Wednesday, February 5, 2014

8 PERKARA AGAR MENGHAFAL QURAN TERASA NIKMAT

Berikut ini adalah 8 hal yg insya Allah membuat kita merasa nikmat menghafal Al-Quran. Tips ini kami dptkan dari Ustaz Deden Makhyaruddin yg menghafal 30 juz dlm 19 hari (hafalan) dan 56 hari utk melancarkan. Tapi uniknya, beliau mengajak kita utk berlama-lama dlm menghafal.

1) MENGHAFAL TIDAK HARUS HAFAL: 

Allah memberi kemampuan menghafal dan mengingat yg berbeza2 pada tiap org. Bahkan imam besar dlm ilmu qiroat, guru dari Hafs yg mana bacaan kita merujuk pada riwayatnya iaitu Imam Asim menghafal Al-Quran dlm kurun waktu 20 tahun. Target menghafal kita bukanlah ‘ujung ayat’ tapi bgmn kita menghabiskan waktu (durasi) yg sudah kita agendakan HANYA utk menghafal.

2. BUKAN UTK DIBURU-BURU, BUKAN UTK DITUNDA2 

Kalau kita sudah menetapkan durasi, bahawa dari jam 6 smpi jam 7 adalah WAKTU KHUSUS utk menghafal misalnya. Maka berapapun ayat yg dpt kita hafal tidak jadi masalah. Jgn buru2 pindah ke ayat ke-2 jika ayat pertama blm benar2 kita hafal. Nikmati saja saat2 ini, saat2 dimana kita bercengkrama dgn Allah. Tapi ingat! Juga bukan utk ditunda2, habiskan saja durasi menghafal secara ‘PAS’

3. MENGHAFAL BUKAN UNTUK KHATAM, TAPI UNTUK SETIA BERSAMA QURAN: 

Kondisi HATI yg tepat dlm menghafal adalah BERSYUKUR bukan BERSABAR. Tapi kita sering mendgr kalimat “menghafal emang kudu sabar”, ya kan?? Sebenarnya gak salah, hanya kurang pas saja. Kesannya ayat2 itu adalah sekarung batu di punggung kita, yg cpt2 kita pindahkan agar segera terbebas dari beban (hatam). Bukankah di awal surah Thoha Allah berfirman bahawa Al-Quran diturunkan BUKAN Sbg BEBAN. Utk apa khatam jika tidak pernah diulang?? Setialah bersama Al-Quran.

4. SENANG DIRINDUKAN AYAT: 

Ayat2 yg sudah kita baca berulang-ulang namun blm juga nyantol di memory, tu ayat sebenarnya lagi kangen sama kita. Maka katakanlah pada ayat tersebut “I miss you too…” hehe. Coba dibaca erti dan tafsirnya… boleh jadi tu ayat adalah ‘jawaban’ dari ‘pertanyaan’ kita. Jgn buru2 sutk ketika gak hafal2, senanglah jadi org yg dirindukan ayat..

5. MENGHAFAL SESUAP-SESUAP: 

Nikmatnya suatu makanan itu terasa ketika kita sdg memakannya, bukan seblm makan bukan pula stlhnya. Nikmatnya menghafal adalah ketika membaca berulang2. Dan besarnya suapan juga harus pas di volume mulut kita agar makan terasa nikmat. Makan pake sendok teh gak nikmat krn terlalu sedikit, makan pake sendok nasi (entong) bikin muntah krn terlalu bnyk. Menghafalpun demikian. Jika “amma yatasa alun” terlalu pjg, maka cukuplah “amma” diulang2, jika terlalu pendek maka lanjutkanlah smpi “anin nabail azim” kemudian diulang2. Sesuaikan dgn kemampuan ‘mengunyah’ masing2 anda.

6. FOKUS PADA PERBEZAAN, ABAIKAN PERSAMAAN: 

“Fabi ayyi alaa’i rabbikuma tukaz dziban” jika kita hafal 1 ayat ini, 1 saja! maka sebenarnya kita sudah hafal 31 ayat dari 78 ayat yg ada di surah Ar-Rahman. Sudah hampir separuh surah kita hafal. Maka ayat ini dihafal satu kali saja, fokuslah pada ayat sesudahnya dan seblmnya yg merangkai ayat tersebut.

7. MENGUTAMAKAN DURASI: 

Spt yg dijelaskan di atas, komitmenlah pada DURASI bukan pada jumlah ayat yg akan dihafal. Ibarat argo taxi, keadaan macet ataupun di tol dia berjln dgn tempo yg ttp. Serahkan 1 jam kita pada Allah.. syukur2 boleh lebih dari 1 jam. 1 jam itu gak sampe 5 persen dari total waktu kita dlm sehari…!!! 5 persen utk Quran.

8. PASTIKAN AYATNYA BERTAJWID: 

Cari guru yg boleh membetulkan bacaan kita. Bacaan tidak bertajwid yg ‘terlanjur’ kita hafal akan sulit diperbaiki di kemudian hari (stlh kita tahu hukum bacaan yg sebenarnya). Jgn dibiasakan merubah dlm hal apapun yg berkaitan dgn Al-Quran: membaca, mempelajari, mentadabburi, apalagi mengambil hukum dari Al-Quran.

No comments:

Post a Comment