Friday, April 22, 2016

BAGAIMANA MENJADI PRIBADI LUHUR?

Ada yang bertanya tentang intuisi-intuisi batin (al-khawathir), lalu beliau (Syeikh Abdul Qadir Jaelany menjawab, “Apa yang anda ketahui tentang intuisi-intuisi batin (al-khawathir)?” Intuisi-intuisi anda dating dari syetan dan naluri hawa nafsu serta dunia. Hasratmu adalah apa yang terlintas dalam hasratmu sendiri. Intuisimu datang dari jenis hasratmu. Intuisi Ilahi Allah Azza wa Jalla, tidak tiba kecuali pada hati yang sunyi dari segala hal selain Allah Allah Azza wa Jalla. 

Dalam firmanNya: “Berkata Yusuf: “Aku mohon perlindungan Allah daripada menahan seseorang, kecuali orang yang kami temukan harta benda kami padanya.” (Yusuf 79). Apabila Allah Allah Azza wa Jalla, dan IngatanNya padamu, tentu akan memenuhi hatimu dari kedekatanNya, pada saat yang sama intuisi syetan, nafsu dan dunia akan lari. Bagi dunia ada intusi, begitu juga akhirat, Malaikat, nafsu, qalbu, dan Allah Azza wa Jalla juga ada intuisi (Intuisi Ilahi). Anda harus membuang semua intusisi itu wahai kawan, dan hanya berdiam pada Intuisi Ilahi Allah Azza wa Jalla.

Jika tampak intuisi hawa nafsu, syetan, dunia, maka akan dating intuisi akhirat padamu, lalu tiba pula intuisi malaikat, kemudian intuisi Al-Haq, Allah Azza wa Jalla . Dan itulah akhir ntuisi dan sekaligus tujuan. Bila hatim benar, maka ia terpaku pada intuisi, dan mengatakan padanya, “Intuisi yang mana anda itu, yang datang darimana?” Intuisi itu menjawab, “Akulah intuisi ini dan itu. Dan aku adalah intuisi Allah Azza wa Jalla dari Allah Azza wa Jalla. Akulah penasehatmu, akulah pencinta Allah Azza wa Jalla yang mencintaimu. Aku mencintaimu dan akulah duta . Akulah bagianmu dari kondisi ruhani Nubuwwah (Kenabian).

Anak-anak sekalian… Siapkan dirimu untuk ma’rifatullah Azza wa Jalla, karena ma’rifat itu adalah akar segala kebaikan. Bila semakin banyak taatmu padaNya, engkau akan dilimpahi ma’rifat. Sehingga Nabi Saw, bersabda:“Apabila hamba taat pada Tuhannya Azza wa Jalla, maka Allah Azza wa Jalla memberikan ma’rifatNya padanya. Apabila hamba meninggalkan taatnya, Allah Azza wa Jalla tidak akan memberikan ma’rifat itu dariNya, namun membekukan di hatinya, agar kelak di hari kiamat Allah Azza wa Jalla meminta argument, dan berkata pada si hamba itu, “Aku berikan keistemewaan padamu dengan ma’rifatKu, dan Aku beri keunggulan mulia padamu dengan ma’rifat itu, kenapa anda tidak mengamalkan apa yang anda ketahui?”

Anak-anak sekalian…Anda tidak akan meraih dari Allah Azza wa Jalla dengan kemunafikanmu, dengan kefasihan bahasamu, keindahan sastramu, cerahnya wajahmu, dan perubahan-perubahanmu serta seluruh perlindungan dan andalan wakilmu. Karena semua itu dating dari nafsumu, syetanmu, dan kemusrikanmu pada makhluk serta perburuan duniamu dengan mereka. Kesimpulannya, rendahkanlah dirimu, dan rahasiakan maasalahmu. Sampailah dirimu pada perkataan yang diucapkan padamu, “Bicaralah dengan nikmat Tuhanmu.”

Ibnu Syam’un ra, apabila telah datang karomah padanya, ia berkata, “Ini tak lebih dari tipudaya syetan!. Ia mengulang-ulang kata-kata itu hingga dikatakan padanya, “Siapa dirimu, siapa ayahmu? Anda bicara dengan nikmat Kami padamu.”

