Saturday, February 15, 2014

7 RAHSIA MENDIDIK ANAK

Menyesal Tidak Mengetahuinya Dari Dulu, Ini 7 Rahsia Mendidik Anak dari Ustdz Farid Ahmad

1. Jika melihat anakmu menangis, jgn buang waktu utk mendiamkannya. Coba tunjuk burung atau awan di atas langit agar ia melihatnya, ia akan terdiam. Krn psikologis manusia saat menangis, adalah menunduk.

2. Jika ingin anak2mu berhenti bermain, jgn berkata: “Ayo, sudah mainnya, stop skrg!”. Tapi katakan kpd mrk: “Mainnya 5 minit lagi yaaa”. Kemudian ingatkan kembali: “Dua minit lagi yaaa”. Kemudian barulah katakan: “Ayo, waktu main sudah habis”. Mrk akan berhenti bermain.

3. Jika engkau berada di hadapan sekumpulan anak2 dlm sebuah tmpt, yg mrk berisik dan gaduhdan engkau ingin memperingatkan mrk, maka katakanlah: “Ayoo.. Siapa yg mau mendgr cerita saya, angkat tgnnya..”. Salah seorg akan mengangkat tgn, kemudian disusul dgn anak2 yg laindan semuanya akan diam.

4. Katakan kpd anak2 menjelang tidur: “Ok tidur syg, besok pagi kita solat subuh”, maka perhatian mrk akan selalu ke akhirat. Jgn berkata: “Ok tidur, besok sekolah”, akhirnya mrk tidak solat subuh krn perhatiannya adalah dunia.

5. Nikmati masa kecil anak2mu, krn waktu akan berlalu sgt cpt. Kepolosan dan keanak2kan mrk tidak akan lama, ia akan menjadi kenangan. Bermainlah b, tertawalah dan berguraulah bersama mrk. Jadilah anak kecil saat bersama mrk, ajarkan mrk dgn cara yg menyenangkan sambil bermain.

6. Tinggalkan HP sesaat kalau boleh dan matikan juga TV. Jika ada teman yg menelepon, katakan: “Maaf saya, saat ini aku sdg sibuk mendampingi anak2”. Semua ini tidak menyebabkan jatuhnya wibawamuatau hilangnya keperibadian mu. Org yg bijaksana tahu bgmn cara menyeimbangkan segala sesuatu dan menguasai pendidikan anak.

7. Selain itu, jgn lupa berdoa dan bermohon kpd Allah, agar anak2 kita menjadi perhiasan yg menyenangkan, baik di dunia maupun di akhirat.

No comments:

Post a Comment