Saturday, February 14, 2015

SELESAIKAN MASALAH DENGAN AMAL

Dunia ini tempat masalah, hanya di dlm jannah yg tdk ada masalah. Bagaimana menyikapi setiap masalah dgn amal. Saat ini org2 telah meninggalkan amal agama, sehingga Allah mengubah suasana dan keadaan menjadi buruk. Mereka beranggapan, bahwa penyebabnya adalah kemiskinan, sehingga sibuk memperbaiki ekonomi. Ada yg mengira karena teknologinya kurang, sehingga menjadi hamba teknologi. Kekuasaan ada ditangan Allah, bukan pada makhluk.

Ikhtiar yg pertama adalah dgn amal bukan dgn kebendaan. Nabi SAW tdk mengajarkan kepada sahabat ra tentang kebendaan, tetapi hanya dgn amal. Pada saat kelaparan atau sakit sekalipun, Nabi SAW tetap menyuruh memperbaiki amal, dan beliau juga tdk pernah mengajak sahabatnya utk dakwah kepada kebendaan. Walaupun serba kekurangan hingga pakaian hanya sekedar utk menutup aurat, tetapi beliau dan sahabat ra tetap menunaikan perintah Allah, sehingga Allah ridha pada mereka. Jika Allah telah ridha, maka seluruh masalah akan selesai.

Bila menemukan kesulitan, Nabi SAW dan sahabat ra segera mendirikan shalat dan bersabar dlm ketaatan kepada Allah. Melakukan shalat dgn satu keyakinan bahwa seluruh masalah akan selesai, maka akan diselesaikan oleh Allah SWT. Jika menginginkan makhluk berkhidmat, maka hrs menghubungi Dzat Yg menciptakan makhluk. Selesaikan masalah dgn doa, niscaya Allah SWT akan menyelesaikan masalah itu dgn cara-Nya sendiri.

Jadi apabila ada dua pilihan antara asbab dan amal, maka org yg beriman akan meninggalkan asbab dan menuju amal, dan yakin dgn amal inilah kejayaan. Bersedia semua selesaikan masalah dgn amal. Insya Allah.

No comments:

Post a Comment