Sunday, July 10, 2016

AL-FATEHAH

Bahwa Nama-nama Suratul FATEHAH itu banyak, Salah satunya adalah Ummul Kitab, Induknya Kitab, ada lagi, MUKHUL Quran, OTaknya Al Quran. Maka, tahukah engkau? Bahwa benar-benar manusia itu adalah Kholifah Alloh, Wakil-nya Alloh, Ketika Fatehah diturunkan pada Muhammad, Maka Cukuplah sudah, seluruhnya, semuanya, segalanya, Cukuplah 7 ayat itu. Alam diri tunduk, Manusia pun tunduk, Alam semesta tunduk, para malaikat tunduk, jarak-pun tunduk, waktu-pun tunduk, rahasia-rahasia di dalam FATEHAH pun tunduk, Martabat tujuh-pun tunduk. Maka, tahulah engkau, ketika Alloh memerintahkan, Malaikat dan Iblis untuk tunduk pada Adam.

Quran ibarat alat, yang semakin dalam engkau menggali, akan semakin dalam pula yang kau peroleh. Quran adalah lautan tanpa tepi. Tapi bagi orang yang bukan ahlinya, maka apalah artinya diberi alat untuk menggali, wujud alatnyapun tak tahu, gunanya alat itupun tak tahu, cara menggunakan alat itupun tak tahu. Bagaimana engkau berharap alat itu digunakan untuk kebaikan kehidupan?

Maka Cukuplah FATEHAH, 104 kitab Suci ngumpul di 4 kitab, 4 kitab ngumpul di FATEHAH. Bagaimanakah aku dapat menceritakan rahasia kedalaman ini padamu, kalau bahasa dan kias serta ibarat yang kumiliki, sangat terbatas, sangatelah sempit. Maka, ketika FATEHAH sudah terucap, firman Alloh-lah yang keluar, Maka, ketika FATEHAH sudah berangkat, kalamulloh-lah yang meluncur, Pintu mana yang akan sanggup menahannya?

Ketika cahaya FATEHAH di tinggalkan, Siapa yang akan sangup menembusnya? Ketika FATEHAH di perintahkan, Siapa yang tidak mau tunduk kepadanya? Ketika isi FATEHAH dituangkan, Siapa yang sanggup menahannya, Gelombang air akan terhenti karena takjub dan hormatnya, Mendung-pun akan membatalkan hujannya, karena keheranan dan tunduknya, Api-pun seakan malu melihatnya, tak berani menampakkan diri.

Lalu bumi yang biasanya diam-pun, akan berani bergolak menyambut kehadirannya. Nikmat mana lagi yang akan kita dustai? Ketika cahaya FATEHAH berlari, langit manakah yang akan engkau pandang, langit lahiriyah yang katanya di atasmu? ataukah langit maknawiyah yang ada dalam dirimu? Maka ketika pandangan kau tengadahkan, takkan ada yang dapat engkau saksikan, Maka ketika pandangan engkau tundukkan, Sanggupkah engkau menjaga ketakjubanmu?

Sungguh, seandainya Quran 30 juz, 6666 ayat tidak diturunkan, Maka, Cukuplah tujuh ayat FATEHAH itu bagimu:

1. Bismillahirrohmanirrohim,
2. Alhamdulillahirobil alamin,
3. Arrohmanirrohim,
4. Malikiyaumidin,
5. Iyyakana`budu wa iyyakanasta`in,
6. Ihdinashirotol mustaqim,
7. Sirotholladzina an amta alaihim ghoiril magdhubi alaihim waladzdholin.

Maka ketika Bismillah....... disampaikan, tahukah engkau sumber air yang mengalir di dalamnya? Ketika Alhamdulillah……..diucapkan, tahukah engkau bahwa Alloh yang menjaga dan mengatur semuanya? Ketika Arrohman……. diluncurkan, Manakah yang lepas dari Rohman dan RohimNya? Ketika Maliki... diberangkatkan, Siapa yang tidak akan tunduk pada Nya? Ketika Iyya kana ........ di mohonkan,…. manakah yang tidak AKU kabulkan? Ketika Ihdinashirotol mustaqim engkau mohon, Jalan mana lagi yang tidak dibukakan? Ketika Shirotol…..dibacakan, Jelaslah sudah perbedaan, antara engkau sekedar mengetahui, ataukah engkau memiliki.

No comments:

Post a Comment