Sunday, February 16, 2014

SIFAT2 NABI DAN RASUL DLM KITAB AQIDATUL AWWAM

Wajib bagi seorg mukallaf meyakini bahawa Allah Taala mempunyai para Nabi yg diutus. “Rasul telah beriman kpd Al-Quran yg diturunkan kpdnya dari Tuhan nya. Demikian pula org2 yg beriman. Semuanya beriman kpd Allah, malaikat2 Nya, kitab2Nya dan Rasul2Nya. (Mrk mengatakan) Kami tidak membeza2 kan antara seseorg dari rasul2lNya dan mrk mengatakan, “Kami mendgr dan kami taati, (mrk berdoa) Ampunilah kami Ya Tuhan kami dan kpdMulah tmpt kembali” (QS Al-Baqarah:285).

Wajib bagi seorg mukallaf mengetahui sifat wajib, sifat mustahil den sifat jaiz bagi Rasul. Adapun sifat wajib bagi Rasul ada 4 iaitu :

1. Sifat Fatanah (Bijaksana): 

Dalil ttg hal itu adalah jika sifat fathanah itu Tiada pada diri Rasul maka mrk (para Rasul tidak mampu berhujjah dlm perdebatan dan hal itu tidak mengkin terjadi, krn Al-Quran menunjukkan mengenai kemam-puan para Rasul beradu itu bnyk sekali. Firman Allah Taala : “Dan itulah hujjah Kami yg Kami berikan kpd Nabi Ibrahim utk menghadapi kaumnya. Kami tinggi kan siapa yg Kami kehendaki beberapa darjat. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui” (QS Al-Anam:83). “Mrk berkata, Hai Nuh sesungguhnya kamu telah berdebat dgn kamidan kamu lelah memperpjg berdebat terhadap kami, maka dtgkanlah kpd kami azab yg kamu ancamkan kpd kami, jika kamu termasuk org2 yg benar” (QS Hud:32). “Dan berdebatlah pada mrk dgn cara yg baik” (QS An Nahl:125). Dan juga kita diperintahkan mengikuti jejaknya dan org yg mengikuti jejaknya tidak akan menjadi org bodoh.

2. Sifat Shiddiq (Benar): 

Dalil ttg sifat tersebut adalah firman Allah Taala: “Dan benarlah Allah dan RasulNya” (QS Al-Ahzab:22). “Dan benarlah Rasul2Nya”. (QS Yaasin:52). “Dan ceritakanlah (hai Muhammad kpd mrk) kisah Nabi Ismail di dlm Al-Quran. Sesungguhnya dia adalah seorg yg benar janjinya dan dia adalah seorg Rasul dan Nabi” (QS Maryam:54). Krn mrk (para Rasul) jika sifat bohong itu boleh pada diri mrk maka kebohongan itu ada pada khabar (risalah) Allah Taala dan hal itu tidak mungkin terjadi.

3. Sifat Tabligh (Menyampaikan): 

Dalil sifat tersebut adalah firman Allah Taala “Hai Rasul, smpikanlah apa yg diturunkan kpdmu dari Tuhanmu dan jika tidak kamu kerjakan maka kamu tidak menyampaikan amanatNya (risalahNya)” (QS Al Maidah:67). “Selaku para Rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya Tiada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya para Rasul itu” (QS An-Nisa:165). Khabar gembira dan peringatan itu tidak sempurna kecuali bila dismpikan. Krn jika mrk tidak menyampaikan syariat kpd manusia maka mrk bererti menyembunyikan syariat. Dan hal itu tidak mungkin terjadi krn menyembunyikan syariat merupakan aib/cacat yg besar. Iaitu ketika org yg lalai dlm bersyariat memiliki alasan utk membantah Allah swt atas dasar Tiadanya tabligh.

