Sunday, February 1, 2015

AHLUL SUNNAH WAL JAMAAH TABLIGH (JT)

Ada seorg teman menulis status sbb: “JT, ahlussunat wal jama’ah kan?” Kalau saya boleh bertanya, saya akan bertanya balik kpd beliau: “Jamaah Haji, ahlussunat wal jama’ah kan?” “Jamaah Solat, ahlussunat wal jama’ah kan?” Dgn pertanyaan saya itu saya berharap seketika beliau menyadari bahawa JT bukan spt yg beliau sangkakan. Ya, JT adalah aktiviti semata. Saya ulangi: Perlu difahami dan ditegaskan sekali lagi, JT hanyalah sebuah aktiviti. Bukan organisasi. Dan sbgmn lazimnya sebuah aktivitas, ada awalnya dan ada akhirnya. Sbg mana Solat, diawali dgn takbiratul ula diakhiri dgn salam. Sbg mana Haji, diawali dgn Ihram diakhiri dgn Thowaf Wada’. 

Lalu apa jawaban pertanyaan di atas? Sederhana: Jwbannya adalah ‘tergantung orgnya.’ Lalu siapa saja anggota JT? Ya setiap org (Islam tentunya) yg ikut serta dlm aktivitas bertabligh mrk semua adalah anggota JT. Dan begitu aktivitas bertabligh itu selesai, org2 itu bukan lagi anggota JT. Ttp ya org Islam biasa sbg mana Muslim lainnya yg dimuliakan Allah bila mrk bertaqwa. 

Mengapa JT melarang anggotanya berpolitik praktis? Ya jelas dong. Coba jawab, mengapa Jamaah Haji dilarang berpolitik praktis? Kaidah utama selama Haji adalah “Walaa rofatsa, walaa fusuqo, walaa jidaala fil Hajj”. Ngomong sia-sia saja dilarang dlm Haji, apalagi maksiat. Sehingga niat Haji harus LILLAAH, krn Allah semata. “Wa atimmul Hajja wal ‘Umrota lillaah”. Bukan krn tendensi politik atau dikemas sbg sebuah agenda politik! Selama seorg berada dlm JT, ia ibarat sales door to door yg menawarkan amal agama kpd semua Umat Islam di mana pun. Jadi perbezaan yg tidak perlu muncul, ya tidak perlu dimunculkan. Termasuk biang perbezaan yg disebut politik praktis. 

Krn sekali perbezaan dimunculkan, hati umat akan terpecah-belah sehingga misi utama (iaitu nyales tadi) akan melewati tanjakan yg jauh lebih sulit. Adapun begitu usai aktivitas bertabligh itu, mrk boleh kembali ke habitat masing2, sehingga yg back groundnya mmg seorg politisi ya silakan berpolitik praktis, lha wong mmg itu kerjaannya!

Mengapa JT meninggalkan pekerjaan? Jawabannya sama persis dgn jawaban pertanyaan, ‘Mengapa Jamaah Haji meninggalkan pekerjaan?’ atau ‘Mengapa Jamaah Solat meninggalkan pekerjaan?’ Justru sgt aneh dong kalau waktu solat atau Haji pekerjaan tidak ditinggalkan. Jadi apa solat dan Hajinya. Solat apa itu namanya? Haji apa itu namanya? Adapun meninggalkan isteri dan anak, jawabannya adalah tidak selalu. Ada kalanya isteri (dan anak juga bila sudah baligh) diajak dan ada kalanya tidak. Tergantung Mesyuarat. Tergantung kepentingannya. Utk mendakwahi wanita2, misalnya, yg bergerak ya para wanita yg dikawal oleh mahramnya. 

Dlm kasus meninggalkan keluarga, mengapa tidak meninggalkan nafkah selama ditinggal sehingga bnyk keluarga terlantar? Kalau menurut Juklak, seblm berangkat (khuruj) semua perbekalan harus disiapkan. Baik yg ditinggal kan utk keluarganya ataupun yg dibawa. Sehingga baik yg berangkat maupun yg ditinggal akan ttp terpenuhi keperluannya. Begitu pula yg pegawai harus minta izin cuti kpd perusahaan tmptnya bekerja. 

Tanpa keleng bila ini, rencana khuruj akan ditolak olah masyaikh. Ttpi tidak saya sangkal, dlm praktek mmg bnyk pelanggaran. Misalnya membuat surah cuti palsu dan sbgnya. Hal spt ini tentunya akan berakibat tidak baik dan mendtgkan fitnah. Btw, Insya Allah masih jauh lebih bnyk yg tertib mengikuti aturan dpd yg melanggar. Sygnya yg ditonjolkan oleh kritikus adalah mrk yg melanggar sehingga seolah seluruh korps melanggar semua.

Ada lagi pertanyaan: Pada zaman Nabi dulu, Para Sahabat khuruj hanya utk keperluan Jihad Qital, bukan Dakwah. Benarkah demikian? Ada bnyk bukti yg menerangkan bahawa Para Sahabat khuruj hanya utk kepentingan Dakwah, bukan Qital (Perang). Tapi lagi2 referensinya akan dipermasalahkan.

Mengapa 3 hari, 40 hari dsb. Target sebenarnya adalah mempergunakan seluruh masa dan seluruh harta utk Agama. Ttp utk mencapai tahapan ini tentu perlu persiapan. Jadi masa2 itu adalah tarbiyah. Spt madrasah menentukan belajar subyek A sekian bln, belajar subyek B sekian tahun. Sah-sah saja kan? Penetapan waktu spt itu yg jelas akan memudahkan pegawai utk mendpt izin cutinya. Misalnya izin cuti 3 hari atau sebln. Tentu lebih mudah dpd izin cuti utk waktu yg tidak ditentukan. Dan lagi masa2 itu tidaklah mengikat. Kalau keberatan dgn 3 hari, ya silahkan saja kalau mau 2 hari, 4 hari atau berapapun kemampuan waktunya. Sama sekali tidak mengikat. Jadi Tiada hukum halal-haram atau Sah-Tidah Sah dlm hal ini.

Kalau sudah ikut JT kemudian ingin keluar, boleh atau tidak? Ya boleh2 saja. Wong ketika gabung dulu Tiada ikatan bay’at, pendaftaranataupun bayar wang administrasi apapun kok. Program khuruj dilaksanakan di masjid. Masjid nya tidak dikunci. Silahkan saja kalau mau pulang. Paling2 ketua rombongan cuma memberi nasihat. Apa2 yg perlu dikerjakan selama di rumah nantinya.

Mengapa tidak mendakwahi kampung sendiri yg masih bnyk maksiat? Mengapa harus jauh2 keluar? Sebenarnya program khuruj bertujuan utk menghidupkan amalan di rumah dan di kampung sendiri. Krn benar, ini adalah yg lebih utama. Seorg muslim perlu berdakwah di kalangan jiran, kalangan jamaah masjid sendiri, masjid tetangga kampung, keluarga sendiri, saudara, mertua, menantu ataupun anak dan cucu. Ini yg lebih utama. Ttpi hal ini ternyata sgt sulit. Memiliki kemampuan (isti’dad) utk berdakwah tanpa lelah dan jemu apalagi bila mengalami penentgn adalah sesuatu yg berat. Utk itulah perlu belajar. Dan belajarnya adalah dgn khuruj. Berdasarkan pengalaman, stlh belajar training di luar biasanya lebih mudah utk praktek di lingkungan sendiri.

No comments:

Post a Comment