Thursday, June 30, 2016

TENTANG AKHIR ZAMAN

TENTANG AKHIR ZAMAN

Wejangan dari Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari tentang zaman akhir yang terangkum dalam kitab “Risalah Ahl as-Sunnah wa al-Jama’ah”. Menurut beliau, dengan mendasarkan pada hadits-hadits Rasulullah SAW, diantara tanda-tanda itu adalah tatkala orang-orang shalih banyak yang meninggal dan yang tinggal hanyalah sisa-sisa manusia yang keshalihannya jauh dari generasi awal. 

Diumpamakan, seperti ampas gandum atau kurma. (Dikutip dari hadits riwayat imam Ahmad &imam Bukhari). Tanda yang lain adalah ketika persoalan zuhud dan wara’ hanyalah cerita, kisah, dan bahan perbincangan semata, sedangkan niai dan praktiknya tidak terwujud dalam kehidupan umat manusia. KH. Hasyim Asy’ari mendasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh imam Nu’iam. 

Selanjutnya, sebagian tanda zaman akhir adalah tatkala kehadiran anak justru menjadi pemicu kemarahan orang tua, hujan justru menjadi sebab panas, dan orang-orang yang memiliki tabiat buruk justru melimpah. Ini menunjukkan bahwa keadaan berubah dan yang terjadi adalah kebalikannya. Tatkala sesuatu yang diharapkan menjadi sumber kebaikan justru menjadi awal keburukan. Pertanda zaman akhir yang lain yang disampaikan oleh hadlratusyeikh KH. Hasyim Asy’ari adalah tatkala satu wilayah dipimpin oleh orang-orang munafik dan yang diangkat menjadi pemimpin justru orang-orang yang memiliki kualitas karakter dan kepribadian yang rendah. Di saat alam kehidupan ini telah menemui hal-hal tersebut, maka zaman itu telah dekat dengan zaman akhir. Semoga wejangan KH. Hasyim Asy’ari tersebut dapat menjadi peringatan dan renungan kitabersama.

BANYAK MINTA KIAMAT DIPERCEPAT

Sekarang di alam barzakh banyak sekali yang sedang menjerit-jerit minta kiamat dipercepat kerana mereka tidak sanggup dengan siksaannya.  Guru Mulia Al Habib Umar bin Hafidz berkata: "Banyak orang yang meninggalkan shalat dan juga shalatnya bolong-bolong...Tahukah engkau, bahwa satu kali meninggalkan shalat, Malaikat pasti menyiksa ibu dan bapakmu dialam Barzakh dan jika engkau tidak melakukan shalat lima waktu, maka Malaikat berkata kepada kedua orang tuamu, "Inilah kiriman siksaan pedih dari anakmu yang meninggalkan shalat!” Lebih tegas lagi Habib Umar bin Hafidz bekata: "Jangan pernah meninggalkan shalat...

Masih banyak jutaan orang didalam kubur ingin hidup kembali untuk bertaubat, apalagi kelak di Neraka...Sekarang di alam Barzakh saja, banyak sekali yang sedang menjerit-jerit minta kiamat dipercepat karena mereka tidak sanggup dengan siksaannya diakhirat/Alam Barzakh...Peliharalah keluargamu dari api Neraka”. Selama kita hidup didunia, wajib kita untuk memberi contoh dan mengajari anak-anak kita untuk shalat...Awal mula yang akan dihisab kepada seorang hamba dihari kiamat adalah shalatnya, apabila baik shalatnya maka baiklah seluruh amal ibadahnya yang lain...Begitu juga sebaliknya.. Allahumma Shalli 'Alaa Sayyidina Muhammad Wa 'Alaa Aali Sayyidina Muhammad.

No comments:

Post a Comment