Wednesday, January 21, 2015

MUZAKARAH DAKWAH TABLIGH

Dakwah dan Tabligh adalah kerja Para Nabi dan Rasul serta Umat Muhammad s.a.w. Al-Quran dan hadits turun dlm suasana dakwah Nabi Muhammad s.a.w dan Sahabat, sehingga dikatakan Al-Quran dan Hadits adalah kalam dakwah. Al-Quran menceritakan kisah 25 nabi yg buat dakwah, kisah org shalih yg buat dakwah (ali imran, maryam, Habib annajar-surat yasin dsb), jin yg buat dakwah, binatang yg ikut dakwah (ashabul kahfi, burung hud-hud, semut–surat anmal dsb), kisah kaum yg menentang dakwah, bantahan terhadap pernyataan org kafir dsb.

Berikut ini adalah beberapa ayat dan hadits tentang pentingnya dakwah dan tabligh :

A. Dakwah adalah yg paling ditakuti oleh org kafir.

[QS 42:13] Dia telah mensyariatkan bagi kamu ttg agama apa yg telah diwasiatkanNya kpd Nuh dan apa yg telah Kami wahyukan kpdmu dan apa yg telah Kami wasiatkan kpd Ibrahim, Musa dan Isa iaitu: Tegak kanlah agama dan jgnlah kamu berpecahbelah ttgnya. Amat berat (takut) bagi org2 musyrik terhadap apa (agama) yg kamu dakwahkan (kamu seru) kpd mrk. Allah menarik kpd agama itu org yg dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kpd (agama)-Nya org ya kembali (kpdNya). (ASY SYUURA (MUSYAWARAT) ayat 13). Org musyrik paling takut dgn dakwah karena jika kewajiban dakwah (sesuai sunnah) sudah disampai kan kpd mrk maka :

– Jika ia menerima dakwah islam maka ia akan Berjaya dunia dan akhirat
– Jika ia menolak dakwah islam, maka pasti ia akan di adzab dengan adzab yang pedih didunia dan akhirat. Inilah yang mereka (Yahudi, nasrani, majusi dsb) takuti!

B. Tanggung Jawab/ medan Dakwah Ummat Muhammad

1.Dakwah pada diri sendiri dan keluarga. [QS 66:6] Hai org2 yg beriman, peliharalah dirimu dan keluarga mu dari api neraka yg bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat2 yg kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yg diperintahkanNya kpd mrk dan selalu mengerjakan apa yg diperintahkan. (QS Attahrim ayat 6)

2. Dakwah kpd Jiran/tetangga, sahabat dan org2 dekat/kerabat. [QS26:214] Dan berilah peringatan kpd kerabat2mu yg terdekat, (QS Asysuara 214)

3. Dakwah kpd Umat didaerah sendiri dan daerah lain. [QS 6:92] Dan ini (Al Quran) adalah kitab yg telah Kami turunkan yg diberkahi; membenarkan kitab2 yg (diturunkan) seblmnya dan agar kamu memberi peringatan kpd (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan org2 yg di luar lingkungannya. Org2 yg beriman kpd adanya kehidupan akhirat tentu beriman kpdnya (Al Quran) dan mrk selalu memelihara solatnya. (QS Al an’am 92).

4. Dakwah kepada Ummat diseluruh dunia. [QS 3:110] Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk seluruh manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah org2 yang fasik. (QS Ali imran 110).

C. Dakwah adalah maksud diciptakannya (tugas) ummat Muhammad SAW

1.Maksud diciptakannya manusia adalah utk ibadah. [QS 51:56] Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepadaKu. (Qs adzariyat 56). [QS 24:41] Tidaklah kamu tahu bahwasanya Allah: kepadaNya bertasbih apa yg di langit dan di bumi dan (juga) burung dgn mengembangkan sayapnya. Masing2 telah mengetahui (cara) solat dan tasbihnya dan Allah Maha Mengetahui apa yg mereka kerjakan. (QS An Nur 41)

