Friday, July 8, 2016

INGATLAH DOSA-DOSAMU KETIKA SUKAR

Syeikh Abdul Qadir Jailani mengatakan: “Jika kau merasa lelah dan suatu urusan maka ingatlah dosa2mu, bertaubatlah dan katakanlah kepada dirimu sendiri, 'Karena dosa2ku inilah, Al-Haqq ‘Azza wa Jalla menyempitkan kehidupanku”. “Jika kau sudah bertaubat dari semua dosa dan bertakwa kpdNya, maka Dia akan menjadikan bagimu kelapangan dari setiap kegelisahan, dan memberikan jalan keluar dari segala kesempitan”. Allah SWT berfirman,

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberi nya rezeki dari arah yang tiada disangka2” (QS Ath-Thalaq [65] : 2-3).  

“Janganlah kau merasa gelisah! Janganlah engkau mengakui segala sesuatu yang tidak kau miliki dan tidak ada di dekatmu! Sebab, pada saat itu, nafsumu sedang menguasaimu; makhluk dan dunia berada di hatimu. Keduanya lebih besar di hatimu dpd Allah”. “Jika kau ingin mendapatkan sesuatu yang aku tunjukkan sebelumnya, maka sibukkanlah dirimu dengan menyucikan hati dari segala sesuatu. Jika kau benar-benar orang yang berakal, sadar dan menyadari bahwa kau selalu diawasi (Allah), maka kau akan bisu di hadapan Rabb-mu. Engkau akan melihat bahwa semua perbuatan-Nya merupakan kenikmatan bagimu”. “Ingatlah org2 lapar saat mereka sedang kelaparan, org2 telanjang saat mereka sedang telanjang tak memiliki pakaian, org2 sakit yg sedang meronta kesakitan dan org2 terpenjara yg sedang merana. Dgn mengingat semua itu, musibah yg menimpamu akan semakin ringan. Ingatlah keadaan para penghuni kubur pada Hari Kiamat kelak. Ingatlah ilmu Allah swt, pandangan-Nya, dan karunia-Nya kepada-Mu sehingga kau merasa malu”. (Sheikh Abdul Qadir Al Jilani  dalam kitab Jala Al-Khathir).

No comments:

Post a Comment