Friday, January 17, 2014

SEDEKAH, 10 KEBAIKKAN DI DUNIA DAN DI AKHIRAT

Sedekah bererti menyisihkan sedikit harta yang dimiliki. Orang yang bersedekah juga dapat diertikan sebagai orang yang mensyukuri nikmat Allah s.w.t. Dia tidak kedekut terhadap harta yang dimilikinya. Namun, tak sedikit orang yang tidak mahu mengeluarkan sedikit dari hartanya itu dan menganggap bahwa hal itu adalah hal yang percuma atau mungkin hanya buang-buang wang saja. Jika begitulah yang bersarang pada benak anda, maka anda perlu mengetahui kebaikan dari berbuat sedekah.

Al Faqih berpesan kita harus bersedekah baik sedikit maupun banyak, kerana di dalam sedekah itu terdapat sepuluh kebaikan, lima di dunia dan lima di akhirat. Adapun lima kebaikan di dunia iaitu:

1). Membersihkan harta, sebagaimana sabda Nabi s.a.w, "Ingatlah bahwa jual beli itu selalu diliputi oleh hal-hal yang tidak baik, sumpah dan dusta, maka campurilah/ bersihkanlah dengan sedekah"

2). Membersihkan badan dari dosa, sebagaimana firman Allah s.w.t, "Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka" (QS. At-Taubah: 103).

3). Menolak musibah dan penyakit, sebagaimana sabda Nabi s.a.w, "Ubatilah orang-orang yang sakit di antara kamu itu dengan sedekah"

4). Menggembirakan orang miskin dan pekerjaan yang paling utama adalah menggembirakan orang-orang yang beriman.

5). Membawa keberkatan dalam harta dan kelapangan rezeki, sebagaimana firman Allah, "Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya" (QS. Saba’: 39).

Sedangkan lima kebaikan di akhirat, iaitu:

1). Sedekah itu akan menjadi pelindung baginya dari panas.
2). Sedekah itu akan memperingan hisab.
3). Sedekah itu akan memberatkan timbangan.
4). Sedekah itu akan memperlancar melalui titian Sirat.
5). Sedekah itu akan menambah darjat di surga.

Itulah 10 kebaikan dalam bersedekah baik di dunia maupun di akhirat. Apakah anda tidak tergiur? Sebelum terlambat, marilah kita melaksanakan sedekah, kerana kita harus menyadari bahwa di balik harta yang kita miliki terdapat hak orang lain di dalamnya.

Seandainya dalam masalah sedekah ini tidak ada keutamaan lain selain doa orang-orang yang miskin, nescaya sudah seharusnya orang yang berakal sihat untuk gemar bersedekah, lebih-lebih bahwa sedekah itu menyebabkan keredaan Allah dan menjengkelkan syaitan. Diriwayatkan bahwa seseorang itu tidak mampu untuk bersedekah sebelum terlepas belenggu 70 syaitan. Sedekah juga bererti mengikuti jejak orang-orang yang shalih.

Sumber: Terjemah Tanbihul Ghafilin (Peringatan bagi Orang-orang yang Lupa) 

No comments:

Post a Comment