2. Maksud diciptakannya manusia adalah sbg khalifatullah (wakil2 Allah dimuka bumi). [QS 2:30] Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kpd para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorg khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu org yg akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami sentiasa bertasbih dgn memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yg tidak kamu ketahui.” (Qs albaqarah ayat 30)

3. Maksud diciptakannya Ummat Muhammad adalah untuk dakwah. [QS 12:108] Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan org2 yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk org2 yg musyrik”. (QS Yusuf 108). [QS 3:110] Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk seluruh manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah org2 yg fasik. (QS Ali imran 110). Hasan Basri r.a mengatakan : “Barang siapa yg mengajak kpd kebaikan dan mencegah kemungkaran maka dialah khalifatullah, dan dialah khalifaturrasul dan dialah khalifatul kitab (al-qur’an)” . (Bahkan perkataan ini terdapat pada kitab amr bil ma’ruf nahi ‘anil munkar – Ibnu taymiyah).

D. Dua Amalan Orang Mukmin yang Allah SWT juga mengamalkannya

1. Allah SWT Berdakwah. [QS 10:25] Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjukki org yg dikehendakiNya kpd jln yg lurus (Islam) (QS Yunus 25].

2. Allah SWT bersalawat kpd Nabi Muhammad SAW. [QS 33:56] Sesungguhnya Allah dan malaikat2Nya bersalawat utk Nabi. Hai org2 yg beriman, bersalawatlah kamu utk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kpdnya (Surat Al-ahzab 56)

E. Dakwah adalah tugas semua muslim. 

Bukan tugas ulama saja (Tugas ulama adalah mengajar dan menunjukan jln yg lurus (fatwa-fatwa) dsb.)

1. Ayat al-qur’an: [QS 16:125] Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalanNya dan Dialah yang lebih mengetahui org2 yg mendapat petunjuk. (An-nahl 125). [QS 51:55] Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman. (Adz-adzaariyat 55). [QS 74:1-3] Hai orang yang berkemul (berselimut) (2) ,bangunlah, lalu berilah peringatan! (3) dan Tuhanmu agungkanlah!

2. Hadits Nabi: Dari Anas ra. beliau meriwayatkan bahwa kami berkata : “Wahai Rasulullah, adakah betul kami tidak berhak (patut) mengajak kepada kebaikan sehingga kami mengamalkan semua kebaikan dan kami tidak berhak (patut) mencegah kemungkaran sebelum kami meninggalkan semua kemungkaran? Maka Baginda saw menjawab : “Tidak, bahkan serulah kepada kebaikan walaupun kalian belum mengamalkan semua kebaikan dan cegahlah kemungkaran walaupun kalian belum meninggalkan semuanya dengannya (HR Imam athabrani dalam al ausath dan jami’ush shaghir). Dari abi sa’id al khudry Ra. berkata saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: Brg siapa melihat kemungkaran dihadapannya maka rubahlah dgn tangannya. Sekiranya tidak mampu maka rubahlah dgn lidahnya. dan sekiranya tidak mampu maka rubahlah dgn hatinya dan yang sedemikian itu selemah3nya iman (HR Imam Muslim).

F. Kesalahan memahami ayat Al-Qur’an (QS al Maidah 105)

Dari Abu bakar ashidiq Ra. berkata: “wahai manusia! Kalian membaca ayat ini: “Hai org2 yg beriman, jagalah dirimu; tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk. Hanya kpd Allah kamu kembali semuanya, maka Dia akan menerangkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS Al maidah 105). Sungguh aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda : “Sesungguhnya manusia apabila melihat orang berbuat dhalim. tetapi ia tidak menghentikan kedhaliman itu dgn tangannya, maka hampir saja Allah SWT. menimpakan adzabnya secara menyeluruh (HR Tirmidzi katanya hadits ini shahih. Bab Turunya adzab ketika kemungkaran tidak dicegah, Hadits nomor 2168).