Nabi Musa as, bermunajat pada Tuhannya Azza wa Jalla, “ Ya Tuhanku, berilah aku wasiat…” Allah Azza wa Jalla menjawab, “Aku berwasiat padamu, dirimu hanya untuKu dan TuntutanKu.” Musa as, mengulangi sampai empat kali, dan selalu dijawab demikian. Allah Azza wa Jalla tidak berwasiat, “Carilah dunia, juga tidak carilah akhirat.” Seakan Allah Azza wa Jalla berwasiat, “Aku berwasiat padamu agar patuh padaKu dan meninggalkan maksiat padaKu. Aku berwasiat untuk mencari kedekatan padaKu. Aku berwasiat agar mentauhidkan diriKu, dan beramal bagiKu. Aku berwasiat padamu agar berpaling dari selain Aku.”

Bila hati benar dan mengenal Allah Azza wa Jalla, ia akan mengingkari yang lainNya dan berbahagia denganNya, gentar pada yang lainNya, lalu santai denganNya, dan capek dengan yang lainNya. Ya Allah aku bersaksi pada diriku sesungguhnya aku hanyalah orang yang menyampaikan nasehat pada hamba-hambaMu penuh dengan upaya untuk memperbaiki mereka. Saya menyerahkan semua apa yang di luar dirinya, seperti kalian, dari segi makna dan batin. Tak ada kemuliaan bagiku sedikit pun dalam mengatur dan menggerakkan mereka.  Wahai mereka yang berada di bilik dan zawiyah kemarilah, rasakan ucapannku walau satu huruf saja. Bergabunglah denganku walau sehari atau seminggu siapa tahu kalian belajar pengetahuan yang bermanfaat bagimu. Karena mayoritas kalian sedang dalam kebingngan. Kalian menyembah makhluk dalam bilik0bilik khalwatmu. Karena soal dunia sufi ini tidak sekadar menyepi dalam bilik-bilik khalwat, dngan cara yang bodoh.

Ayo kemarilah meraih pengetahuan bersama Ulama yang mengamalkan ilmunya, hingga langkahmu habis. Melangkahlah hingga lutut-lututmu tak berdaya, jika engkau sudah lelah duduklah. Berjalanlah dengan lahiriyahmu, lalu batin dan maknamu. Bila engkau meraih lahir batin, maka kedekatan dengan Allah Azza wa-Jalla dating kepadamu, dan engkau sambung (wushul) denganNya. Bila hatimu bisa menempuh langkah-langkahnya, dan semangatmu menuju padaNya, itu tanda anda telah taqarrub pada Allah Azza wa-Jalla . Saat itulah anda selamat dan santai. Bisa jadi anda membangun bilik di daratan, atau duduk di tengah rerunrtan, atau Allah Azza wa-Jalla mengembalikan dirimu di tengah keramaian manusia, lalu manusia, Jin, Malaikat, Ruh berbakti kepadamu?

Bila Qurbah (kedekatan dengan Allah Azza wa-Jalla) benar, maka engkau raih wilayah ruhani dan regenerasi ruhani. Maka Allah Azza wa-Jalla memberikan tawaran apa yang ada dalam rahasia perbendaharaanNya, bajhkan langit dan bbumi menolongnya dan seluruh makhluk di dalamnya, semata karena posisinya di hadapan Sang Raja, kejernihan batinnya, dan cahaya hatinya. Islam dan Iman tidak akan pernah kosong dengan cara seperti itu. Sehingga rasa takutmu, puasamu, sholatmu dan terjagamu lebih banyak lagi. Dengan cara ini keprihatinan tampak di wajah mereka, karena mereka bertemu dengan keganasan bumi dan kekeringan air. 

Kegelapannya adalah matahari, pagi cerahnya adalah bulan dan bintang-bintang malam. Tinggalkan bicara sia-sia, kata ini dan kata itu, lalu menelantarkan harta. Jangan terlalu banyak duduk-duduk dengan tetangga dan kawan-kawan, sharing tanpa sebab, karena itu anda bisa stress. Umumnya, kedustaan dan pergunjingan dari dua orang. Maksiat akan sempurna jika dari dua orang. Jangan keluar rumah kecuali karena keharusan yang dijalani demi kebaikan diri dan keluarga. Berusahalah untuk tidak mulai bicara kecuali menjawab. Jika ada yang bertnaya tentang sesuatu, maka jawablah yang bisa memberi mashlahah padamu dan padanya. Kalau tidak, jangan dijawab!. Karena kaum sufi itu senantiasa takut dengan Allah Azza wa-Jalla, dalam segala situasi dan kondisi: “Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dan hati mereka takut.” (Al-Mu’minun 60)

