Friday, July 8, 2016

SIFAT-SIFAT TERCELA DI DALAM HATI

Perlu diketahui bahwa sifat sifat tercela yang ada di dalam hati jumlahnya banyak sekali, kerana manusia di dalamnya terkumpul 4 jenis sifat iaitu :

1. Sifat binatang buas (sabu'iyah).
2. Sifat binatang ternak (bahimiyah).
3. Sifat syetan (syaithoniyah).
4. Sifat ketuhanan (robbaniyah).

Kempat sifat tersebut berkumpul di dlm hati manusia, jadi, di dlm diri manusia terdapat babi yg mewakili sifat binatang ternak, anjing yg mewakili sifat binatang buas, syaitan yg mewakili sifat syaitaniyah dan hakim yg mewakili sifat ketuhanan. Yg dimaksud babi adalah syahwat, anjing adalah sifat amarah, sdgkan syaitan selalu membangkitkan syahwat ke-abian dan membangkitkan amarah keanjingan. 

Sdgkan hakim yg menjadi tamsil dari akal diperintahkan utk menolak tipu daya syaitan. Keta’atan terhadap syahwat kebabian memunculkan sifat tidak tahu malu, jahat, menghambur2, pamer, merusak, bermain2, loba, serakah, iri, dengki, caci maki dsb. Ketaatan kpd amarah keanjingan melahirkan di dlm hati sifat ingin terlihat, keji, bongkak, pembual, sombong, ujub, menghina, merendahkan makhluk, mengharapkan keburukan, ingin berbuat zalim dsb. Keta'atan kpd syaitan adalah dgn mengikuti syahwat dan kemarahan, ini bisa memunculkan sifat menipu, curang, muslihat, tipu daya, lancang, kepalsuan, hasud, khianat dsb.

Jika semua sifat2 tsb berada di bawah kendali sifat ketuhahan (rabbaniyah) maka di dlm hati akan terpatri sifat pengetahuan, hikmah, yakin dan menguasai hakikat segala sesuatu berdasarkan keadaan aslinya.


No comments:

Post a Comment