Keterangan: Makna zahir ayat alquran dlm hadits diatas adalah: “Hai org2 yg beriman, jagalah dirimu; tiadalah org yg sesat itu akan memberi mudarat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk. Hanya kpd Allah kamu kembali semuanya, maka Dia akan menerangkan kepadamu apa yg telah kamu kerjakan. (QS Al maidah 105). Kalau memang pengertiannya seperti itu, mengapa mereka diperintahkan melakukan tugas amar maruf nahi munkar. Oleh karena itu apabila seseorg melakukan tugasnya (amar maruf nahi munkar), ttpi org yg diajaknya tidak mau mengikuti, maka ia tidak akan dipersalahkan, karena ia telah melaksanakan tugasnya. Karena sesungguh nya kewajibannya hanyalah menyuruh (kpd kebaikan) dan melarang (dari kemungkaran), bukan memaksa org utk menerimanya . Wallahu a’lam (An-nawawi -Syarah muslimII/22, Syaikh Yusuf alkhandahlawi-muntakhob ahadits, hadits no. 19 bab dakwah dan tabligh)

G. Jika dakwah ditinggalkan

1) Diharamkan keberkahan wahyu (Tidak bisa memahami al-quran dan hadits): Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. beliau berkata bahwa Nabi Muhammad s.a.w bersabda: “Apabila ummatku mengagungkan dunia maka akan dicabut darinya kehebatan islam, apabila mereka meninggalkan amr bil maruf (mengajak kpd kebaikan) dan nahi anil munkar (mencegah kemungkaran maka diharamkan atasnya keberkahan wahyu dan apabila mereka saling caci mencaci maka jatuhlah mereka dari pandangan Allah swt. (HR Hakim dan Tirmidzi dr kitab Durrul mantsur).

2) Diazab sebagaimana diazabnya Bani israil: Dari Urs bin ‘amirah ra. berkata bahwa Rasulullah s.a.w bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengadzab masyarakat banyak disebabkan kejahatan segelintir org, sehingga segelintir org itu melakukan suatu kejahatan yang sebenarnya mampu dicegah oleh masyarakat banyak, tetapi mereka tidak berusaha mencegahnya. Ketika terjadi demikian, maka Allah akan membinasakan semuanya, masyarakat banyak dan segelintir orang tersebut” (HR Imam thabrani dan sanad2nya tisqat/terpercaya–majmauz zawaa’id VII/528).- tafsir (surat al Maidah [5] :78). [QS 5:78] Telah dila’nati org2 kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas.

3) Doa tidak dikabulkan: Dari Hudzaifah bin al yaman ra. dari Nabi s.a.w beliau bersabda: “Demi dzat yg nyawaku dlm kekuasaannya! kalian harus menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran! atau (jika tidak), Allah akan mengirimkan pada kalian adzab dariNya, kemudian kalian berdoa (meminta tolong kepada-Nya), tetapi Dia tidak menerima doa kalian (HR Tirmidzi, katanya hadits ini hasan. Bab tentang amr ma’ruf nahi munkar, hadits nomor 2169).

4) Dibangkitkan pemimpin yg zalim: Hadzat Abu Darda ra. berkata: “Tetaplah kamu menyuruh kpd kebaikan dan mencegah kemungkaran. Kalau tidak Allah Swt akan membangkitkan pemimpin (raja) yg zalim yg memerintah kamu. Dia tidak akan menghormati orang tua kamu dan tidak akan menaruh belas kasihan kpd yg muda2 dikalangan kamu. Pada masa itu, doa org2 shalih tidak akan diterima, Kamu inginkan bantuan tapi bantuan tidak akan diberikan, kamu mohon keampunan tetapi Allah swt tetapi kamu tidak akan diampuni”. [47:7] Hai org2 mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Qs. Muhammad ayat 7).

5) Pintu hidayah tertutup, banyak orang islam murtad
6) Orang islam banyak yang mati tanpa mengucapkan kalimah tayyibah
7) Orang-orang munafiq banyak memberontak (pada pemimpin/khalifah)
8) Orang kafir berani menyerang/membunuh orang islam
9) Muncul Nabi-nabi palsu/aliran2 sesat.
10) Kemaksiatan merajalela
11) Keberkahan rezeki dicabut (Harga barang2 naik, susahnya mendpatkan makanan dsb)

No comments:

Post a Comment