Thursday, June 30, 2016

CINTA DUNIA

CINTA DUNIA

Al-Hasan Al-Basri berkata: “Demi Allah saya tidaklah ta’ajjub (heran) dengan sesuatu seperti keheranan saya kepada seseorang yang tidak menganggap bahwa cinta dunia itu termasuk salah satu dosa besar, demi Allah sesungguhnya cinta kepada dunia adalah termasuk dosa-dosa besar, tidaklah cabang-cabang dosa-dosa besar itu melainkan dengan sebab cinta dunia? Tidaklah berhala-berhala disembah, Allah Subhanahu wa Ta’ala didurhakai melainkan karena cinta dunia? (ya). Maka seorang yang mengetahui tidak akan mengeluh dari kehinaan dunia, dan tidak akan berlomba-lomba mendekatinya dan tidak akan putus asa karena jauh terhadap dunia”

Masih adakah yang seperti mereka? Syeikh Abdussalam Alhakim ditanya: Kenapa ulama2 zaman dulu begitu menyentuh hati ketika memberi nasehat, sehingga banyak umat yg insaf, sementara jarang terjadi pada keadaan zaman sekarang? Beliau menjawab: Ulama zaman dulu itu hatinya bangun/terjaga, sedang umatnya tidur. Tetapi Ulama zaman sekarang itu hatinya tidur sedangkan umat hatinya mati. Bagaimana orang tidur bisa membangunkan orang yg mati? Layak direnungkan! La hawla walaa quwwata illa billah...Ya Shaikhona… Rahimakallah… Wa Radliallahu A’nka.

DAGANG, DOA, DHUHA, DERMA ADALAH DUIT YG DAHSYAT (6D)

Sunan Gresik yang aslinya bernama Maulana Maghribi adalah wali yang paling utama di antara Wali Songo, di mana wali-wali lain adalah anak, cucu, keponakan, dan murid-muridnya. Di zaman mereka, agama Hindu tengah jaya-jayanya, bahkan menjadi agama resmi kerajaan. Sunan Gresik pun coba menarik perhatian orang-orang dengan perdagangan. Misalnya, ia membuka warung makanan dengan harga yang murah, sehingga ramai orang yang mendatangi warungnya. Kemudian, di situlah pelan-pelan ia memperkenalkan Islam. Begitulah, dunia Islam memang identik dengan perdagangan. Jamak diketahui, Nabi, istrinya, dan sahabat-sahabatnya adalah pedagang. Bahkan sesepuh NU dan Muhammadiyah juga pedagang. Istilah lainnya, pengusaha. Kemerdekaan Indonesia pun terbantu oleh keberadaan Serikat Dagang Islam. Telah dijelaskan jauh-jauh hari, 9 dari 10 pintu rezeki itu berada di perdagangan. Jadi, kalau kita tidak membuka pintu yang satu ini (baca: perdagangan), yah jangan heran kalau rezeki kita begitu-begitu saja. Dan inilah rumus rezeki secara lengkap: 6D (Dagang + Doa + Dhuha + Derma = Duit + Dahsyat).

CARA ZIKIR YANG TERUS MENERUS

Guru Mulia Al alamah AL Habib Umar bin Hafidz Menjawab Pertanyaan: Aku ingin selalu berdzikir walau pun aku sedang melakukan pekerjaan. Tetapi kadang2 pekerjaanku menyibukanku dari berdzikir. Aku takut tercatat sebagai orang2 yg lalai karena pekerjaan ku. Adakah jalan keluar dari semua ini?

Jawaban: Saat pekerjaanmu menyibukanmu dari berdzikir, maka kembalilah berdzikir segera setelah kau menyadarinya. Setiap engkau lalai, maka kembalilah untuk berdzikir. Jadikanlah dirimu terbiasa mengucapkan kalimat Laa ilaha ilallah yg terdiri dari huruf2 tersembunyi. Yaitu huruf2 yg jika kau mengucapkannya, kau tak perlu menggerakan bibirmu atau melafalkannya. Ulangilah kalimat ini terus menerus walaupun engkau dalam kondisi berbicara dengan orang lain. Setiap engkau lalai, segeralah kembali berdzikir. Jika Allah yg maha benar lagi maha suci melihat kesungguhanmu maka dia akan membuka pintu kemudahan bagimu. Allahuma sholi 'ala sayidina Muhammad nabiyil umiyi wa 'ala 'alihi wa shohbihi wa salim.

No comments:

Post a Comment