Saturday, January 24, 2015

SETIAP HEMBUSAN NAFAS ADALAH ZIKIR

Makhluk yang paling cantik pun diatas permukaan bumi ini tidak layak untuk di puji karena kita hanya boleh memuji kepada dua hal

1. Allah swt
2. Nabi Muhammad saw, pujian kpd Nabi saw pun akan kembali kepada Allah SWT

Suatu ketika Nabi Ayyub as berjalan2 dan melihat sebuah bangkai yg dikerumuni oleh ulat. Ulat ini asyik sekali memakan bangkai tadi. Segerombolan burung pun dtg utk memakan bangkai tadi. Ulat pun berdoa kpd Allah karena makanannya telah diambil oleh pemangsa yg lain agar burung2 itu pergi. Didlm hati nabi Ayyub as bertanya: “Utk apa Allah swt menciptakan ulat yg tidak ada manfaatnya”. Dgn izin Allah Nabi Ayyub as berbicara dgn ulat tadi. Wahai ulat apa manfaatmu diciptakan Allah swt dipermukaan bumi ini. Ulat pun berbalik bertanya: “Setiap harinya berapa kali engkau berdzikir kpd Allah?” Nabi Ayyub as menjawab: “10 ribu kali”. 

Ulat berkata: “Setiap hembusan napas saya adalah zikir”. Hewan dan tumbuh2an sentiasa berdzikir kpd Allah. Kalau melihat amalan manusia mungkin Allah tidak akan menurunkan hujan ttpi karena ada hewan dan tumbuh2an yg selalu berzikir dan membutuhkan air makanya Allah swt masih turunkan hujan. Akhirnya Nabi Ayyub as diberi cobaan seluruh tubuhnya digrogoti oleh ulat yg dicacinya tadi. Semua hartanya pun habis terbakar. 6 org anaknya pun meninggal dunia. 3 orang istrinya, 2 diantaranya minta cerai karena mereka tidak tahan melihat penderitaan Nabi Ayyub as. Istrinya pun berkata: “Engkau adalah seorg nabi mintalah kpa Allah swt supaya diberi kesembuhan?“. Nabi Ayyub as menjawab: “Saya sudah 68 tahun diberi kesehatan oleh Allah swt bagaimana saya akan mengeluh diberi penyakit baru 2 tahun oleh Allah. 

Nabi Ayyub as hanya meminta 2 doa kpd Allah s.w.t: 

1. Supaya lidahnya tidak dimakan ulat. Supaya bisa sentiasa berzikir kpd Allah SWT.

2. Supaya hatinya tidak dimakan ulat. Supaya bisa senantiasa mengingat Allah SWT.

Nabi Ayyub as pun diberi kesembuhan oleh Allah swt. Wajahnyanya semakin tampan dan bercahaya. Istrinya yg sudah cerai tadi meminta supaya menikah kembali. Ttpi nabi Nabi Ayyub as tidak mau. Waktu susah dlm agama tidak mau. Bagaimana bisa aku punya istri yg hanya mau senang saja.

Abu Darda r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:  Allah SWT akan membangkitkan suatu kaum pada Hari Kiamat, yang muka2 mereka bersinar dgn terang, dan mereka akan didudukkan di atas mimbar2 mutiara. Org akan beririhati dengan mereka; mereka bukanlah dari kalangan para Nabi atau bukan para syuhada. Seorang Badui yg duduk (iftirasy) di atas lututnya berkata: Wahai Rasulullah! Beritahukanlah tanda2 mereka kepada kami supaya kami dapat mengenal mereka. 

Baginda menjelaskan: Mereka adalah org2 yg berasal dari keluarga dan kaum yg berlainan dan tempat yg berbeda, dan mereka berkumpul dlm suatu tempat semata2 karena kasih kepada Allah, dan sibuk dengan berzikrullah. (Tabrani, Majma-uz-Zawaid). Salah satu amalan ketika keluar dijalan Allah adalah zikir pagi petang. 100 pagi 100 ptg. Waktu keluar dijalan Allah berkumpullah org Jawa, Batak, Sunda, Melayu dsb berasal dari keluarga dan kaum yg berlainan dan tempat yg berbeda. 

Kyai Udzairon katakan: Untuk amalan Zikir pagi petang. Istighfar 100 kali, Shalawat 100 kali, Tasbih 100 kali. Jadi yg pertama Istighfar dulu bermakna membersih kan dosa2 kita. Baru Shalawat untuk membuka pintu2 langit. Kalau diri sudah bersih, pintu langit sudah terbuka maka Tasbih ita akan langsung kpd Allah SWT. Jadikanlah lisan kita ini sentiasa berdzikir kpd Allah SWT. Ada 7 perkataan yg baik. Jadikanlah setiap perkataan kita hanya ada pada 7 hal ini:

1. Berdakwah, 
2. Berzikir, 
3. Membaca Al Quran, 
4. Taklim, 
5. Istighfar, 
6. Shalawat, 
7. Doa

Selain dari 7 perkara diatas maka setiap perkataan kita akan dihisab oleh Allah. Semua sedia Insya Allah.

No comments:

Post a Comment