Saturday, January 24, 2015

TEKNOLOGI IMAN

Allah SWT telah mengorbankan org2 paling dicintainya Nabi Muhammad SAW untuk bagaimana supaya manusia beriman kepada Allah SWT. Bom Nuklir yang jatuh di Hirosima dan Nagasaki telah menyababkan banyak kematian dan dalam beberapa tahun tumbuh2an pun tidak bisa hidup diatasnya. Tetapi pikirnya satu org Dai lebih dahsyat dari pada Bom atom. Bagaimana bayi yg pertama lahir dan bayi yg terakhir lahir semuanya mendapat hidayah dari Allah SWT. Inilah Teknologi Iman yang tidak ada satu teknologi didunia ini yg bisa mengalahkannya. Sewaktu negeri Mesir ditakluki oleh tentera Islam, khalifah Umar r.a. telah melantik Amru bin Al-As sebagai Gubernur di wilayah tersebut, satu peristiwa ganjil telah berlaku semasa pemerintahannya. Air Sungai Nil dikatakan akan berhenti mengalir dan penduduk Mesir hendak melaku kan satu upacara Jahiliah yaitu mengorbankan seorg gadis yg cantik jelita ke dalam sungai Nil. Amru bin Al-As sudah tentu berkeras tidak mau melakukannya. 

Apabila air Sungai Nil mulai kering, penduduknya merasa cemas. Sebahagian dari mereka terpaksa berpindah ke kawasan lain. Keadaan ini memaksa Amru Al-As menulis surat kepada Khalifah Umar r.a. untuk meminta pandangannya. Saiyidina Umar pun mengirimkan jawapannya kpd Amru. Surat itu bukanlah ditujukan kepadanya, tetapi kepada Sungai Nil. Sebelum mencampakkan surat itu ke dlm Sungai Nil, Amru sempat membaca isi kandungannya yg berbunyai: “Surat ini dikirimkan kepada Sungai Nil oleh Umar, hamba Allah dan Amirul Mukminin. Wahai Sungai Nil! Jika air yang mengalir di sungai ini atas kuasamu, maka ketahuilah bahwa kami tidak memerlu kanmu, tetapi jika ianya mengalir di atas kekuasaan Allah SWT, maka kepadanyalah kami memohon agar mengalirkan air di sungai ini.” Setelah dicampakkan surat itu kedalamnya, diriwayatkan sungai itupun dipenuhi semula oleh air sedalam empat puluh kaki pada malam itu juga. 

Semenjak hari itu lenyaplah amalan-amalan Jahiliah dikalangan penduduk Mesir. Sampai hari ini sungai Nil tidak pernah kekeringan. Teknologi sekarang saja tidak bisa melakukan seperti apa yg dilakukan oleh Umar ra. Teknologi apa yg  bisa mengalahkan teknologi iman. Terjadi gunung meletus di Madinah, khalifah Umar r.a. menyuruh Tamin ad-Dari utk menyelesaikan masalah tersebut. Tamin ad-Dari lalu membuka sorban nya sambil memutar2  kannya. Lahar panas yg menyembur kebumi dgn izin Allah SWT telah masuk kembali kedlm gunung. Teknologi apa yg  bisa mengalahkan teknologi iman.

Muadz bin Jabal dalam sebuah perjalanan dakwah dihadapkan pada sebuah gunung. Kalau gunung didaki memerlukan waktu yang lama, Muadz bin Jabal pun shalat dua rakaat dan gunung pun terbelah dua. Makanya dia diberi gelar Muadz bin Jabal, Muadz anak gunung. Teknologi apa yg  bisa mengalahkan teknologi iman. Ketika Sa'ad ra. datang ke Bahurasyair, yaitu suatu daerah lembah paling bawah sebelah barat sungai Dijlah (sungai Tigris, sungai yang melalui Baghdad) atau dekat dengan daerah Syair. Sa'ad ra. kemudian meminta dicarikan perahu2 utu memindahkan org2 dari daerah di lembah itu ke daerah di seberang yg lebih tinggi. 

Akan tetapi mereka ditakdirkan tidak mendapatkan perahu atau yang sejenisnya dan mereka mengetahui bahwa perahu2 itu telah diambil oleh org2 Parsi. Setelah itu mereka bergerak ke tepi Dijlah, Sa'ad ra. berkata, "Katakanlah Tasta'inubillaah... Dan mereka semua menyeberangi Dijlah tanpa sedikitpun telapak kaki mereka menyentuh permukaan air sambil saling bercakap-cakap di antara mereka yaitu tanpa rasa takut sedikitpun. Org2 Parsi terkejut dan tidak mengira pasukan Muslim dapat berjalan di atas air sehingga mereka ketakutan lalu melarikan diri serta mengambil semua perbekalan mereka. Teknologi apa yang  bisa mengalahkan teknologi iman. Iman yg kuat akan menghasilkan sesuatu teknologi iman yg tidak akan bisa ditandingi dengan teknologi moden sekali pun. Untuk mendapatkan iman yang kuat ini tentu kita perlu ada usaha. Untuk mendapatkan sesuatu itu ada dua jalan yaitu :

1. Meminta, kalau kita meminta uang kepada teman atau saudara belum tentu dikasih. Bisa iya bisa tidak. Begitu juga kalau kita meminta iman kepada Allah SWT belum tentu dikasih. Bisa iya bisa tidak.

2. Usaha utk mendptkan uang lebih mudah kalau kita buat usaha (bekerja) dgn bekerja kemungkinan besar kita akan mendptkan sejumlah uang. Begitu juga kalau kita buat usaha atas iman kemungkinan besar kita akan mendptkan iman.

Apa itu usaha atas iman? Utk mendptkan uang dari jam 8 pagi sampai jam 4 ptg kita tinggalkan rumah dan kita tinggalkan anak dan istri utk usaha atas uang. Terkadang utk mendapat uang yg bnyk pergi keluar kota karena ada pekerjaan dari kantor. Meninggalkan rumah dan keluarga tercinta. Bahkan pergi keluar negeri utk mengumpulkan lembaran2 uang meninggalkan anak dan istri tercinta dalam waktu yg lama. Utk mendapatkan iman begitu juga perlu meninggalkan rumah, anak dan istri tercinta. Tahap awal I’tikaf dimesjid selama 3 hari. Kalau ingin mendapatkan iman yg lebih harus keluar kota selama 40 hari. Kalau ingin yg iman yg lebih lagi 4 bulan keluar negeri. Sejauh mana kita usaha atas uang maka sebanyak itulah uang yg akan kita dpt. Sejauh mana kita usaha atas iman maka sebanyak itulah iman yg akan kita dpt.

No comments:

Post a Comment