Mereka takut jika mereka disiksa karena tipudaya. Takut jika imannya telanjang. Diantara mereka ada yang diberi anugerah dan nikmat dari Allah Azza wa-Jalla, yang membuat hati mereka lebih dekat padaNya. Mereka dizinkan masuk di hadapanNya, dengan limpahan kewenangan dariNya, dan Dia melimpahi anugerah pada mereka. Mereka dijadikan sebagai Wali-waliNya dan pengganti (abdal) Nabi-nabiNya, dan pusat perhatian bagi ciptaanNya. Mereka dijadikan sebagai guru-guru para hambaNya dan dan penguasa mereka. Menjadi pemimpin (ruhani) mereka di muka bumi dan diangkat menjadi KhalifahNya bagi mereka. 

Allah Azza wa-Jalla menjadikan mereka sebagai pribadi pilihanNya, dan mengajarinya langsung ilmu-ilmuNya, mengungkapkan hikmah-hikmahNya, memberikan kemuliaan melalui kemuliaanNya, memberikan limpahan anugerah melalui anugeraNya. Memberi tahu apa yang membahagiakan mereka dan mencelakakan mereka. Jejak imannya membekas di hati mereka, dan mahkota ma’rifah ada di kepala mereka. Kepastian takdir selalu menyertai bakti pada mereka. Manusia, jin, dan malaikat,berdiri di hadapan mereka. Kerendahan harti senantiasa dating di hati dan rahasia hatinya. Masing0masing diantara mereka ini ada raja di jiwanya yang senantiasa duduk di hamparan singgasana kerajaannya, dan menggerakkan pasukannya di muka bumi untuk memberbaiki manusia, sekaligus menyerang aksi Iblis.

Hai kaumku… Ikutilah jejak-jejak para Sufi. Jangan sampai hasatmu adalah makan, minum, pakaian, kawin, mengumpulkan harta dunia. Karena hasrat mereka adalah ibadah, meninggalkan tradisi kebiasaan manusiawi. Carilah pintuNya, dan berkemahlah di sana. Jangan sampai kalian lari dari Pintu Allah Azza wa-Jalla, hanya kaena adanya banana. Karena Dia akan menghalangimu dari bencana, bahaya, penyakit dan kelaparan, agar kalian mencariNya, dan jangan pergi dari PintuNya. Jangan sampai kalian tertutup kebodohan dan tidak mengenal apa yang dikehendaki oleh Allah Azza wa-Jalla pada mereka. Sembahlah Dia lalu bersihkan jiwamu dalam beribadah padaNya (ikhlas). Ingatelah perintah Allah Swt: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia, keculai untuk menyejmbahKu.” (Adz-Dzaariyaat: 56)

Kalain telah melihat kebenaranNya dan kalian telah diberi tahu olehNya, lalu kenapa kalian meninggalkan ibadah padaNya, dan berpaling dari jalan menuju padaNya? Siapa pun yang tidak beribadah padaNya Azza wa-Jalla, berarti ia tidak tahu untuk apa ia diciptakan. Mereka yang telah berpijak pada jejak dan hakikat, pasti telah tahu bahwa mereka diciptakan untuk beribadah. Mereka mati, lalu mereka mencintai, maka mereka telah mewujudkan kehambaannya. (Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani)

Tegakkan Hak-hak ketuhananNya dengan kehambaanmu, karena kehambaanmu adalah manifestasi cahaya KetuhananNya. Kenalilah Dia dengan mengenali dirimu, karena mengenal diri itu adalah Dia yang mengenalkan DiriNya padamu. Merdekakan dirimu dengan memperbudak dirimu hanya padaNya, karena selain Dia adalah penjajah kemerdekaan jiwa. Carilah PengetahuanNya dengan jerih ketekunanmu, karena ketekunanmu adalah tetes samudera IlmuNya. Bendunglah limpahan air anugerahNya melalui istiqomahmu, karena istiqomahmu itu CintaNya yang melimpah padamu. Pandanglah Sang pemberi nikmat, dengan syukurmu padaNya, karena syukurmu itu adalah wadah anugerah nikmatNya yang tiada tara, agar engkau melihatNya kapan dan dimana pun jua. Raihlah keluhuran derjat dengan kerendahan hatimu, karena kerendahan hatimu adalah sayapmu yang terbang membubung kepadaNya. (M. Luqman Hakim). 

No comments:

Post a Comment