Saturday, January 24, 2015

APA HUKUMNYA DAKWAH

Sebelum kita membahas hukum dakwah, kita harus tahu dulu apa itu Dakwah? Ditinjau dari segi asal kata bahasa, dakwah berasal dari bahasa Arab, yg berarti "Panggilan, ajakan atau seruan". Dalam ilmu Tata Bahasa Arab, kata dakwah berbentuk sbg "Isim mashdar" (kata yg menunjukkan atas suatu makna yg tidak terikat oleh waktu), kata ini berasal dari fi’il (kata kerja) " da’a-yad’u “ artinya memanggil, mengajak atau menyeru.

Satu orang anak kecil mengajak ayahnya shalat berjamaah ke mesjid, itu sudah termasuk dakwah. Satu orang ayah memberikan nasehat agama kepada anaknya, itu sudah termasuk dakwah. Satu orang ibu menyuruh anaknya supaya menutup aurat, itu sudah termasuk dakwah. Jadi, dakwah itu mudah. Nabi SAW tidak bisa baca dan tulis pun buat dakwah jadi Apa Hukumnya Dakwah?

1. Sebuah rumah telah terbakar dan didlmnya ada satu org gadis yg terjebak dlm kebakaran itu. Apa Hukumnya menyelamatkan gadis tersebut? Pernahkah kita berpikir apa hukumnya menyelamatkan satu org gadis dari siksa api neraka yg 70 kali lebih panas dari api dunia. (Inilah dakwah)

2. Ketika kita berjln2 di pantai dan melihat satu org anak kecil mau tenggelam. Tindakan apa yg akan kita lakukan? Tentu akan menolongnya, kalau kita tidak menolongnya maka kita akan dikatakan org yg tidak punya perasaan dan peri kemanusiaan. Ketika satu org sudah tenggelam dlm lautan maksiat. Tindakan apa yg akan kita lakukan? (Inilah dakwah). Didlm hukum negara Indonesia ada sebuah kaidah. “Kita tidak melakukan kesalahan ttpi dihukum” Contohnya:  Ketika kita berjln2 di pantai dan melihat satu org anak kecil mau tenggelam dan tidak menolongnya padahal disamping kita ada pelampung. Maka kita akan dinyatakan bersalah krn tidak menolong anak ini.

3. Sebuah keluarga yg ayahnya ustad dan ibunya ustazah tetapi tidak mendakwahkan agama atau mengajarkan agama kpd anaknya sehingga anaknya tidak tahu masalah agama. Apakah tindakan ayah dan ibu ini baik atau tidak. (Inilah dakwah).

4. Ketika satu org hendak bunuh diri meminum racun. Maka kita akan melarangnya. Ketika satu org minum minuman keras yang hukumnya dosa. Tindakan apa yg akan kita lakukan? (Inilah dakwah).

5. Ketika satu orang berzina dengan ibu, adik, istri atau anak kita maka kita akan marah. Ketika satu orang berzina dengan orang lain. Tindakan apa yang akan kita lakukan? Padahal setiap orang tidak ingin ibu, adik, istri atau anaknya dizinahi. (Inilah dakwah). Tahap awal untuk mengenal usaha dakwah luangkanlah waktu 3 hari.

No comments:

Post a Comment