4. Sifat Amanah: (Dipercaya): 

Dalil ttg hal itu adalah firman Allah Taala: “Sesungguhnya Aku bagimu adalah utusan Allah yg dpt dipercaya” (QS Ad-Dukhan:18). “Sesungguhnya Allah tidak mencintai org2 pengkhianat” (QS Al-Anfal:58). Krn jika mrk berkhianat dgn melakukan perbuatan yg haram atau makruh maka kita tidak dpt merubah/mtidak mahuti perbuatan haram dan makruh karma takut pada mrk (para Rasul). Allah Taala memerintahkan kita utk mengikuti mrk baik ucapan, perbuatan den keadaan (sikapnya).

Sifat Jaiz Para Nabi dan Rasul saw.

Pengarang Nadham berkata: ”Dan boleh didlm hak Rasul dari sifat wenang tanpa mengurangi darjatnya, misalnya sakit yg ringan”. Kosakata, Erti Aradl: difathahkan huruf ro’ nya adalah sesuatu yg boleh terjadi pada manusia spt sakit dan yg lainnya.

Penjelasan: Dan sifat Jaiz pada haknya para Nabi dan Rasulullah saw adalah adanya sifat2 (yg boleh terjadi) pada manusia yg tidak menyebabkan terjadinya pengurangan pada martabat (kedudukan) mrk yg tinggi. Maka wajib bagi seorg mukallaf meyakini bahawa mrk bersifat spt yg dimiliki oleh manusia yg lainnya spt makan, minum, jual beli, masuk pasar, kawin, mati, hidup, merasakan kelazatan, merasakan sakit, sihat dan sakit. Namun, sifat2 yg ada dlm diri mrk (para Nabi dan Rasul) tidak menyebabkan org2 menjauhinya. 

Tidurnya beliau hanya matanya saja ttp hatinya tidakdan beliau mengeluarkan mani hanya memenuhi tmptnya, bukan ihtilam (mengeluarkan mani krn mimpi). Krn ihtilam adalah permainan syaitan, maka syaitan tidak dpt menguasai mrk (para Nabi dan Rasul) dan penguasaan syaitan lainnya. Adapun sifat Aradl yg mengan-dung sifat kekurangan spt kusta, lepra, tuli, buts, bisu, lumpuh, pincang dan buta sebelah, maka itu sernua mustahil terjadi pada mrk (para Nabi dan Rosul). 

Dan cerita yg mengatakan bahawa Nabi Syuaib a.s buta, maka cerita tersebut Tiada dasarnya dan cerita Nabi Yaakub a.s tertimpa kebutaan dan kebutaan tersebut akhirnya hilang (dpt melihat), begitu pula cerita ulat yg- keluar dari tubuh Nabi Ayub a.s ketika beliau sakit adalah cerita bohong yg tidak berdasar. Dalil yg menunjukkan sifat2Aradl basyariah (sifat-sifat yg terjadi pada setiap manusia) pada diri Nabi dan Rasul adalah firman Allah Taala

“Dan mrk berkata, mengapa Rasul ini memakan makanan dan berjln di pasar?” (QS Al-Furqan:7). “Dan Kami tidak mengutus Rasul2l seblmmu, melainkan mrk sungguh memakan makanan dan berjln di pasar pasar” (QS.Al-Furqan:20). “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul seblm kamu dan Kami memberikan kpd mrk keturunan” (QS Ar Raad:38). 

“Dan ingatlah kisah Nabi Ayub ketika ia menyeru Tuhannya “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yg Maha Penyayg diantara para penyayg”, maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yg ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya padanya dan Kami lipat gandakan bilangan mrk, sbg suatu rahmat dari sisi Kami dan menjadi peringatan bagi semua yg menyembah Allah” (QS.Al Anbiya:83-84). 

“Muhammad itu tak lain hanyalah seorg Rasul, sungguh telah berlaku seblmnya beberapa org Rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke blkg maka ia tidak dpt mendtgkan madharat kpd Allah sedikitpun” (QS Ali-Imran:144).

No comments:

Post a Comment