanku, tidakkah Engkau kasihan dengan tangisanku ini?” Maka Allah swt mewahyukan: “Wahai Daud, apakah engkau lupa dengan dosamu dan ingat dengan tangisanmu?” 

Daud menjawab: “Wahai Tuhanku, mana mungkin aku lupa akan dosaku. Setiap kali aku membaca Zabur, air yg mengalir pun jadi berhenti, angin berhenti berhembus, burung hinggap di atas kepalaku dan binatang buas datang ke mihrabku dgn jinak. Wahai Tuhanku, keterasingan apa yg ada diantara diriku dgn dirimu?” 

Allah swt mewahyukan kpd nya: “Wahai Daud, itulah lembutnya ketaatan dan terasingnya kemaksiatan. Wahai Daud, Adam adalah salah satu dari makhlukKu. Aku ciptakan ia dengan kekuasaanKu. Aku tiupkan RuhKu ke dalam jasadnya. Para malaikatKu bersujud padanya. Aku pakaikan ia dengan pakaian KemuliaanKu. Aku beri ia mahkota dgn KemuliaanKu. Ketika ia mengadu kepadaKu tentang kesepiannya, Aku nikahkan ia dengan Hawa. Aku persilakan ia untuk tinggal di SurgaKu. Namun ia mendurhakaiKu sehingga Aku pun mengusirnya dari SisiKu dlm keadaan telanjang dan hina. 

Wahai Daud, dengarkanlah Aku, Sungguh! Aku ingin mengatakan kpdmu; jika engkau menanti Kami, maka Kami pun menantimu. Jika engkau memohon kpd Kami, maka Kami pun akan mengabulkan permohonan mu. Jika engkau mendurhakaiKu, maka Kami pun akan mengacuhkanmu. Dan jika engkau kembali kpd Kami seperti semula, maka Kami pun akan menerimamu."

No comments:

Post a Comment