Tuesday, May 3, 2016

MAJELIS BELIAU

Sayyidina Al-Imam As-Syeikh Abdurrahman As-Segaff mempunyai majlis yang masyhur dan selalu dihadiri para Wali dan para Rijal Al-Ghaib dari segala penjuru dunia. Ada satu riwayat yang bercerita bahwa beliau sekali waktu pernah didatangi seorang lelaki asing di tengah Majlis beliau yang tiba-tiba berkata kepada beliau:

لمِاَتَتَكَلَّمُ عَلَى النَّاس ؟

“Kenapa engkau membuka rahasia hakekat kepada khalayak ramai?” kemudian dijawab oleh beliau,

اَنْعِى إِلَيْكَ قُلُوْبًا طَالَ مَاهَطَلَتْ
سَحَائِبَ الْوَحْيُ فِيْهَا أَبْحُرِ الْحِكَم

Lalu bertanya murid beliau yang bernama Al-Imam Al-Wali Abu Bakar bin Alwi As-Syaibah, ”Bagaimanakah ciri laki-laki tersebut?”. Al-Imam As-Segaff lalu memberikan ciri laki-laki yang berbicara kepada beliau itu yang kemudian dijawab kembali oleh Al-Imam Abu Bakar Asy-Syaibah, “Hazihi shifatul ghozali yujizuka bitakallamu `alan naas.” (Ini adalah Al-Imam Al-Ghozali dan banyak yang telah menyaksikan bahwa yang belajar pada beliau adalah para ahli al-kasyaf yaitu para Wali Allah dan Arrijalul Ghoib.)

Al-Arif Billah Muhammad bin Ali Azzubaidi meriwayatkan: “Aku telah menyaksikan sendiri bahwa As-Syeikh Abdul Qodir Al-Jaelani telah membaca Al-Miatain di hadapan Sayyidina As-Syeikh Abdurrahman As-Segaff. Dan aku telah menyaksikan sendiri Al-Imam Al-Ghozali membaca kitabnya yang terkenal yaitu kitab Al-Ihya di depan Sayyidina Al-Imam As-Syeikh Abdurrahman As-Segaff.”

Al-Imam As-Syeikh Abdurrahman As-Segaff, pada awalnya kurang menyukai majlis Sima`. Kemudian karena selalu menghadiri majlis Sima` maka akhirnya beliau mencintai majlis tersebut.

Sayyidina As-Syeikh Abdurrahman As-Segaff Ra, bila tengah mendapatkan waridat, maka akan terlihatelah hāl beliau yang luar biasa di tengah khalayak ramai, sehingga terlihatelah dengan jelas kemuliaan beliau di sisi Allah SWT, terkadang para hadirin yang kala itu mendengarkan perkataan beliau pun, juga akan mendapatkan haibah yang agung karena mendengarkan perkataan beliau.

Sekali waktu, tatkala seorang saudara beliau yang bernama As-Syeikh Ali meninggal dunia, Sayyidina Al-Imam As-Syeikh Abdurrahman As-Segaff merasakan kesedihan yang mendalam hingga beliau meninggalkan majlis sima` ini sampai beberapa waktu. Kemudian ketika beliau kembali mengadakan majlis sima`, beliau berkata mengenai hal itu, “Kami menginginkan meninggalkan hal tersebut, tetapi sima` tidak meninggalkan kami.”

No comments:

Post a Comment